Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makna Sumpah Pemuda Bagi Para Pejuang Kemerdekaan Hingga Pelajar Sekarang

Sumpah Pemuda adalah Tonggak Sejarah, Mengandung Makna yang dalam Bagi Perjuangan Kemerdekaan dan Makna Inspiratif untuk Para Pelajar Kini


Sebelum menjelasakan makna Sumpah Pemuda, mari kita refleksi dulu. Coba jawab pertanyaan berikut ini: Pernah dengar ‘Sumpah Pemuda’? Masih hafal ‘Sumpah Pemuda’ dengan tepat dan akurat?


Sebelum mendalami makna sumpah pemuda, ada baiknya kita ingat dan baca kembali teks sumpah pemuda. Teks sumpah pemuda dalam tulisan ini sudah disesuaikan ejaannya ke dalam Bahasa Indonesia yang disempurnakan.

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku bertumpah darah yang satu
Tanah air Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Mengaku berbangsa yang satu
Bangsa Indonesia

Kami putra dan putri Indonesia
Menjunjung bahasa persatuan
Bahasa Indonesia

Setelah membaca teks Sumpah Pemuda yang benar, maka bisa kita maknai. Karena selama ini, banyak di antara kita yang salah dalam memahami Sumpah Pemuda karena kesalahan naskah dan diksi (pilihan kata) yang digunakan. Khususnya yang terkahir, bisanya ‘mengaku berbahasa satu, bahasa Indonesia’. Kalau memang begitu maknanya bisa berubah sangat jauh.

Untuk tahap pertama, mari kita maknai Sumpah Pemuda secara tekstual, yaitu memahami makna Sumpah Pemuda berdasarkan pilihan kata dalam teks tersebut.

Makna Sumpa Pemuda Bait Pertama:

Dalam bait pertama dijelaskan bahwa, para pemuda waktu itu mengikrarkan bahwa mereka mengakui bahwa Indonesia adalah sebagai satu-satunya tanah air. Tidak ada tanah air (negara) lain yang patut dibel.

Makna Sumpah Pemuda Bait Kedua:

Para pemuda waktu itu mengikrarkan bahwa, Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan bangsa, mulai dari etnis Cina, Arab, India, Jawa, Kalimantan, Makasar, dan semua suku bangsa yang ada di Nusantara melebur menjadi satu sebagai sebuah bangsa yaitu Bangsa Indonesia. Bangsa yang dilekatkan oleh satu persamaan yaitu sesama manusia terjajah yang tinggal di Nusantara, tidak memedulikan warna kulit dan agama apalagi sekadar golongan.

Makna Sumpah Pemuda Bait Ketiga:

Dalam bait ketiga Sumpah Pemuda, diikrarkan bahwa mereka para pemuda kala itu mengikat diri pada satu persamaan, yaitu persamaan pemakaian satu bahasa yang sama di seluruh Nusantara. Meskipun memiliki bahasa daerah masing-masing, melebur menjadi satu yaitu sebagai penutur bahasa Indonesia.

Dalam bait ketiga ini, digunakan kata menjunjung bukan mengaku berbahasa satu. Artinya menjunjung bahasa persatuan. Hal ini menunjukkan bahwa Sumpah Pemuda memiliki makna penghargaan setinggi-tingginya terhadap bahasa pemersatu, sekaligus memiliki makna tetap mengakui eksistensi bahasa daerah. Jika menggunakan kaliamt mengaku berbahasa satu bisa dimaknai meninggalkan kearifan lokalnya.

Penggunaan kata Indonesia dalam Sumpah Pemuda pada 1928 ini juga memiliki makna yang sangat penting. Kata Indonesia adalah kata yang tabu untuk digunakan di mata para penjajah. Penjajah menyebut Hindia Belanda maknanya Daerah Hindia kekuasaan Belanda. Jadi, penggunaan satu kata saja, yaitu Indonesia memiliki makna yang sangat penting kala itu.

Makna Sumpah Pemuda dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Sumpah Pemuda adalah tonggak bersejarah bagi Indonesia. Bagi perjuangan bangsa Indonesia yang menginginkan kemerdekaan. Jika dilihat dari rangakain peristiwa sejarah, Sumpah Pemuda menjadi momentum kedua yang menunjukkan bahwa Indonesia ini adalah satu.

Peristiwa pertama yang bermakna sangat penting bagi kesatuan Indonesia adalah lahirnya Budi Utomo yang kemudian hari kelahiran organisasi lintas suku bangsa dan golongan ini dijadikan sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Ikrar Sumpah Pemuda menjadi tonggak kedua, yang memiliki makna penegasan bahwa kita semua dari sabang sampai merauke, bahkan dari bangsa yang leluhurnya juga pendatang juga merupakan bangsa Indonesia. Seperti yang telah banyak diketahui bahwa, para pejuang kemerdekaan Indonesia juga ada yang berasal dari keturunan Arab, keturunan China, bahkan keturunan Belanda.

Jadi Sumpah Pemuda memiliki makna menyatunya gerakan perjuangan Indonesia menjadi satu tujuan, yaitu merdekanya Indonesia. Jika perjuangan kemerdekaan sebelumnya sebatas pada perjuangan wilayah sendiri oleh para raja, maka setelah Sumpah Pemuda, arah perjuangan kemerdekaan Indonesia memeiliki tujuan yang pasti.

Selain daripada itu, adanya Sumpah Pemuda juga memliki makna sebagai pemersatu para tokoh, apalagi yang muda-muda bahwa mereka adalah orang Indonesia yang berhak dan wajib memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Seperti yang disampaikan oleh Asvi Warman Adam, dalam salah satu bukunya, para peserta Kongres Pemuda yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda ternyata banyak yang tidak lancar berbahasa Indonesia, lebih lancar berbahasa Belanda karena memang tidak pernah diajarkan di sekolah. Tetapi dengan penegasan bahwa menjunjung bahasa persatuan, maka semua pihak harus menghargai bahasa Indonesia sebagai pemersatu.

Pengikraran Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia kemudaian diwujudkan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia melalui ranah diplomasi. Anggota dewan rakyat (DPR-nya Hindia Belanda) yang waktu itu terdiri dari perwakilan pemerintah Hindia Belanda dan perwakilan pribum. Para anggota dewan dari pribumi berpidato menggunakan Bahasa Indonesia, padahal ini dilarang. Tetapi mereka tetap menggunakan bahasa Indonesia. Ini wujud pemaknaan sumpah pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Selanjutnya setelah memahami makna Sumpah Pemuda secara pilihan kata dan dalam kaitannya dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia, selanjutnya kita juga harus memahami makna sumpah pemuda bagi para pelajar. Pelajar yang menjadi generasi penerus bangsa. Bangsa yang tonggak berdirinya dimulai dari Budi Utomo yang dirangkai dengan peristiwa sumpah pemuda.

Makna Sumpah Pemuda Bagi Para Pelajar

Pelajar adalah generasi penerus bangsa yang harus memahami sejarahnya agar semakin cinta terhadap negaranya. Salah satu peristiwa yang bisa dan harus dijadikan teladan bagi para pemuda sekarang ini adalah peristiwa sumpah pemuda. Bukan hanya hafal teksnya saja, para pemuda saat ini harus juga memahami maknanya. Makna sumpah pemuda yang sesuai dengan konteks kekinian.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Cinta Tanah Air

Para pelajar saat ini bisa memaknai sumpah pemuda sebagai salah satu inspirasi dalam mencintai negeri ini. Dengan memaknai sumpah pemuda secara mendalam, para pelajar bahwa Indonesia ini terdiri dari banyak suku dan bahasa tetapi bisa dipersatukan dalam bendera Indonesia.

Sumpah Pemuda sebagai Inspirasi Rela Berkorban

Kerela-berkorbanan yang bisa dicontoh dari para peserta kongres pemuda yang menghasilkan ikrar sumpah pemuda adalah keberaniannya dan kecerdikannya.

Dalam kongres pemuda pada 1928, para pemuda mempertaruhkan nyawa dan karirnya. Tapi demi Indonesia hal itu tetap mereka lakukan.

Kecerdasan yang terkandung dalam teks Sumpah Pemuda maupun proses yang mengiri penyusunannya juga patut dicontoh. Mereka, para pemuda saat itu bisa menyiasati aturan yang ketat dari pemerintah Hindia Belanda yang melarang usaha merongrng pemerintahan.

Kecerdikannya juga tampak dengan penggunaan biola sebagai pelantun Indonesia. Pengunaan Biola saat sumpah pemuda untuk mengecoh pemerintah hindia Belanda. Dalam lirik lagu Indonesia Raya terdapat kata merdeka yang berulang-ulang. Sehingg, jika itu dinyanyikan dengan syairnya maka dipastikan akan ditangkap oleh polisi Belanda yang sedang berjaga.


Demikain penjelasan singkat tentang makna sumpah pemuda. Baik makna sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan, maupun makna sumpah pemuda bagi para remaja dan pelajar.

Posting Komentar untuk "Makna Sumpah Pemuda Bagi Para Pejuang Kemerdekaan Hingga Pelajar Sekarang"