Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Materi Teks Fantasi Pilihan Ganda dan Uraian

Dalam sebuah pembelajaran, perlu dilakukan evaluasi sekaligus latihan agar siswa bisa lebih memahami sebuah materi. Seiring perkembangan zaman yang diikuti dengan perkembangan kurikulum di sekolah materi yang diajarkan pun berubah.

Pada kurikulum 2013 edisi revisi 2016 dan revisi 2017, materi bahasa Indonesia berubah drastis, meskipun masih terdapat irisan dengan materi pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP 2006). Tidak hanya dari segi materi, perbedaan juga sangat mencolok antara buku teks yang beredar di sekolah. Jika pada kurikulum 2006 buku teks yang beredar sangat beragam, untuk kurikulum 2013 buku teks yang digunakan oleh siswa seragam, satu jenis. Yang dikeluarkan oleh kementerian pendidikan nasional (Kemendikbud).



Dengan seragamnya buku teks siswa, tentu latihan soal yang menjadi referensi bagi guru juga sangat terbatas. Meskipun masing-masing guru idealnya memiliki kemapuan untuk menyusun soal sendiri disesuaikan dengan kondisi siswa, namun adanya referensi bentuk dan gaya soal pasti akan memudahkan seorang guru dalam menyusun soal sesuai dengan materinya.

Selain karena kendala tidak adanya buku pembanding yang lain, dalam buku teks siswa Kurikulum 2013, sama sekali tidak ada latihan soal. Yang ada adalah latihan memahami teks. Yang banyak adalah melengkapi tabel. Selain itu, ada pula yang berbentuk soal (bahkan buku teks bahasa Indonesia kurikulum 2013 sama sekali tidak menyebut soal) tapi hanya melengkapi bagian yang rumpang.

Adanya banyak latiha dalam buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 bertujuan untuk melatih peserta didik agar lebih memahami teks, bukan sekadar bisa mengerjakan soal. Maka tidak ada latihan soal apalagi contoh soal Semester atau Ulangan Kenaikan Kelas.

Berangkat dari kondisi itu, dalam blog ini disediakan contoh soal materi teks fantasi. Teks fantasi yang digunakan adalah teks fantasi yang ada dalam buku teks.

Contoah soal yang digunaan dalam blog ini adalah contoh soal pilihan ganda dan contoh uraian.

Contoh soal pilihan ganda 1

Bacalah kutipan cerita fantasi berikut ini!

Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk ber pe tua lang hanya satu jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.

“Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.

Dengan kesepakatan ketiga sahabat itu berkumpul di rumah Anika. Minggu  pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Di kamar Anika serasa ada di langit.

Latar waktu dalam kutipan cerita di atas terjadi pada....

a. pagi hari
b. sore hari
c. siang hari
d. malam hari


Contoh Soal Pilihan Ganda 2

Latar tempat peristiwa ajaib terjadi di ....

a. di langit
b. di kamar ibu
c. di kamar Anika
d. Di dalam kotak

Contoh Soal Pilihan Ganda 3

Kutipan cerita di atas merupakan bagian resolusi karena....

a. memperkenalkan tokoh, watak, dan latar peristiwa secara umum.
b. menjelaskan secara detail watak tokoh.
c. ada permasalahan yang muncul dalam peristiwa tersebut.
d. permasalahan yang ada dalam cerita di atas sudah diselesaikan.

Materi Tentang Teks Cerita Fantasi lainnya dapat dilihat di sini: Klik untuk Mendownload Materi Teks Fantasi Lengkap

Bacalah Kutipan Cerita Fantasi Berikut ini!

Cimun adalah seorang anak yang suka membaca, tak pernah dia melewatkan seharipun waktunya untuk membaca. Maka dari itu, setiap istirahat, dia selalu berkunjung ke perpustakaan. Buku yang paling suka ia baca adalah sejarah. Terutama tentang sejarah nasional Indonesia, baik sejarah raja-raja dan kerajaan nusantara hingga sejarah sekitar perang kemerdekaan.

Kali ini ia membaca tentang buku teks sejarah tentang pemberontakan PKI di Madiun. Ketika membaca halaman ke-9, Cimun merasa ada yang memanggil, "Bung! Ayo sembunyi!" begitu menoleh ke belakang ternyata di tidak ada di perpustakaan sekolah. Dia melihat sekeliling sedang terjadi pertempuran sengit antara pemberontak PKI dan Tentara Republik Indonesia.

Contoh Soal Pilihan Ganda 4

Dari kutipan cerita di atas dapat diketahui tentang hal-hal berikut ini, kecuali....

a. Nama tokoh
b. Latar peristiwa
c. Masalah yang dihadapi
d. Penyelesaian


Contoh Soal Pilihan Ganda 5

Watak tokoh di atas memiliki watak yang suka membaca dengan alasan....

a. Tidak suka ke kantin.
b. Bisa pergi ke zaman pemberontakan PKI.
c. Selalu membaca setiap hari.
d. Sedang membaca buku sejarah

Contoh Soal Pilihan Ganda 6

Hal ajaib (fantasi) yang terdapat dalam kutipan cerita di atas adalah....

a. Bisa ke kantin.
b. Bisa kembali ke zaman dahulu.
c. Bisa membaca buku.
d. Bisa dipanggil 'Bung'

Untuk mengetahui kunci jawaban dan pembahasan soalnya dapat dibaca dalam artikel: https://pustamun.blogspot.com/2020/11/kunci-jawaban-dan-penjelasan-soal.html

Demikian contoh soal pilihan ganda teks fantasi. Semoga bermanfaat.

Contoh Soal uraian dapat diunduh (download) melalui link berikut ini: Contoh Soal Uraian

4 komentar untuk "Contoh Soal Materi Teks Fantasi Pilihan Ganda dan Uraian"