Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Tumbuh dan Berkembang | Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap tentang Arti Kata Tumbuh dan Berkembang beserta Contohnya | pustamun.blogspot.com - Sering kita dengar istilah tumbuh dan berkembang yang digunakan dalam satu kalimat. Misalnya: Usahanya telah tumbuh dan berkembang dengan pesat. 

Sebenarnya apa perbedaan antara arti kata tumbuh dan arti kata berkembang. Keduanya  (kata tumbuh dan berkembang) memiliki makna yang seakan-akan sama. Akan tetapi sebenarnya sangat berbeda jika dianalisis makna kata secara mendalam.


Pertama, kita bahas perbedaan antara kata tumbuh dan berkembang secara morfologis. Kata tumbuh tidak mendapat afiks (imbuhan) sementara kata berkembang berasal dari kata dasar kembang. 

Penjelasan kata kembang sudah ada dalam postingan sebelumnya yang membandingkan antara kata bunga dan kembang yang berjudul: Perbedaan Bunga dan Kembang.

Kali ini perlu kita jelaskan dulu arti kata tumbuh. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh pusat bahasa, kata tumbuh memiliki tiga penjelasan arti. Dari ketiga arti kata tumbuh tersebut, arti yang kedua berkaitan erat dengan kata berkembang. Berikut arti lengkapnya.

Tumbuh

1. timbul (hidup) dan bertambah besar atau sempurna (tentang benih tanaman; bagian tubuh seperti rambut, gigi, tentang penyakit kulit seperti bisul, jerawat):

2 sedang berkembang (menjadi besar, sempurna, dan sebagainya):

3 timbul; terbit; terjadi (sesuatu):

Dari ketiga arti di atas, yang dimaksud dengan tumbuh adalah yang awalnya kecil menjadi besar, yang awalnya pendek menjadi tinggi, yang awalnya sempit menjadi lebar.

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kata tumbuh berkaitan erat dengan kata berkembang. Tumbuh pada intinya, yang awalnya tidak ada menjadi ada.

Jika dibandingkan dengan berkembang, tumbuh mengandung makna yang awalnya tidak ada menjadi ada, atau berubah wujud.

Misalnya, dalam kalimat:

Biji yang ditanam sudah tumbuh menjadi bibit.

Dalam contoh kalimat di atas, kata tumbuh jelas digunakan untuk menunjukkan hal yang berubah wujud. Yang awalnya berupa benih, sudah berubah menjadi bibit. Benih awalnya adalah biji-bijian, sementara ketika mengalami proses tumbuh, berubah menjadi tanaman kecil yang disebut bibit.

Sementara, kata berkembang identik dengan bertambah. Misalnya, penggunaan istilah berkembang dalam bidang ilmu biologi.

Contoh Kalimat:

Ayam kampung bisa berkembang biak dengan alamiah.

Arti kata berkembang biak di atas menunjukkan makna bertambah. Yang awalnya hanya induknya saja bertambah dengan anak-anak ayam.

Dari penjelasan di atas, jelas sudah perbedaan antara tumbuh dan berkembang. Jika tumbuh identik dengan berubah menjadi dan semakin besar. Sementara kalau berkembang lebih identik dengan bertambah banyak.

Semoga penjelasan sederhana tentang arti kata tumbuh dan kata kembang ini bisa bermanfaat. Juga semakin mencintai bahasa Indonesia yang sangat kaya. Salam!

Posting Komentar untuk "Perbedaan Tumbuh dan Berkembang | Penjelasan Arti Kata dalam Bahasa Indonesia"