Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pembahasan Soal Try Out UN Bahasa Indonesia SMP Dispendik Jember 2016

Dinas Pendidikan Kabupaten Jember menyelenggarakan Try Out UN (Ujicoba UN) untuk seluruh sekolah setingkat SMP di Kabupaten Jember. Try Out tersebut dilaksanakan pada 11-14 April 2016. Berikut ini merupakan pembahasan soal bahasa Indonesia. Adapun soal Try Out UN Bahasa Indonesia yang dibahas di sini dengan kode soal 1.1.



Soal Nomor 1
Bacalah teks beriktu dengan seksama!

Dengan bahasa Arab yang dipelajarinya, Hamka mendalami sejarah Islam dan sastra secara otodidak. Kembal ke tanah air, Hamka merintis karier sebagai wartawan sambil bekerja sebagai guru agama sementara waktu di medan.

Makna kata otodidak pada teks tersebut adalah
a. belajar di sebuah pesantren
b. belajar dengan cara memanggil guru
c. menggunakan buku-buku dari luar negeri
d. belajar sendiri tanpa bersekolah

Jawaban: D

Makna kata bisa dilihat di kamus.
Tips Mengerjakan:
oto maknanya sendiri. Contoh kata lain otobiografi adalah biografi yang ditulis sendiri. berarti otodidak adalah belajar sendiri. Jawaban yang paling tepat adalah belajar sendiri.

Bacaan untuk nomor 2 dan 3
Sejumlah tempat wisata di Jogjakarta dan sekitarnya merupakan tujuan favorit yang ada dalam daftar tempat wisata di Indonesia. Tempat wisata tersebut telah terkenal di kalangan turis domestik hingga mancanegara. Jogjakarkta memiliki daerah wisata dengan pelbagai keunikan dan kekayaan budaya yang memesona. Selain itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan ini juga memiliki keindahan alam yang memikat serta kehidupan masyarakat lokal yang unik. Di Jogjakarta dijumpai dua tempat wisata yang dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia yaitu Borobudur dan Candri Prambanan. Candi Borobudur merupaka satu keajaiban dunia. Sementara Candi Prambanana, candi Agama Hindu termegah yang ada di Indonesia dan terbesar di kawsan Asia Tenggara.

Soal Nomor 2
Informasi yang terdapat pada teks tersebut adalah....
a. Banyak tempat wisata menarik di Jogyakarta dan sekitarnya
b. Jogjakarta dan sekitarnya mempunyai kekayaan alam melimpah.
c. Objek wisata di Indonesia berpusat di Jogjakarta dan sekitarnya.
d. UNESCO menetapan Jogjakarta sebagai kota wisata di dunia

JAWABAN: A
Teks di atas membahas tentang beberapa tempat wisata di Jogjakarta. Objek wisata meliputi keunikan masyarakatnya dan peninggalan bersejarah meliputi candi Borobudur dan Prambanan.


Soal nomor 3
Simpulan teks tersebut adalah....
a. masyarakat Jogjakarta terkenal keramahannya.
b. Objek wisata di Jogjakarta terkenal sampai luar negeri.
c. Jogjakarta penyumbang devisa terbesar di Indonesia.
d. Sultan menjadi penguasa Jogjakarta ditunjuk oleh Presiden.

JAWABAN: B
Jawaban yang paling sesuai dengna teks bacaan di atas adalah B karena disebutkan sudah terkenal di kalangan turis domestik dan mancanegara. Mancanegara menunjukkan turis asing dari manca(luar) negeri. Jawaban a, c, dan d berkaitan dengan bacaan tetapi tidak disebutkan tentang keramahan, devisa, dan ditunjuk presiden.

Bacaan untuk soal nomro 4 dan 5
Lingkungan alam merupakan lingkungan yang telah ada hasil ciptaan Tuhan tanpa ada campur tangan manusa. Pada dasarnya, lingkungan yang alam ini dibagi menjadi dua yaitu lingkungan daratan dan perairan.

Daratan adalah bagian dari permukaan bumi yang secara tetap tidak tertutup oleh air laut. Secara umum istilah yang banyak digunakan adalah darat daripada daratan kerean daratan lebih difkuskan pada batasan geografis. Sebenarnya, bagian permukaa bumi yang tertutup oleh air seperti rawa, sungai dan danau juga menjadi bagian dari daratan, namun secara umum tidak disebut sebagai darat.

Soal nomor 4
Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah....
a. lingkungan daratan
b. lingkungan perairan
c. lingkungan ciptaan Tuhan
d. terbentuknya lingkungan alam

JAWABAN: C
ide pokok berada di kaliamat utama. Kalimat utama paragraf di atas ada di awal. Tanda bahwa kalimat kedua merupakan kalimat penjelas adalah adanya frasa lingkungan ini, berarti kalimat tersebut merupakan kalimat penjelasan bagi kalimat pertama. Inti kalimat utama adalah lingkungan ciptaan Tuhan tanpa campur tangan manusia.

Soal nomor 5
Informasi tersurat paragraf kedua pada teks tersebut adalah....
a. Darat lebih luas daripada lautan
b, Hal terpenting dari permukaan bumi
c. Manusia menciptakan lingkungan
d. Penjelasan darat dan daratan

JAWABAN: D
Paragraf kedua teks di atas membahas tentang daratan yang dibedakan dengan darat. Sama sekali tidak membahas tentang bedanya luas daratan hal penting dari daratan.

Soal nomor 6
(1) Orang tua mengizinkan anak di bawah umur mnggunakan motor dengan alasan utama, butuh alat transportas. (2) Penggunaan motor bagi pelajar menghemat biaya dan waktu. (3) Data Ditlantas olda Metro Jaya jumlah anak di bawah umur yang menjdi pelaku kecelakaan melonjak 11,11%. (4) Anak di bawah umur yang belum memiliki SIM perilaku berkendaranya belum stabil. (5) Terlepas dari itu, pemerintah sebaiknya menyediakan alat transportasi yang murah dan tepat waktu.

Pendapat yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor....
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (5)

JAWABAN: A
Meskipun soal dalam nomor 6 ini kurang jelas karena tidak disebutkan mendukung apa, tetapi jika ditelaah, yang dimaksud adalah mendukung kalimat pertama. Pernyataan yang mendukung kalimat pertama adalah kalimat yang kedua, yaitu alasan mengapa penggunaan motor oleh siswa diizinkan yaitu: menghemat biaya dan waktu. Sementara kalimat 3, 4, dan 5 menunjukkan pertentangan terhadap kalimat pertama.

Soal nomor 7
Pemerintah daerah dituntut memberi solusi bagi kebutuhan peserta didik dalam urusan trasportasi. Kehadiran bus sekolah yang selama ini digulirkan rasanya masih belum mampu mengkomodasi seluruh pergerakan siswa. Kita berharap ada jalan keluar untuk persoalan yang satu ini.

Di sisi lain, para orang tua agar lebih peka serta melindungi si buah hatinya supaya tidak terjebak oleh petaka di jalan raya. Kita berharap juga pihak sekolah mampu meningkatkan pengawasan. Bukan mustahil, ketika sekolah melarang siwa membawa kendaraan bermotor ke sekolah, lokasi parkir bergeser ke sekitar sekolah.

Ringkasan teks tersebut adalah....
a. Pemerintah daerah menyiapkan transportasi bagi masyarakat, tetapi mereka juga diminta untuk mengawasinya.
b. Pemerintah daerah akan mengusahakan masalah transportasi pelajar, tetapi orang tua dan sekolah harus mengawasi.
c. Transportasi untuk anak sekolah sudah disiapkan pemerintah daerah, orang tua berkewajiban untuk menyiapkan kebutuhan lainnya.
d. Masalah transportasi untuk anak sekolah menjadi urusan pemerintah daerah, sementara orang tua dan pihak sekolah melakukan pengawasan.

JAWABAN: D
Jawaban D adalah jawaban yang paling memungkinkan yang sesuai dengan teks bacaan. Dalam jawaban D, disebutkan bahwa transportai anak sekolah menjadi urusan pemerintah daerah. Sementara jawaban yang lain. Jawaban A membahas transportasi bagi masyarakat. Jawaban B menyebutkan bahwa pemerintah daerah AKAN menyiapkan padahal dalam bacaan masih dituntut, berarti belum menyediakan dan belum akan. Jawaban C malah menyebutkan SUDAH, padahl masih belum tersedia.


Soal nomor 8
Teks I
Tamannya tidak besar, tetapi cukup asri. Pertama masuk, bunga bougenvile berjajar di kanan dan kiri. Lima meter kemudian jalan berjabang. Di sebelah kanan ada kolam kecil. Ikan koki merah, kuning, dan hitam berenang-renang lucu, sedangkan di sebelah kiri tanaman kumis kucing. Tanaman yang digunakan untuk obat alternatif beberapa penyakit. Lurus dari sana ada anggrek yang digantung di pohon mangga.

Teks II
Taman itu tidak terlalu luas sehingga untuk menatanya memerlukan perhitungan yang matang. Kalau penanaman pohon dilakukan secara sembarangan, maka taman yang tidak terlalu luas akan seperti tumpukan bunga-bunga. Sebaliknya, bila tanamannya berupa tanaman kecil yang cepat tumbuh dan akarnya tidak menjalar ke mana-mana, tanaman itu terkesan luas.

Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut adalah....

TEKS I
TEKS II
a.
Urutan waktu
Urutan ruang
b.
Urutan ruang
Sebab-akibat
c.
Sebab-akibat
Akibat-sebab
d.
Sebab-akibat
Urutan waktu

JAWABAN: B
Teks I pola penyajiannya menggunakan urutan ruang. Tanda urutan ruang adalah digunakan kata tempat. Dalam teks di atas digunakan kata di kanan, di kiri, di sebelah kemudian  ada pula kata lurus dari sana adalah kata yang menunjukkan perpindahan ruang atau tempat yang dijelaskan.
Teks II pola penyajian sebab akibat. Pola terebut ditunjukkan dengan penggunaan kata sehingga pada kalimat pertama. Pada kalimat kedua dan ketiga ditandai dengan penggunaan kalimat majemuk, ditandai dengan penggunan kata kalau. Ini menunjukkan sebab akibat. Logikanya, sebab penanaman pohon sembarangan mengakibatkan taman seperti tumpukan bunga-bunga. Begitu juga dengan kalimat ketiga Teks II, sebab tanaman kecil dan akarnya tidak menjalar mengakibatkan tanaman terkesan luas.


Soal nomor 9
(1) Novel pertama Dwitasari yang berjudul “Raksasa dari Jogja” ini menceritakan kehidupan seorang gadis, Bianca Dominique yang berada dalam ketidakharmonisan keluarga. (2) Novel yang diterbitkan tahun 2012 ini menampilkan cover yang unik dan alur cerita yang menarik. (3) Sayang bahasanya sulit dimengerti karena banyak kalimat-kalimat yang kurang efektif. (4) pada akhir cerita terkesan menggantung. (5) Padahal awalnya alur ceritanya menarik. (6) Kualitas kertas yang diggunakan pun kurang bagus. (7) Buku ini cocok untuk para remaja dan mahasiswa karean menceritakan kehidupan remaja di SMA sampai masuk ke perguruan tinggi.

Hal yang menyatakan keunggulan pada teks tersebut terdapa pada kalimat....
a. (2) dan (5)
b. (3) dan (4)
c. (4) dan (5)
d. (4) dan (6)

JAWABAN: A
Kalimat kedua menyebutkan cover unik dan alur cerita yang menarik. Hal ini menunjukkan keunggulan buku. Kalimat kelima menyebutkan alur ceritanya menarik. Hal ini menunjukan keunggulan buku. Sementara itu kalimat-kalimat yang lain justru menunjukan kekurangan buku atau hal-hal yang kurang dari buku.

Bacaan untuk soal nomor 10 dan 11
Tiap kali Larasati diminta menyanyikan macapat, entah itu Dandanggula, Kinanti, atau Maskumambang, hatinya selalu resah. Hal ini karena ia menolak dorongan Romo yang ingin menjadikannya seorang dalang.
Mestinya, Mbak Citra atau Mas Samba yang meneruskan Dinasti Sastrowijaya menjadi dalang. Akan tetapi, karena pengkhianatan mereka berdua, Larasati yang jadi korban. Padahal, Larasati seorang perempuan.
Sebetulnya, bukan lantaran perempuan, Larasati tidak mau menjadi dalang, melainkan karena dia tidak suka panggung, membenci tebalnya bedak, tidak betah saat kulit kepalanya tertusuk jepit rambut ketika sanggul dipasang, ketatnya korset yang membuatnya tidak bisa berkutik, dan terutama, dia benci laki-laki penonton yang sering tak bersopan-santun.

Soal nomor 10.
makna kata korban pada paragraf ke-2 teks tersebut adalah....
a. seseorang yag dipersembahkan
b. sesorang yang mendapat musibah
c. seseorang yang menanggung pekerjaan
d. seseorang yang diberi tanggung jawab

JAWABAN: C

Jawaban A dan B merupakan makna lain dari korban. Tetapi dalam konteks teks di atas, Larasati menjadi korban untuk menjadi dalang. Dalang adalah sebuah pekerjaan, kemudian yang dimaksud korban adalah karena orang lain (kakaknya) tidak mau menjadi dalang, maka dialah yang harus menanggung pekerjaan tersebut.


Soal nomor 11
Maksud kalimat kedua, paragraf pertama pada teks tersebut adalah....
a. Larasati menolak keinginan Romo menjadi dalang.
b. Dalang merupakan keinginan Larasati sejak kecil.
c. Larasati menolak menyanyikan tembang jawa.
d. Setiap menembang, hati Larasiti selalu resah.

JAWABAN: A
Kalimat kedua paragraf pertama berbunyi: Hal ini karena ia menolak dorongan Romo yang ingin menjadikannya seorang dalang.
Menolak dorongan berarti menolak. Yang ditolak adalah dorongan untuk menjadi dalang. Berarti Larasi menolak untuk menjadi dalang.


Sementara pembahasan soal Bahasa Indonesia Try Out Dispendik Kabupaten Jember 2016 ini sampai nomor 11. Hal ini karena masih keterbatasan waktu.

Jika ada rekan-rekan guru yang tidak sependapat dengan jawaban ini silakan beri tanggapan melalui komentar agar sekaligus menjadi perbaikan bagi rekan-rekan yang lain.

Terima kasih, semoga pembahasan soal bahasa Indonesia ini memberi manfaat. Insyaallah akan diperbarui dan ditambah pembahasan soalnya hingga 50 soal.

Salam Pustamun!


4 komentar untuk "Pembahasan Soal Try Out UN Bahasa Indonesia SMP Dispendik Jember 2016"