Ciri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Ciri-ciri model pembelajaran penemuan atau discovery learning ada tiga yaitu:
1. Mengeksplorasi dan memecahkan
masalah.
Tujuan memecahkan masalah ini adalah
untuk menciptakan pengetahuan yang sama sekali baru, menggabungkan
pengetahuan-pengetahuan yang sudah dimiliki, kemudian menggeneralisasi ilmu
pengetahuan.
2. Berpusat pada peserta didik.
Dalam pembelajaran berbasis penemuan,
peserta didik harus aktif menemukan informasi yang kemudian diolah menjadi
pengetahuan. Mencari dari sumber-sumber informasi yang telah ada dan tersedia
dalam berbagai bentuk. Baik berupa benda yang harus diamati, atau referensi
tertulis atau pun narasumber.
3. Adanya kegiatan untuk menggabungkan pengetahuan baru dan
pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.
Ciri pembelajaran penemuan ini
menunjukkan adanya pengembangan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa.
Pengetahuan yang baru ditemukan digabungkan dengan pengetahuan siswa
sebelumnya.
Selain memiliki ciri-ciri di atas. Ciri-ciri pembelajaran berbasis penemuan atau discovery learning juga dapat diketahui dengan adanya karakteristik berikut ini:
1. Guru berperan sebagai pembimbing;
2. Peserta didik (siswa) bertindak
sebagai seorang penemu, peneliti, dan ilmuwan;
3. Bahan ajar berupa informasi;
4. Peserta didik (siswa) melakukan
kegiatan menghimpun, mengategorikan, menganalisis, serta menyimpulkan informasi
dan pengetahuan berdasarkan informasi yang disajikan.
Jadi, ciri yang sangat menonjol dalam
pembelajaran penemuan adalah siswa yang aktif menggali informasi dan data,
mengolahnya, kemudian menjadikannya pengetahuan baru berdasarkan informasi yang
sudah dimiliki sebelumnya.
Guru berperan sebagai pembimbing yang
menyediakan sumber informasi, menunjukkan sumber informasi. Kemudian biarkan
siswa yang mencari dan menggali informasi tersebut. Selanjutnya, guru berperan
sebagai pembimbing untuk mengonstruksi pengetahuan siswa. Menggabungkan
informasi yang sudah dimiliki kemudian digabung, dan diperkaya dengan informasi
baru.
Jika ciri-ciri pembelajaran penemuan ini
sudah ada dalam proses pembelajaran berarti sudah menunjukkan adanya kegiatan
dengan model yang tepat, yaitu model pembelajaran penemuan (discovery learning).
Artikel Ciiri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran penemuan ini tidak dapat disalin-tempel (copas) namun dapat diunduh dalam format pdf.
Silahkan klik di sini tautan berikut untuk mengunduh materi.
Silahkan klik di sini tautan berikut untuk mengunduh materi.
Salam Pustamun!
Silahkan cari informasi lain untuk memperkaya pengetahuan tentang model pembelajaran.
terimakasih kakak, sangat bermanfaat.
BalasHapuskalau boleh bisa minta dapusnya?