Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ciri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)

Ciri-ciri model pembelajaran penemuan atau discovery learning ada tiga yaitu:
1. Mengeksplorasi dan memecahkan masalah.
Tujuan memecahkan masalah ini adalah untuk menciptakan pengetahuan yang sama sekali baru, menggabungkan pengetahuan-pengetahuan yang sudah dimiliki, kemudian menggeneralisasi ilmu pengetahuan.
2. Berpusat pada peserta didik.
Dalam pembelajaran berbasis penemuan, peserta didik harus aktif menemukan informasi yang kemudian diolah menjadi pengetahuan. Mencari dari sumber-sumber informasi yang telah ada dan tersedia dalam berbagai bentuk. Baik berupa benda yang harus diamati, atau referensi tertulis atau pun narasumber.
3. Adanya kegiatan untuk  menggabungkan pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa.

Ciri pembelajaran penemuan ini menunjukkan adanya pengembangan pengetahuan yang sudah dimiliki oleh siswa. Pengetahuan yang baru ditemukan digabungkan dengan pengetahuan siswa sebelumnya.


Selain memiliki ciri-ciri di atas. Ciri-ciri pembelajaran berbasis penemuan atau discovery learning juga dapat diketahui dengan adanya karakteristik berikut ini:
1. Guru berperan sebagai pembimbing;
2. Peserta didik (siswa) bertindak sebagai seorang penemu, peneliti, dan ilmuwan;
3. Bahan ajar berupa informasi;
4. Peserta didik (siswa) melakukan kegiatan menghimpun, mengategorikan, menganalisis, serta menyimpulkan informasi dan pengetahuan berdasarkan informasi yang disajikan.

Jadi, ciri yang sangat menonjol dalam pembelajaran penemuan adalah siswa yang aktif menggali informasi dan data, mengolahnya, kemudian menjadikannya pengetahuan baru berdasarkan informasi yang sudah dimiliki sebelumnya.

Guru berperan sebagai pembimbing yang menyediakan sumber informasi, menunjukkan sumber informasi. Kemudian biarkan siswa yang mencari dan menggali informasi tersebut. Selanjutnya, guru berperan sebagai pembimbing untuk mengonstruksi pengetahuan siswa. Menggabungkan informasi yang sudah dimiliki kemudian digabung, dan diperkaya dengan informasi baru.
Jika ciri-ciri pembelajaran penemuan ini sudah ada dalam proses pembelajaran berarti sudah menunjukkan adanya kegiatan dengan model yang tepat, yaitu model pembelajaran penemuan (discovery learning).
Artikel Ciiri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran penemuan ini tidak dapat disalin-tempel (copas) namun dapat diunduh dalam format pdf.

Silahkan klik di sini tautan berikut untuk mengunduh materi.

Salam Pustamun!
Silahkan cari informasi lain untuk memperkaya pengetahuan tentang model pembelajaran.

1 komentar untuk "Ciri-ciri atau Karakteristik Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)"

  1. terimakasih kakak, sangat bermanfaat.
    kalau boleh bisa minta dapusnya?

    BalasHapus