Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Penggunaan Kata dalam Kalimat Efektif

Soal yang dibahas dalam tulisan ini diambil dari soal UN 2016. Dipiliha hanya soal yang berkaitan dengan kalimat efektif dan penggunaan katan.

Soal 1

Bacalah teks berikut!
Tanaman yang dipupuk denganpupuk kandang ternyata lebih subur dan tahan terhadap penyakit. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat lebih kuat dan sehat. Tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit. Selain itu, pupuk kandang mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetaap mendapatkan gizi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.

Perbaikan istilah gizi yang tepat pada teks tersebut adalah....

a. nutrisi
b. vitamin
c. asupan
d. kalori

Jawaban:
Yang dibahas dalam teks soal di atas adalah tanaman. Kata gizi biasanya digunakan untuk manusia. Begitu juga dengann vitamin, dan asupan. Sementara kata kalori biasanya digunakan untuk zat yang dibutuhkan oleh manusia atau hewan. Jadi, kata yang paling tepat untuk mengganti kata gizi pada bacaan di atas adalah kata nutrisi.

Nutrisi adalah  a. nutrisi.

Soal 2

Perhatikan kalimat berikut!

Setelah mendapat penjelasan dari pembina OSIS, akhirnya mereka [....] untuk saling memaafkan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah....

a. bersalaman-bersalaman
b. salam-salaman
c. bersalam-salam
d. bersalam-salaman

Jawaban
Kata dasar yang digunakan untuk mengisi kekosongan kalimat di atas adalah sama yaitu kata 'salam'. Yang perlu dicari adalah makna imbuhan yang paling tepat. Dijelaskan dalam kalimat, makna yang dibutuhkan adalah makna 'saling'.

Maka, imbuhan yang bermakna saling adalah jawaban yang paling tepat. Sementara pada pilihan jawaban pada soal di atas yang paling memungkinkan adalah b) salam-salaman dan d) bersalam-salaman.

Sementara jawaban a) bersalaman-bersalaman sudah tidak mungkin. Karena tidak ada imbuhan ber-an untuk masing-masing kata ulangnya. Jawaban c) bersalam-salam juga tidak mungkin karena tidak dikenal kata imbuhan tersebut.

Jawaban yang paling tepat adalah d) bersalam-salaman karena ini merupakan bentuk imbuhan kata baku. Kata salam-salaman bisa muncul dalam ragam tidak baku.

Soal 3

Perhatikan teks berikut!

Pelajaran Bahasa Indonesia penting dalam rangka memeroleh tujuan pendidikan nasional. Pendidikan berdsasarkan Pancasila bertujuan untun menambahkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Perbaikan penggunaan kata memeroleh dan menambahkan yang tepat adalah....

a. mencari, menumbuhkan
b. mencapai, meningkatkan
c. mendapatkan, menstabilkan
d. menggapai, mengembangkan


Jawaban:
Masing-masing jawaban merupakan sinonim dari soal. Tetapi harus dipiliha kata yang paling pas dan sesuai. Kata mencapai, mendapatkan, dan menggapai merupakan sinonim atau persamaan kata memeroleh (memperoleh). 

Kata yang paling tepat untuk dirangkai dengan frasa tujuan pendidikan nasional adalah kata mencapai karena tujuan berkaitan dengan tempat. Tempat atau tingkat, lebih tepat jika menggunakan kata dicapai daripada didapatkan. Sementara kata menggapai lebih bersifat puitis. Biasanya, menggapai digunakan untuk sesuatu yang ada di tempat lebih tinggi atau tergantung. Misalnya menggapai impian atau menggapai buah yang ada di dahannya.

Kemudian, jawaban yang paling tepat untuk menambahkan adalah kata meningkatkan. Meskipun bersinonim, kata menambah dan meningkatkan memiliki perbedaan medan makna. Menambah berarti memperbanyak jumlahnya. Sementara meningkatkan memiliki arti satu tetapi ditingkatkan kualitasnya.

Contoh, Pak Anton menambah rumahnya. Berarti rumah Pak Anton bertambah satu lagi. Beda dengan kalimat Pak Anton meningkat rumahnya. Berarti, Lantai Rumah Pak Anton bertambah tapi rumahnya tetap satu.

Begitu juga dengan ketakwaan. Masing-masing warga negara pemeluk agama memiliki keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan yang satu. Jadi, yang perlu adalah meningkatkan ketakwaan tidak menambah ketakwaan. Kualitas ketakwaan yang ditingkatkan.

Soal 4

Perhatikan kaliamt berikut!

Bantuan kepada pengunsi yang dalam bentuk daripada bahan makanan sangat dianjurkan.

Perbaikan kalimat tersebut adalah menghilangkan kata ....

a. yang, daripada
b. dalam, sanat
c. bahan, daripada
d. bentuk, makanan

Jawaban:

Dalam menjawab pertanyaan soal kalimat efektif seperti ini, bisa dilakukan dengan cara bongkar pasang jawaban. Yaitu dengan cara mencoba semua kemungkinan jawaban. Misalnya yang a. yang dihilangkan adalah kata yang dan kata daripada. Diaplikasikan ke dalam kalimatnya menjadi:

Bantuan kepada pengungsi dalam bentuk bahan makanan sangat dianjurkan.

Kalimat tersebut sudah efektif. Berarti jawabannya sudah benar.

Penggunaan kata yang bertujuan untuk menjelaskan subjek sehingga tidak menjadi predikat. Misalnya:

Orang yang melakukan perjalanan jauh tersebut disambut dengan meriah.

Orang yang melakukan perjalanan jauh merupakan subjek, predikatnya adalah disambut dengan meriah. Jika yang dihilangkan, maka akan diperikan lagi menjadi: Orang melakukan perjalanan jauh. Maka, orang adalah subjek, selanjutnya adalah predikat yang membutuhkan pelengkap. Misalnya: Orang melakukan perjalanan jauh untuk mengambil air. Mengambil air adalah pelengkap.


Soal No 5

Bacalah kalimat berikut!

Grup pemberantasan korupsi akan memeriksa pejabat yang terduga penerima suap. Pemeriksaan ini rencanaya akan diperiksakan di gedung KPK, Jakartaa.

Perbaikan kata bercetak miring yang tepat adalah....

a. kelompok, menduga, dilakukan
b. kelompok, menduga, digelar
c. tim, diduga, dilakukan
d. tim, diduga, diperkirakan

Jawaban:

Kata yang bercetak miring adalah grup, terduga, dan diperiksakan. 

Grup pemberantasan korupsi. Penggunaan kata grup pada frasa tersebut tidak tepat. Grup biasanya digunakan untuk menyatakan kelompok musik. Misalnya grup band. Pilihannya antara kelompok dan tim. Kelompok bisa digunakan untuk menyatakan sekumpulan orang dalam lembaga tidak resmi. Yang resmi pemerintahan digunakan Tim.

Maka, kemungkinan jawabannya adalah c, dan d. Selanjutnya, kata terduga pasti harus diganti dengan diduga karena klausa pejabat yang terduga penerima suap merupakan klausa pasif. Maka yang benar adalah diduga. Yang menduga adalah Tim pemberantasan korupsi.

Kata diperiksakan tidak sesuai karena sudah ada kata periksa di awal kalimat Pemeriksaan ini rencananya akan dilakukan di gedung KPK, Jakarta. Kata diperiksakan diganti dengan kata dilakukan. Kareka kata pemeriksaan yang berarti proses dan kegiatan periksa sudah ditulis di awal kalimat.

Demikian penejelasan perbaikan kata agar menjadi kalimat efektif. Semoga bermanfaat. Salam Pustamun!

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Penggunaan Kata dalam Kalimat Efektif"