Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kata Khatulistiwa | Asal-usul dan Penjelasannya

Arti Kata Khatulistiwa

Khatulistiwa adalah kata dalam bahasa Indonesia yang berasal dari serapan bahasa Asing. Tepatnya bahasa Arab. Secara harfiah, kata Khatulistiwa dalam bahasa asalnya terdiri dari dua kata, yaitu Khat (خط) dan al-istiwa (استواء). Arti kata khat (baca: khot, dengan kecenderungan bunyi ‘k’ yang dihilangkan, bukan ‘kot’) adalah garis. Arti kata istiwa adalah lurus.

Berikut ini proses morfologis sekaligsu proses penyerapan kata Khatulistiwa dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa Arab. Kata khot dibaca khottu dirangkai dengan kata al-istiwa. Cara baca dalam bahasa asalnya, bahasa Arab yaitu khottul-istiwia.

Gugusan Pantai di Garis Khatulistiwa alias Ekuator


Lamban laun, pendengaran orang akan berubah menjadi khottulistiwa. Kemudian proses selanjutnya adalah khotulistiwa. Yang terakhir, yang diserap dalam bahasa Indonesia disesuaikan penulisannya dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia maka jadilah kata ‘Khatulistiwa’.

Berbeda dengan kata asalnya dalam bahasa Arab, transliterasi k dalam khottul istiwa tidak dibaca, karena cenderung lebih dominan bunyi ‘h’. Sementara, dalam bahasa Indonesia, kata khatulistiwa cenderung dibaca katulistiwa. Bukan hatulistiwa.

Dilihat dari arti kata khatulistiwa dalam bahasa Arabnya, maka dapat disebut kata khatulistiwa memiliki arti garis lurus.

Kata khat dalam bahasa Arab arti awalnya adalah goresan atau tulisan. Kemudian, ada bentuk lain yaitu khototo (خطط) artinya garis (Kamus Al-Munawwir, 1997 halaman 351). Sementara kata istiwa   (الاستواء) artinya tegak lurus.

Jadi, arti kata khatulistiwa adalah garis yang lurus. Ini arti secara bahasa. Namun, beda lagi arti kata khatulistiwa dalam istilah ilmu pengetahuan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata khatulistiwa terdapat pada halaman 693 (Lihat KBBI Pusat Bahasa edisi Keempat tahun 2008). Arti kata khatulistiwa dalam kamus adalah garis khayal keliling bumi, terletak melintang  pada nol derajat (yang membagi bumi menjadi dua bagian yang sama yaitu bagian bumi utara dan bagian bumi selatan). Istilah lainnya adalah ekuator. Terjemahan arti dari bahasa Inggris ‘equator’.

Kata khat juga terdapat dalam bahasa Indonesia. Arti kata khat adalah tulisan tangan, garis, dan guratan pada tangan atau garis tangan (KBBI, 2008:692).

Kata istiwa juga lazim digunakan di kalangan pesantren. Jadi, kata istiwa lazim diketahui oleh mereka yang belajar ilmu agama Islam, khususnya ilmu falak (ilmu astronomi). Kata istiwa yang digunakan dalam kalangan pesantren adalah untuk menyebut kondisi matahari yang tepat beradai di atas sehingga bayangan suatu benda yang terkena sinar matahari dalam kondisi istiwa tidak akan memunculkan sedikitpun.

Maka dari itu biasanya kondisi ini dimanfaatkan untuk menentukan dan menyesuaikan jam. Jam yang telah disesuaikan dengan waktu dan kondisi matahari tepat berada di atas secara presisi disebut dengan jam istiwa.

Sementara kata khatulistiwa sering dirangkai dengan kata garis sehingga muncul susunan kalimat:
Negara Indonsia terletak di garis khatulistiwa.

Dalam contoh kalimat di atas, ada frasa garis khatulistiwa. Secara kebahasaan susunan tersebut salah karena kata khatulistiwa sudah mengandung arti ‘garis’.  Maksud Indonesia terletak di khatulistiwa adalah posisi yang terletak antara kutub utara dan kutub selatan. Salah satu kota besar yang dilalui oleh garis khatulistiwa adalah Pontianak.

Ada lagi istilah yang mengandung kata khatulistiwa, yaitu zamrud khatulistiwa. Apa arti kata zamrud khatulistiwa. Kata tersebut untuk menggambarkan kondisi kepulauan nusantara.

Zamrud adalah jenis batu permata yang berwana hijau. Jadi, istilah zamrud khatulistiwa digunakan untuk menyebut gugusan pulau nusantara yang seakan-akan seperti batu permata zamrud karena sangat indah (itu dulu). Zamrud, yang ada di garis khatulistiwa.

Jadi, penjelasan kata khatulistiwa yang tepat adalah sebagai berikut: garis khayal yang ada di bagian tengah bumi.

Meskipun bagi sebagian orang, kata zamrud identik grup musik rock yang ngetop di awal tahun 2000-an. Mereka menulisnya ‘jamrud’ tidak ‘zamrud’. Bukan terkenal dengan keindahan bak permata, lagu-lagu yang dinyanyikan oleh grup band Jamrud justru berlirik nakal dan menggelitik cenderung porno.

Demikian penjelasan arti kata khatulistiwa, khat (khot), dan istiwa. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Arti Kata Khatulistiwa | Asal-usul dan Penjelasannya"