Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Kata Baku dalam Try Out UN SMP Bahasa Indonesia

Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Kata Baku dalam Try Out UN SMP Bahasa Indonesia


Berikut ini adalah kumpulan soal yang berkaitan dengan memperbaiki tanda baca sekaligus memperbaiki kata baku dan tidak baku. Diambil dari soal Uji Coba UN yang dilaksanakan di Kabupaten Jember pada April 2017

Soal Nomor 41
Cermatilah teks berikut!

Selama tiga hari tim medis dan rombongan Jawa Pos akan membantu kurban banjir. Selain paket makana dan perlengkapan khusus wanita, ada sumbangan obat-obatan. Sebab, berdasarkan pengalaman tiga tim sebelumny, kebanyakan pasen menderita deman, diari, gatal-gatal, batuk, pilek, dan kurang vitamin. Tiap hari, tim dokter menangani hingga 250 pasen dengan keluhan tersebut.


Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Huruf Kapital


Penggunaan kata-kata bercetak miring pada teks tersebut tidak tepat karena....

a. (1) kurban seharusnya korban karena makna kurban dan korban berbeda yaitu kurban berarti hewan sembelihan untuk persembahan kepada Than sedangkan korban bermakna negatif atau derita, (2) diari seharusnya diare karena makna diari berarti catatan harian atau buku harian sedangkan diare bermakna nama atau jenis penyakit, dan (3) pasen seharusnya pasien karena pasen merupakan kata tidak baku.

b. (1) kurban tetap ditulis kurban karena makna kurban adalah orang yang menderita, (2) diari tetap ditulis diari karena kata diari sering diucapkan masyarakat sehari-hari, dan (3) pasen tetap ditulis pasen karena kata pasen merupakan kata populer di masyarakat.

c. (1) kurban dan korban tidak berbeda makna karena kurban dan korban saling menggantikan, (2) diari dan diare tidak berbeda makna karena kedua kata tersebut bersinonim, dan (3) pasen dan pasien tidak berbeda makna kearea keduanya saling menggantikan atau sinonim.

d. kata kurban, diari, dan pasen tidak tepat pada teks tersebut karena kata-kata tersbut tiadk berhubungan dengan gagasan pokok teks tersebut.

Jawababan: A

Pembasan
Sudah dijelaskan dalam jawaban A.

Soal Nomor 42
Bacalah teks berikut dengan cermat!

Dengan menyampingkan beberapa kekurangan tadi, novel ini benarbenar buku yang sangat dibutuhkanoleh remaja negeri ini Buku ii memberi motifasi, semangat, dan mimpi pada anak-anak yang patah semangat supaya bersekolah dan melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga mengajarkan ketidakmungkinan yang dapat diwujudkan dengan kerja keras.

Penggunaan kaa bercetak miring pada teks tersbut yang sesuai dengankaidah kebahasaan adalah...
a. mengenyampingan danmotivasi
b. mengesampingkan dan motivasi
c. mengsampingkan dan motipasi
d. mengkesampingkan dan motivasi

Jawaban: B

Pembahsasan
Motivisi baku, motifasi tidak baku. Jadi harus pakai huruf v. Sama halnya dengan motivator.

Menyampingkan: akar katanya adalah samping. Kata dasarnya adalah dikesampingkan. Maka yang benar adalah mengesampingkan. Karena kesamping. Imbuhan mem- atau menN- jika melekat pada kata dasar yang diawali huruf k. Imbuhan meN- menjadi meng- dan huruf k di awal kata luluh atau lesap atau hilang. Sama dengan pada kata dasar kesan yang berubah menjadi mengesankan.

Soal Nomor 43
Bacalah teks berikut dengan seksama!

Mempertahankan kesegaran bunga mawar, sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengganti air dan memotong pangkal tangkai bunga, Anda pun dapat menikmati keindaha mawar lebih lama.

Perbaiikan kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut yang tepat adalah....

a. tanda koma (,) pada kedua kalimat tersebut dihilangkan dan mengganti tdanda titik (.) dengan tanda koma (,) pada kalimat pertama.

b. tanda koma (,) pada kalimat pertama diganti degnan tanda titik dua (:) dan pada kalimat kedua dihilangkan.

c. Tanda titik (.) pada kalimat pertama diganti tanda koma (,), sedangkan pada kalimat kedua tanda koma (,) dihilangkan.

d. Tanda koma (,) pada kalimat pertama dihilangkan, sedangkan tanda koma (,) pada kalimat kedua diganti tanda titik (.)

Jawaban: D

Pembahasan
Tanda koma pada kalimat pertama tidak dibutuhkan. Sementara pada kalimat kedua, tanda titik harus digunakan untuk menggantikan tanda koma karena kalimat tersebut merupakan satu kalimat yang utuh.

Soal Nomor 43
Perhatikan teks berikut ini dengan cermat!

Belajar adalah kegiatan siswa yang pkok dan utama. Apau system yang diterapkan oleh pemerintah, tugas pokok siswa asdalh tetap sama, yaitu belajar efektip. Kreatifitas siswa sangatn diperlukan untuk menuju sukses.

Perbaikan penulisan kata yang bercetak miring agar menjadi kalimat yang efektif adalah....

a. sistim, efektif, dan kreatifitas
b. sistem, epektif, dan kreatifitas
c. sistem, efektif, dan kreativitas
d. sistim, epektip, dan kreatifitas

Jawaban: C

Pembahasan
Penulisan sistem yang baku adalalah seperti ini. Bukan system ini adalah bahasa Inggris. Bukan pula sistim, ini adalah cara bacanya. Untuk lebih mudah, misalnya gunakan kata kata yang identik yaitu sistematis.
Kreatif yang baku menggunakan huruf f. Sementara kreativitas, yang baku menggunakan huruf v.

Soal Nomor 45
Bacalah teks berikut dngan cermat!

(1) Keluarga Sukartono membeli rumah baru. (2) Untuk melengkapi perabot rumah tangganya; Sukartono membeli perabot rumah tanggal lemari tempa tidur kursi tamu meja makan dan lain lain. (3) Semua perabot itu dibeli oleh Sukartono dari hasil tabungannya. (4) Kualitas barang-barangnya sangat memuaskan keluarga Sukartono.

Penggunaan tanda baca pada kalimat (2) yang tepat adalah ....

a. Untuk melengkapi perabot rumah tangganya, Sukartono membeli perabot rumah tangga-lemari-tempat tidur-kursi tamu-meja makan-dan lain-lain.

b. Untuk melengkapi perbot rumah tangganya, Sukartono membeli perabot rumah tangga : lemari-tempat tidur-kursi tamu-meja makan-dan lain-lain.

c. Untuk melengkapi perabot rumah tangganya, Sukartono membeli perabot rumah tangga: lemari, tempat tidur, kursi tamu, meja makan, dan lain-lain.

d. Untuk melengkapi perabot rumah tangga; Sukartono membeli perabot rumah tangga : lemari, tempat, tidur, kursi tamu, meja makan, dan lain-lain.

Jawaban: C

Pembahasan
Penggunaan tanda koma digunakan untuk memisah yang berbentuk rincian.

Soal Nomor 46
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Gerekan penolakan repisi UU KPK yang dilakukan masyarakat makin massive. Bukan hanya mahasiswa dan pegiat antikorupsi dari lembaga swadaya masyarakat (LSM). Namun, juga melibatkan beragam propesi dari artis sampai dengan guru besar.

Perbaikan kata bercetak miring pada teks tersebut adalah....
a. revisi, masif, dan provisi.
b. rivisi, masip, dan profisi
c. revisi, masif, dan profesi
d. revisi, masif, dan provisi.

Jawaban: C

Pembahasan
Jawaban yang paling tepat adalah profesi karena ada pula kalimat profesional.

Soal Nomor 47
Perhatikan teks berikut dengan cermat!

Film laskar pelangi yang diadaptasi dari novel laris dengan judul sama melakukan shooting perdana di pulau Belitung. Film ini diproduksi oleh mira lesmana dan disutradai oleh riri reza.

Perbaikan penulisan yang bercetak miring pada kalimat di atas adalah....

a. Laskar Pelangi, syuting, Pulau, Mira Lesmana dan Riri Reza
b. laskar Pelangi, shoting, Pulau, mira Lesmana dan Riri reza.
c. Laskar pelangi, syuting, Pulo, Mira lesmana dan Riri Reza.
d. Laskar Pelangi, suting, Polo, Mira lesmana dan Riri Reza

Jawaban: A

Pembahasan
Penulisan Laskar Pelangi, Mira Lesmana, dan Riri Reza masing-masing kata harus diawali dengan huruf kapital. Karena ketiga kata tesebut merupakan nama. Laskar Pelangi adala judu novel. Mira Lesaman dan Riri Reza adalah nama diri (orang).

Penulisan shooting yang benar adalah syuting. Itu adalah proses pengindonesiaan istilah asing yang berarti proses pengambilan gambar bergerak (video).

Penulisan Pulau Belitung harus diawali dengan huruf besar masing-masing kata. P besar dan B besar. Karen Belitung adalah nama tempat. Sementara pulau yang melekat pada nama geografi harus juga diawali dengan huruf besar.

Soal Nomor 48
Perhatikan teks berikut dengan seksama!

(1) Sudah banyak telaah ilmiah yang membahas masalah teknologi. (2) Namun, masih jarang yang sudai menelaah masalah yang mungkin timbul sebagai akibat dari teknologi itu. (3) Permasalahan yang ditimbulakan oleh teknologi itu barang kali belum terhayati oleh manusia. (4) Padahal manusialah yang menciptakan, mengalami dan menerima akibat positif atau negatif teknologi itu.

Ketidaktepatan penggunaan tanda baca pada kalimat (4) karena....

a. Kalimat (4) merupakan kalimat rincian tidak perlu menggunakan tanda koma (,)
b. Kalimat (4) merupakan kalimat rincian menggunkan tanda titik dua (:) setelah kata menciptakan.
c. Kalimat (4) merupakan kalimat rincian menggunakan tanda titik koma (;)
d. Kalimat (4) merupakan kalimat rincian dengan menggunakan tanda koma (,) setelah kata mengalami.

Jawaban: D

Pembahasan
Pengguaan tanda koma harus digunakan pada rincian. Jadi yang benar adalah: “Padahal manusialah yang menciptakan, mengalami, dan menerima akibat positif dan negatif teknologi itu.”

Soal Nomor 49
Bacalah teks berikut engan seksama!

Masyarakat merumuskan sejumlah norma sosial sebagai pedoman bertingkah laku. Bahkan, agar semua warga mematuhi norma sosial, masyarakat juga menyepakati sangsi bagi merka yang melanggar norma. Beberapa tindakan pelanggaran norma membuahkan hukum bersifat ringan bagi pelakunya.

Penggunaan kata sangsi dalam teks tersebut salah karena....

a. kata tersebut tidak sesuai dengan konteks teks.
b. kata tersebut tidak sesuai degnan KBBI
c. kata tersebut tidak baku.
d. kata tersebut tidak memiliki makna ambigu.

Jawaban: C

Pembahasan
Kata sangsi penulisannya tidak baku. Kata yang baku adalah sanksi yang berarti hukuman. Jadi, alasan yang paling tepat adalah C.

Soal Nomor 51
Bacalah teks berikut dengan cermat!

(1) Pada 2017 pemerintah menaikkan: biaya administrasi kendaraan bermotor, tarif dasar listrik, dan bahan bakar minyak non subisidi (BBM nonsubsidi). (2) Selain itu, bahan-bahan kebutuhan pokok masyarakat, khususnya cabai harganya melambung tinggi. (3) Barang dan jasa kebutuhan pokok masyarakat tersebut naik, daya beli masyarakat menjadi menurun. (4) Akibatnya, situasi masyarakat, pemerintah, dan negara akan terganggu.

Penggunaan tanda baca pada kalimat (1) tersebut tidak tepat karena ....

a. Kalimat tersebut merupakan pernyataan yang belum selsesai sehingga setelah kata menaikkan teidak perlu diberi tanda baca titik dua (:) dan tanda koma (,) dipergunakan dalam rincian.
b. Kalimat tersebut merupakan kalimat princian. Seharusnya tanda koma (,) dihilangkan dalam rincian.
c. Kalimat tersebut merupakan kalimat perincian. Oleh karena itu, tanda titik dua (:) setelah kata menaikkan diganti dengan tanda titik koma (;).
d. Kalimat tersebut seharusnya diberi tanda titik dua (:) setelah kata menaikkan dan tanda koma (,) setelah kata rincian.

Jawaban:  A

Pembahasan
Sudah dijelaskan dalam jawaban A.

Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Kata Baku dalam Try Out UN SMP Bahasa Indonesia Contoh Soal Memperbaiki Tanda Baca dan Kata Baku dalam Try Out UN SMP Bahasa Indonesia Reviewed by Muntijo & Nay on 10:50:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting