Arti Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Arti Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad

Arti Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad SAW


SAW sebenarnya adalah singkatan dari Shollallahu alaihi wasallam. Transliterasi dari bahasa Arab صلى  الله  عليه  وسلم .

Bacaan tersebut pada dasarnya adalah bacaan salawat alias bacaan doa untuk nabi Muhammad, sama halnya dengan nabi-nabi yang lain yang selalu diberi ucapan alaihissalam setelah namanya, atau sering disingkan AS dalam pelafalan bahasa Indonesia, Misalnya Nabi Adam AS.

Arti bacaan salawat shollallahu alaihi wasallam

Sholla (صلى) artinya ‘semoga memberikan rahmat yang agung’
Allah ( الله ) artinya ‘Allah’ maksudnya ‘semoga Allah memberikan rahmat yang tak terkira’
Alaihi  (عليه) artinya ‘kepadanya’.Kata ganti –nya atau dia merujuk kepada Nabi Muhammad yang namanya diucapkan terlebih dahulu di depan.
Wasalam (وسلم) artinya ‘juga keselamatan’ maksudnya yang ditambahkan selain rahmat, juga keselamatan.

Jadi, arti  Nabi Muhammad SAW atau Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam adalah ‘Nabi Muhammad, semoga Allah menambah rahmat dan keselamatan yang tak terkira kepadanya’.

Ada pula bacaan salawat yang lebih panjang, biasanya ditambah wa alihi wasohbihi (واله وصحبه), artinya ‘beserta keluarga dan sahabatnya’. Kalau ditulis lengkap sallallahu alaihi wasohbihi wasallam artinya ‘semoga Allah menambahkan rahmat beserta keselamatan kepadanya (Muhammad) beserta keluarga dan sahabatnya.

Intinya, salawat adalah doa. Pertanyaannya mengapa kita perlu mendoakan Nabi, toh Nabi sudah barang tentu dirahmati Allah, sudah barang tentu diberi keselamatan oleh Allah di dunia dan akhirat.

Jawabannya, kita –umat islam- perlu mendoakan Nabi karena mengharap doa dari Nabi. Karena barang siapa mendoakan Nabi (dalam bentuk salawat) maka jua akan didoakan oleh Nabi.

Analogi yang lain begini, ibarat Nabi itu adalah gelas yang penuh dengan air, kemudian kita tuangkan air lagi ke gelas itu, nah pasti air itu meluber. Luberan air itulah yang kita harapkan.

Semoga penjelasan mengenai singkatan SAW pada Nama Nabi Muhammad beserta penjelasan arti shallallahu alaihi wasallam ini memberikan manfaat.


Salam Pustamun!
Arti Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad Arti Singkatan SAW dalam Nama Nabi Muhammad Reviewed by Muntijo & Nay on 05:49:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting