Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Resolusi (Penyelesaian Masalah) Cerita 'Belajar dengan Gajah Mada' | Sebuah Analisis Struktur Teks Cerita Fantasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya dalam Komplikasi dan Rangkain Peristiwa Teks Cerita Fantasi 'Belajar denga Gajah Mada' bagian teks cerita fantasi yang berisi komplikasi tidak memuat penyelesaian masalah. Penyelesaian masalah terdapat dalam Resolusi.

Maka dari itu, resolusi berisi dua hal:
a) Penyelesaian masalah yang tergantung dari bagian komplikasi.
b) Akhir cerita yang biasanya bahagia.



Berikut ini adalah hasil analisis teks cerita fantasi bagian resolusi.

Terlebih dahulu kita lihat dan baca bagian resolusi teks cerita 'Belajar Bersama Gajah Mada' berikut ini:

Selesai Dani menyelesaikan kalimatnya,  terdengar dentuman keras. Buuuum...! Seakan ada yang mengangkat mereka bertiga tiba-tiba sudah kembali berada di area Candi Trowulan  tempat mereka melakukan pengamatan. Ketiganya mengusap mata. Seakan tidak percaya mereka saling berangkulan.  

“Benar kata Gajah Mada tadi...” Handi berucap lirih. 

“Iya kita tidak cukup hanya hanya dengan pintar” Ardi berkata hampir tak terdengar. 

“Ya kita harus memiliki perilaku yang baik...” Dani berteriak lantang sambil menyeret kedua temannya  menuju area candi yang harus diamati. Mereka bertiga bertekad menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Seperti biasanya mereka bekerja keras untuk menghasilkan sebuah karya.

Penyelesaian masalah dalam cerita di atas adalah berupa kembalinya tiga tokoh anak yang ada dalam cerita tersebut yaitu Dani, Ardi, dan Handi, ke Candi Trowulan setelah terjebak di masa lalu dan bertemu dengan Gajah Mada.

Ardi, Dani, dan Handi bisa pulang setelah bisa menjawab pertanyaan 'apa yang dilakukan' oleh Gajah Mada. Jaaban terakhir benar karena ketiganya tidak mementingkan diri sendiri, melainkan juga harus menghormati orang lain.

Di akhir cerita, ketiganya mengambil kesimpulan bahwa, kita semua harus memiliki perilaku yang baik. Jadi, pintar saja tidak diperbolehkan.

Untuk lebih memudahkan memahami teks cerita fantasi bisa dibaca juga: Biografi Singkat Gajah Mada, Trowulan,  dan Hubungannya dalam Cerita Fantasi 'Belajar dengan Gajah Mada'.

1 komentar untuk "Resolusi (Penyelesaian Masalah) Cerita 'Belajar dengan Gajah Mada' | Sebuah Analisis Struktur Teks Cerita Fantasi"

  1. Kurang bisa dipahami,tolong diperjelas jawabannya

    BalasHapus