Arti Kata Toyib, Toyyiban, Toyyibin dalam Bahasa Indonesia - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Arti Kata Toyib, Toyyiban, Toyyibin dalam Bahasa Indonesia

Kata Toyib identik dengan lagu yang berirama dangdut,  Bang Toyib. Bang Toyib telah menjadi simbol seorang yang jarang pulang. Terbukti dari lagu Bang Toyib yang isi liriknya begini:

bang toyib... bang toyib...
Mengapa tak pulang-pulang
Anakmu... Anakmu panggil-panggil namamu

Sebenarnya, irama lagu dangdut tersebut adalah sebuah remake dari ya toyba yang dipopulerkan oleh Sulis. Lirik lagunya:

Ya toyba.. ya toyba...

Ya dawal hayanaa...

Nada dan irama yang sama juga digunakan oleh Gigi ketika menggubah Syair karya Taufik Ismail Pintu Sorga menjadi sebuah lagu:

pintu sorga... pintu sorga...
Di mana engkau berada...
Bagaimana caranya...
Kita menemukannya...

Selain lagu-lagu di atas. Ada pula lagu yang terpengaruh oleh lagu-lagu di atas, yaitu Bukan Bang Toyib. Jelas dari pilihan kata yang digunakan adalah Bang Toyib adalah sosok orang yang tak pulang-pulang sudah tiga tahun (Tiga kali puasa, tiga kali lebaran, abang tak pulang-pulang sepucuk surat tak datang).


Sementara dalam lagu Bukan Bang Toyib, adalah ungkapan seorang suami kepada kekasihnya bahwa dia bukan bang toyib. Pergi pun untuk kembali dengan membawa nafkah membeli beras dan sebongkah berlian.

Tidak hanya dikenal dalam lagu, kata Toyib juga dikenal dari ungkapan-ungkapan yang berasal dari timur tengah dan ajaran-ajaran Islam. Misalnya ada ungkapan Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofuur. Ada pula istilah Attoyyibin lit toyyibaat. 

Arti Baldatun Toyyibatun Warabbun Ghofur secara mudah dapat diartikan begini: negeri yang bagus dan dimaafkan tuhan. Jadi jika diterjemahkan per kata maka berikut ini penjelasannya:

baldatun artinya negeri, kampung, wilayah. Bentuk lain dari kata ini adalah bilad.

Toyyibatun artinya bagus, bentuk lainnya adalah toyib, toyyibin (orang baik laki-laki), toyyibat (orang baik perempuan).

warabbun (baca: Warobbun) kata dasarnya adalah robb, rabbun, rabbi. Artinya tuhan. Imbuhan wa memiliki arti dan. 

ghafur (baca: ghofur) artinya memaafkan.

Jadi, arti baldatun toyyibatun warabbun ghofur secara istilah mirip dengan gemah ripah loh jinawi. Yaitu sebuah kondisi wilayah yang sangat makmur dan sejahtera, serta masyarakatnya damai. Makmur secara ekonomi sekaligus makmur secara sosial.

Sementara isitlah toyyibin lit toyyibat begitu sebaliknya toyyibat lit toyyibun. Arti sederhanya begini laki-laki baik-baik untuk perempuan baik-baik. begitu juga dengan perempuan baik-baik untuk laki-laki yang baik. 

Istilah ini digunakan untuk hal yang bersinggungan dengan jodoh. Jadi, maksud dari istilah ini adalah jodoh orang baik pastilah orang baik pula. Maka jika ingin mendapatkan jodoh yang baik-baik, maka harus memperbaiki diri sendiri.

Tidak hanya istilah dan lagu, toyyib juga ada kalanya dipakai untuk menyebut rasa masakan. Nah, arti kata toyyib yang merujuk pada makanan tidak lagi memiliki arti baik atau bagus, tetapi lezat dan nikmat. 

Maka, adakah orang yang bernama Toyyib atau Toyib sepeti Bang Toyib. Pada dasarnya sama saja artinya dengan Bagus, Agus. Artinya bagus. Sama halnya dengan lagu yang dipopulerkan oleh Sulis. Ya Toyba, jika orang Indonesia mengatakan begini: Wahai Toyyib. Wahai orang yang mulia.

Toyib juga dipakai seorang presiden. Tepatnya Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan.
Arti Kata Toyib, Toyyiban, Toyyibin dalam Bahasa Indonesia Arti Kata Toyib, Toyyiban, Toyyibin dalam Bahasa Indonesia Reviewed by Muntijo & Nay on 15:51:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting