Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Peliharaan atau Piaraan | Penjelasan Arti Kata dan Perbedaannya dalam Bahasa Indonesia

Mungkin penutur bahasa Indonesia, khususnya yang bahasa ibunya bukan bahasa Indnesia, sempat bingung perbedaan antara kata peliharaan dan kata piaraan. Mana yang benar antara kedua kata tersebut. Apakah peliharaan? ataukah piaraan.

Berikut ini penjelasan arti serta perbedaaan antara kata peliharaan dan piaraan. Penjelasan perbedaan  kata peliharaan dan piaraan berikut ini bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kelima yang diterbitkan leh Pusat Bahasa.

Pengertian Peliharaan dan Piaraan dalam Kamus

Arti Peliharaan

Peliharaan merupakan kata bentukan dari kata dasar 'pelihara'. Dalam Kamus Besar Bahasa Indnesia, pelihara memiliki arti jaga dan rawat. Seentara itu kata 'peliharaan' merupakan kata bentukan dengan penambahan imbuhan (akhiran) -an. 

Penggunaan akhiran -an pada kata peliharaan mengandung makna, 'sesuatu yang'. Jadi, peliharaan memiliki arti 'sesuatu yang dipelihara'.

Arti Piaraan

Kata piara dalam Kamus Besar Bahasaa Indonesia digolongkan dalam kata kerja (verba). Memiliki penjelasan arti pelihara. Sementara kata piaraan memiliki dua arti. Proses pembentukannya sama dengan kata peliharaan yang sama-sama mendapatkan imbuhan (akhiran) -an. 

Kata piaraan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti:

1. (nomina) yang dipiara; hasil memiara;
2. (nomina; kiasan) di luar nikah; tidak resmi;

Berdasarkan penjelasan arti kata piaraan di atas. Dapat diketahui bahwa kata piara bisa dikonotasikan negatif, yaitu ketika dimaknai sebagai kata kiasan.

Kata piaraan dalam bahasa Indonesia mengandung makna yang negatif karena lebih banyak digunakan untuk hewan. Sementara, meskipun dalam KBBI, contoh yang digunakan adalah anak piaraan, maksudnya anak yang dipelihara, bukan anak sendiri.

Perbedaan 'Peliharaan' dan 'Piaraan'

Dilihat dari makna kamus, seakan tidak ada perbedaan antara kata peliharaan dan kata piaraan. Namun, dalam penggunaannya oleh masyarakat tutur Bahasa Indonesia, ada perbedaan antara kata piaraan dan kata peliharaan.

Kata piaraan identik dengan 'hewan'. Jadi ketika ada yang mengatakan:

Dia datang bersama piaraaanya. 

Pasti yang dimaksud dengan 'piaraan' adalah 'hewan piaraan'.

Sementara kata peliharaan meskipun bisa digunakan untuk 'hewan' tetapi masih mengandung makna lain. Bisa jadi, tanaman yang dipelihara. 

Dapat disimpulkan bahwa, perbedaan antara kata piaraan dan peliharaan terdapat pada penggunaannya di masyarakat.

Posting Komentar untuk "Peliharaan atau Piaraan | Penjelasan Arti Kata dan Perbedaannya dalam Bahasa Indonesia"