Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

ِArti Kata Kalis dan Variasi Bentuknya

 Apa arti kata Kalis? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, ada dua kata Kalis. Kalis yang pertama identik dengan arti suci, bersih. Sementara kata Kalis yang kedua memiliki arti: elastis. Alias tidak mudah robek ketika ditarik. 


Seperti yang telah dibahas dalam artikel Arti Kata Nirmala dan Sinonimnya, kata Kalis sebenarnya menjadi bagian dari sinonim kata nirmala alias tanpa cacat. Karena tanpa cacat itu, maka disebut suci. 

Kalis yang Nama Orang dan Adonan yang Kalis


Asal-usul Kata Kalis


Kata kalis dilihat dari bentuk dan artinya, mirip dengan kata kholis (خالص) dalam Bahasa Arab. Jika dicari dalam kamus kata kalis atau kholis/khalis dari bahasa Arab, akan diterjemahkan menjadi pure dalam bahasa Inggris, atau murni dalam bahasa Indonesia. 


Kata khalis dalam bahasa Arab juga bertalian dengan kata mukhlis dan ikhlas. Kata mukhlis dan ikhlas juga telah diserap (dalam istilah WS Rendra) telah ditaklukkan ke dalam Bahasa Indonesia. Jika dirunut artinya secara sederhana, mukhlis artinya orang yang ikhlas, ikhlas adalah sifat tulus. Karena ketulusan itu makan niatnya --memberi/menolong-- adalah niatan yang murni/khalis/kalis.


Arti Kalis dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa, kata kalis yang memiliki arti murni memiliki 6 dimensi arti.

Berikut ini keenam makna kata kalis dalam KBBI.


1. Kalis: a suci; bersih; murni;

Contoh penggunaan dalam kalimat: bayi yang kalis dari dosa jangan disia-siakan

2. Kalis: a tidak berkilat atau bersinar karena tersaput sesuatu (tentang kaca, barang logam, dan sebagainya);

Contoh penggunaan dalam kalimat: kaca itu kalis sebab terkena air

3. Kalis: a tidak dapat kena air atau tidak dapat basah (seperti daun keladi): 

Contoh penggunaan dalam kalimat: daun keladi bersifat kalis

4. Kalis: a tidak dapat kena penyakit; kebal (dari penyakit)

Contoh penggunaan dalam kalimat: sejak kecil anak saya ini kalis dari penyakit

5. Kalis: a tidak dapat dimasuki gas (udara); 

Contoh penggunaan dalam kalimat: ruangan kalis udara.

6. Kalis: v terhindar (dari bahaya)


Contoh-contoh di atas adalah contoh penggunaan kata kalis yang terdapat pada Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/kalis. Huruf a dan v pada masing-masing penjelasan arti kata kalis di atas merupakan singkatan dari adverbia dan verba. Secara sederhana, adverbia dapat disebut sebagai kata sifat sementara verba adalah kata kerja. 


Penggunaan Kata Kalis dalam Kehidupan Sehari-hari

Kata kalis tidak asing bagi yang suka membaca tips dan cara memasak. Tak jarang, dalam salah satu bagian proses memasak ada bagian yang berbunyi:

cuci potongan kentang dengan air bersih kemudian tiriskan potongan kentang hingga kalis.

Penggunaan kata kalis dalam konteks kalimat di atas tidak terwakili oleh arti atau makna kata kalis yang ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Karena kata kalis dalam konteks itu memiliki arti: sudah tidak lagi ada airnya. 

Arti kalis dalam konteks kalimat tersebut tidak bisa digantikan dengan kata kering. Kering bukan kalis. Kalis bisa saja masih basah, tapi sudah tidak ada lagi air yang menetes. Tentu hal ini berlaku pada barang yang sejenis potongan kentang. Jika ada airnya tidak menetes tapi bukan kering, dan bendanya adalah kain, maka disebut mamel, bukan kalis.


Kata kalis juga digunakan sebagai nama orang. Baik bentuk kalis maupun beragam variasi penulisannya: kholis, holis, halis, khalis, khalisa, haliza, kholisoh, dan sebaginya.


Contoh nama orang yang menggunakan kata kalis: Kalis Mardiasih. Penulis yang sering muncul di twitter, bersama suaminya yang pegelola mojok.co. Kata kalis dalam nama Kalis Mardiasih tentu semakna dengan murni dan suci. Mungkin harapan orang tuanya anak tersebut adalah anak yang suci, murni, kebal penyakit.


Sementara variasi nama kholis biasanya dilekatkan dengan nur. Menjadi nur holisa, nur kholis, dan sebagainya. Sementara maknaya adalah nur= cahaya. Maka arti Nur Kholis adalah cahaya suci.


Demikain penjelasan arti kata kalis beserta beberapa variasi bentuk penulisannya. Semoga bermanfaat. Baca juga Arti Kata yang lain untuk mengetahui khazanah bahasa Indonesia.

1 komentar untuk "ِArti Kata Kalis dan Variasi Bentuknya"