Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kata Nirmala dan Sinonimnya

Arti Kata Nirmala dan Sinonimnya


Berikut ini adalah penjelasan arti kata nirmala. Kata nirmala sering digunakan sebagai nama orang. Lebih sering digunakan untuk nama anak perempuan. Orang yang diberi nama nirmala biasanya dipanggil dengan nama mala.

Arti nirmala dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat adalah tanpa cacat, cela; bersih; suci; tidak bernoda. (Lihat KBBI halaman 964).


Jika dilihat dari akar katanya, kata tersebut berasal dari kata nir dan kata mala.


Kata mala terdapat juga pada KBBI tepatnya pada halaman 865, yang berarti bencana, celaka, sengsara.

Kata mala dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Jawa, mala (dibaca: molo dengan huruf o serperti kata obat). Kata mala dalam bahasa Jawa ini memiliki kesamaan arti mala dalam KBBI penjelasan kelima yaitu tanda larangan yang memunyai kekuatan magis (di Timor).

Bedanya, dalam bahasa Jawa, bentuk mala bukan merupakan bentuk terikat. Sementara dalam Bahasa Indonesia kata mala merupakan bentuk terikat sehingga bisa dalam penulisannya harus disambung dengan atas selanjutnya. Tidak bisa berdiri sendiri. 

Kata mala dalam bahasa Jawa juga identik dengan kata bala yang berarti bencara.

Bentuk terikat mala juga sering digunakan dalam rangkaian kata malapetaka atau malapraktik. Malapraktik adalah tindakan kesalahan dalam tindakan medis yang dilakukan dalam dunia kesehatan. Berarti bencana dalam tindakan prkatik karena kesalahan yang dilukan oleh petugas medis.

Semantara penjelasan kata nir dalam KBBI Pusat Bahasa terdapat pada halaman 964, ditulis dalam bentuk nir-. Dijelaskan sebagai bentuk terikat. Arti kata nir- dalam bentuk terikat adalah tidak atau bukan. Misalnya digunakan dalam bentuk nirguna artinya tidak berguna. Juga pada kata nirlaba artinya tidak mencari laba.

Kembali ke arti nirmala, kata tersebut berarti tidak cacat. Maka, jika ada nama nirmala ada baiknya jika tidak dipanggil mala karena artinya yang buruk. Tetapi jika dipanggil nir, artinya juga aneh, yaitu tidak ada.

Pasti serba sulit jika harus memanggil nama orang yang memakai kata nirmala. Dipanggil nir artinya tidak ada sementara kata mala artinya bencana.

Kata nirmala juga pernah digunakan dalam sebuah acara televisi yang berujudul Putri Nirmala. Potongan lagu theme song  berbunyi:

Lampu ajaib Putri Nirmala.

Ada banyak sinonim kata nirmala. Dalam Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, kata nirmala memiliki tujuh sinonim yaitu: bersih, ceria, kalis, kudus, murni, suci, zakiah.

Berikut ini penjelasan arti masing-masing sinonim tersebut.

Bersih, ceria, murni, dan suci sudah jamak diketahui karena sudah sering digunakan oleh penutur Bahasa Indonesia. Sementara kata kalis, kudus, dan zakiah tidak biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hanya identik dan biasa digunakan sebagai istilah khusus serta nama.

Berikut ini penjelasan masing-masing kata kalis, kudus, dan zakiah sebagai sinonim kata nirmala.


Arti dan penjelasan arti kata kudus.

Arti dan penjelasan arti kata zakiah.

Berkaitan dengan kata nirmala yang digunakan sebagai nama diri, bentuk yang mirip juga sering digunakan yaitu nurmala. Jika ditelaah arti dari akar katanya maka terdiri dari kata nur artinya cahaya. Kata mala seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika diartikan sepotong maka  kata nurmala artinya cahaya bencana. Tetapi mungkin yang dimaksud adalah cahaya yang menghilangkan bencana. Keren juga artinya. Hehehe.

Posting Komentar untuk "Arti Kata Nirmala dan Sinonimnya"