Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PERIBAHASA DAN ALAM SEKITARNYA, BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA


PERIBAHASA DAN ALAM SEKITARNYA, BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA

Ada ungkapan Bahasa menunjukkan bangsa. Maksud dari ungkapan ini adalah, keadaan suatu bangsa dapat dilihat dari penggunaan bahasanya. Misalnya saja bahasa Inggris, adalah salah satu bahasa yang memiliki banyak sekali istilah di dalamnya, hal ini menunjukkan bahwa bangsa Inggris memiliki peradaban yang maju, sehingga memiliki istilah dalam berbagai bidang keilmuan. Begitu juga dengan bahasa Indonesia menunjukkan ciri bangsa Indonesia.

Peribahasa sebagai produk bangsa yang berbahan baku dari bahasa juga menunjukkan hal itu. Peribahasa termasuk pada karya sastra lama (klasik) yang lahir dari pergaulan masyarakat bahasa. Sebagai karya sastra, berdasarkan teori mimesis (mimetik), maka peribahasa merupakan cermin kehidupan orangnya. Jika kita membaca kumpulan Contoh dan Makna serta Arti Peribahasa, maka akan kita ketahui peribahasa yang ada di Indonesia pasti tidak jauh dari ladang, kebun, dan laut.

Mengapa begitu? hal ini dikarenakan kehidupan bangsa Indonesia sejak dulu kala sebagai bangsa yang agraris juga sekaligus kehidupan maritim. Salah satu peribahasa yang jamak diketahui adalah Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dekat dan memahami kehidupan di laut (nelayan). Begitu pula dengan peribahasa lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya yang bermakna masing-masing tempat memiliki tata cara dan penghuni yang berbeda satu sama lain. Hal ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia dekat dengan kehidupan ladang.

Pada dasarnya, peribahasa adalah perumpamaan. Dalam mengumpamakan sesuatu tentu akan lebih mengena jika hal tersebut sudah diketahui oleh orang banyak. Dengan demikian, akan lebih mudah mengumpamakan dengan ikan di lubuk dan ilalang di ladang karena semua orang Indonesia mengerti maksudnya.

Bagaimana sekarang? sekali lagi bahasa menunjukkan bangsa. Jika peribahasa-peribahasa yang pernah hidup dan digunakan oleh orang-orang pendahulu kita tetap lestari hingga saat ini berarti kita masih dekat dengan kehidupan ladang dan laut. Sekaligus menunjukkan kepada dunia, bahwa kita adalah bangsa yang menghargai kekayaan budayanya. Sementara jika peribahasa yang banyak memberikan ungkapan tentang ladang dan laut sudah jarang bahkan tidak pernah lagi kita gunakan, berarti kita (bangsa Indonesia) sudah beralih menjadi masyarakat Industri, dan melupakan sejarah kekayaan bangsa.
Sekali lagi bahasa Menunjukkan bangsa.

Posting Komentar untuk "PERIBAHASA DAN ALAM SEKITARNYA, BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA"