Arti Kata dan Penjelasannya | Makna Leksikal dan Makna Gramatikal

Pernah bingung mencari arti kata? Memang, sebuah kata bisa memiliki arti yang sangat beragam. Belum lagi jika dihubungkan dengan konteks kalimatnya. Baik konteks situasi, maupun konteks dalam teks.

Berikut ini cara memahami arti kata yang baik, yaitu arti kata dalam kamus, yang diistilahkan dengan arti atau makna kata secara leksikal. Ada pula makna atau arti kata secara gramatikal.

Arti Kata secara Leksikal

Arti kata secara leksikal adalah arti kata yang tetap yang tidak berubah oleh konteks. Biasanya disebut dengan arti kata yang terdapat dalam kamus.


Arti Kata secara Gramatikal

Arti kata secara gramatikal adalah pemaknaan atau pemberian arti sebuah kata dihubungkan dengan kontek penggunaan. Atau konteks kalimat maupun konteks situasi penggunaan.

Contoh kata 'rumah'.

Secara leksikal kata rumah memiliki arti 'tempat tinggal'. Lengkapnya 'bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal'. Jadi, rumah merujuk pada benda yang berupa bangunan.

Sementara secara gramatikal, makna rumah bisa berubuah menjadi 'tempat' yang tidak harus berupa bangunan.

Misalnya dalam kalimat:

Ketika bemain di sungai, adik mengambil rumah keong.

Kata rumah dalam kalimat di atas tidak berarti bangunan, tetapi memiliki arti cangkang.

Setelah dilantik gubernur terpilih itu punya banyak pekerjaan rumah.

Kata rumah dalam kalimat di atas lain lagi maknanya, bukan cangkang melainkan tugas tambahan.

Selain arti kata secara leksikal dan gramatikal, arti kata juga dapat dibedakan menjadi arti konotasi (konotatif) dan arti denotasi (denotatif).

Pengertian Arti Konotasi adalah arti kiasan yang sesuai dengan konteks.

Pengertian arti denotasi adalah arti sebenarnya juga sesuai dengan konteks.

Misalnya sama-sama kata 'bunga' jika konteksnya adalah: Andi memetik bunga di taman. Arti kata bunga dalam kalimat tersebut adalah arti denotasi. Yaitu bunga yang berarti bagian dari tumbuhan yang terdiri dari tangkai, kelopak, putik, dan benang sari.

Sementara kata bungan dalam kalimat: Andi memetik bunga desa sebagai istrinya. Arti kata bunga dalam kalimat tersebut bukanlah bagian dari tumbuhan, melainkan sebuah kiasan yang digunakan untuk menggambarkan perempuan yang cantik bak bunga yang indah. Jadi, ini adalah arti kata secara konotasi.

Dilihat dari penjelasan di atas, arti kata konotasi maupun denotasi merupakan pengembangan atau pembagian lagi dari arti kata secara gramatikal. Harus memperhatikan konteks penggunaan dan konteks pengucapannya.

Semoga bermanfaat!
Arti Kata dan Penjelasannya | Makna Leksikal dan Makna Gramatikal Arti Kata dan Penjelasannya | Makna Leksikal dan Makna Gramatikal Reviewed by Muntijo & Nay on 00:10:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting