Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Aplikasi Penyusunan Jadwal Pelajaran Ms Excel Siap Pakai

Aplikasi penyusunan Jadwal mutlak dibutuhkan oleh guru yang bertugas menyusun jadwal. Meskipun tidak memudahkan seratus persen, penggunaan aplikasi pembantu penyusunan jadwal pelajaran sekolah memiki andil besar dalam proses penyusunan jadwal.

Banyak jenis aplikasi yang ditawarkan di internet dengan berbagai dasar pembuatannya. Yang ditawarkan di sini adalah aplikasi penyusunan jadwal pelajaran berbasis microsoft excel (Ms Excel). Aplikasi Ms Excel dipilih dengan berbagai alasan:

1. Saya hanya bisa excel, tidak paham program yang lain. Ini alasan utama karena aplikasi ini saya susun sendiri untuk kepentingan sekolah saya. Sekalian saja saya bagikan melalui blog ini. Mungkin bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan sesama guru.

2. Aplikasi excel sangat mudah diedit. Memang aplikasi penyusunan jadwal ini saya protect beberapa bagiannya. Bukan untuk meminta sumbangan, tetapi untuk melindungi beberapa rumusnya. Maka saya beri bocoran password 'protect sheet'nya yaitu: "pustamun" (tanpa petik).

3. Aplikasi Ms Excel merupakan aplikasi standar bawaan dekstop maka pasti bisa dibuka di hampir seluruh komputer di sekolah.

4. Hampir semua guru paham dan bisa menggunakan Excel, maka ini adalah tabel yang biasa dipakai tapi memliki kondisi-kondisi tertentu yang memudahkan.

Sebelum Mengunduh (Download) Aplikasi Penyusunan Jadwal Pelajaran, berikut dijelaskan bagian dan cara kerja bagian-bagiannya:

Aplikasi Penyusunan Jadwal Pustamun Siap Pakai

Ini adalah nama file aplikasi Excel yang saya buat. Tampilannya sederhana.

Berikut ini bagian-bagian MS Excel dan keterangan singkat tentang aplikasi penyusunan jadwal yang saya buat.

Perlu diketahui bahwa, aplikasi ini siap pakai, karena sudah saya beri contoh penggunannya, saya gunakan di sekolah saya, dan efektif.

Tapi perlu diketahui bahwa, aplikasi ini menyediakan sembilan kolom (9 Rombel) karena di sekolah kami, hanya ada 7A sampai 9C. Jika sekolah anda memiliki banyak rombel, perlu penyesuaian sedikit.

Tampilan Muka Apilkasi Penyusunan Jadwal Siap Pakai

Di bagiah 'Muka' atau 'Beranda' Aplikasi terdapat beberapa tombol  yang mengarah ke bagian yang perlu diisi (berwarna Hijau), dan tombol yang disediakan untuk pengguna apliksi penyusunan jadwal yang mungkin membutuhkan bantuan dan informasi lain, atau memiliki pertanyaan (tombol biru)

Untuk memulai menggunakan aplikasi, silahkan klik tombol 'Isi Identitas' hal ini bisa dipakai bisa tidak. Bisa disiisi lengkap, atau sekenanya karena jadwal digunakan di internal sekolah.

Setelah identitas diisi, silahkan kembali ke 'Home' kemudian klik tombol 'Kode Guru'. Kode guru bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

Isi Kode Guru dan Jumlah Jam Mengajara di Masing-Masing Kelas
Dalam tampilan aplikasi jadwal, seperti pada gambar di atas, yang perlu diisi adalah nomor urut, nama guru, kode guru, mata pelajaran, jumlah JP (Jam Pertemuan) dalam satu kelas. Misalnya dalam kelas 7A pelajaran Bahasa Indonesia ada 6 JP, maka ditulis 6. Dan seterusnya.

Kolom jumlah jam di tiap-tiap kelas disesuaikan dengan beban mengajar masing-masing guru.

Penggunaan Kode usahakan sama, jika satu guru menggunakan dua kode, misalnya dalam Contoh Budi Hermanto menggunakan Kode A1 dan A2, ini menyulitkan untuk mendeteksi jadwal yang benturan bagi guru yang bersangkutan.

Setelah semua kode guru dan beban mengajar di tiap-tiap kelas selesai diisikan, dan dianggap benar maka bisa melangkah ke tahap selanjutnya yaitu tombol "ISI Tabel". Untuk mengecek apakah jumlah jam sudah sesuai untuk masing-masing kelas bisa dilihat di baris terakhir yaitu Total Jam. Untuk sekolah yang menerapkan K13, jumlah jam mengajar adalah 38 JP (masih belum termasuk muatan lokal).

Tahap selanjutnya, mengisi tabel aplikasi. Pastikan isi ke dalam kolom kelas. Untuk bagian yang awal isikan secara acak saja, tinggal menyeseuaikan dengan jam atau hari yang diinginkan oleh yang bersangkutan.

catatan tambahan: Ingat pelajaran Penjaskes harus diletakkan di awal pelajaran.

Dalam proses pengisian pastikan tidak menggunakan teknik Copy-Paste alias Salin-Tempel. Penggunaan cara ini bisa merusak rumus kondisi yang sudah terdapat dalam aplikasi penyusunan jadwal pelajaran otomatis ini.

Jika jumlah jam yang diisikan masih dua, padahal yang diminta adalah empat, maka warna kolomnya adalah hijau. Sementara jika jumlah kode guru yang dimasukkan melebihi jumlah yang seharusnya maka kode tersebut akan berubah menjadi kuning.

Sementara, jika ada kode guru yang sama yang lurus dalam satu waktu, maka keduanya akan berubah menjadi merah. Tinggal menggeser, agar tidak kres.


Kode Warna yang Membantu Penyusunan Jadwal Pelajaran
Dalam tahap ini, penyusun jadwal pelajaran harus jeli dan berhati-hati, open, dan telaten. Karena harus mengisi satu persatu selama sekian jam sekian hari.

Jika semua tabel sudah diisi, tidak ada yang hijau, tidak ada yang kuning, maka jadwal itu sudah pas sesuai dengan jumlah beban JP dalam kurikulum dan Jumlah JP masing-masing guru.

Untuk membantu mengetahui hal itu, misalnya kita mengentri kode M untuk pelajaran Agama, maka dalam kolom di samping, akan muncul keterangan. Jika masih kurang maka ada keterangan  "Kurang" jika lebih maka akan muncul secara otomatis keterangan "Lebih", Jika jumlahnya sesuai maka akan muncul keterangan "fix". Pada baris sesuai dengan kode guru dan mapelnya.

Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar berikut ini:

Untuk kolom "Cari Kode" yang berwarna biru-putih di atas, befungsi untuk mencari kode guru yang tampil dalam tabel aplkasi jadwal.

Kolom yang disediakan ada tiga, untuk berjaga mungkin ingin membandingkan satu guru dengan guru yang lain.


Tabel dalam Aplikasi Penyusunan Jadwal untuk Mengetahui Jam Kosong

Dalam tabel di atas, juga terdapat dua warna yaitu hijau dan oranye. Kolom  hijau menandakan bahwa pada hari tersebut guru yang bersangkutan tidak memliki jam mengajar, alias libur.

Sementar kode warna putih menunjukkan bahwa guru yang bersangkutan hanya memiliki satu JP di hari yang sesuai dengan kolom.

Tampilan Jadwal yang Siap Cetak 
Dalam aplikasi juga disediakan tombol 'Cetak Jadwal' Tombol tersebut merujuk pada tampilan jadwal yang 'enak dibaca' oleh siswa dan guru. Dalam cetak jadwal juga disediakan tombol pencarian yang bisa digunakan oleh guru mencari kodenya yang memunculkan warna yang berbeda di antara jadwal yang lain sehingga mudah untuk ditemukan.

Sebelum mengunduh, ada baiknya kita tonton terlebih dahulu video tutorial pengisian aplikasi jadwal tersebut. Tolong juga subscribe channel youtube kami ini.

Memang aplikasi ini tidak dibuat oleh orang yang profesional dan memiliki lisensi di bidang komputer, maka sangat memungkinkan terjadi kekurangan di sana-sini. Namun tidak ada salahnya pula membagikan, seiapa tahu yang membutuhkan.

30 komentar untuk "Aplikasi Penyusunan Jadwal Pelajaran Ms Excel Siap Pakai"

  1. Nggak bisa didonlot tuh Pak :'(

    BalasHapus
  2. CARA menambah kelas gimana Gan?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Bisa diunduh. Silakan masuk ke halaman 'unduh'. Ada di situ.

      Hapus
  4. Gimana cara ngunduhnya?

    BalasHapus
  5. Cara nambah rombelnya gmn

    BalasHapus
  6. Cara ngubah jam nya gmna.
    Trus mau nambah jam.
    Pkai pustamun tdk bisa di unlock.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba komunikasi via wA ya

      Hapus
    2. No wa nya mana

      Hapus
    3. Coba diunduh dulu. Baca petunjuknya. Di halaman kontak blog ini jg ada

      Hapus
  7. Sangat membantu administrasi sekolah kami. Terimakasih banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekolahnya di mana pak? semoga bisa mempermudah pekerjaan kurikulum.

      Hapus
  8. Kalau rombel cuma 3 rombel bagaimana ya

    BalasHapus
  9. Kalau jumlah rombelnya cuma 3 ...bagaimana cara menghapusnya pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu dihapus. Gunakan saja tiga kolom pertama. yang hijau saja. kolom yang lain diabaikan.

      Hapus
  10. Trimakasih pak..Sangat membantu sekali,pak tolong dong kmi punya 34 rombel..untuk tmbah biar klihatan kolomnha di aplikasi gimana yaa..matur nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah. Banyak ya siswanya. Silakan japri melalui halaman facebook 'pustamun'

      Hapus
    2. silakan unduh yang versi 2.0. baru diunggah. buka password, dan disesuaikan kolomnya.

      Hapus
  11. Sangat membantu,
    terimaksih sudah berbagi dengan tulus ikhlas, semoga di berikan kesehatan dan panjang umur untuk terus mmberi manfaat pada orang banyak.

    Bagi yg tdk bs download, mungkin bermsalah dg pop-up/browserny yg sdh terinfeksi malware.

    alhamdllah saya bisa download

    BalasHapus
  12. SANGAT BERMANFAAT...TERIMA KASIH.
    HANYA SAJA SAYA INGIN MERUBAH WAKTUNYA BISA TIDAK??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa. kan ada pilihanya di bawahnya.

      Hapus
  13. Terimaksih sangat membantu sekali

    BalasHapus
  14. Cara nambah kolom guru gimana ya

    BalasHapus
  15. jazaakallahu khairan izin download

    BalasHapus
  16. tidak bisa tambah kelas euy. coba insrt ga muncul

    BalasHapus
  17. Anonim7/24/2019

    gimana ganti jam mulai belajar karena kami masuk pukul 7.30

    BalasHapus
  18. Kalau sudah diunduh, pasti bisa. Silakan diunduh dulu. Ada petunjuknya juga di dalamnya. :)

    BalasHapus
  19. Sangat membantu……
    Jadwal hanya sampai jam 12 ya, gimana cara menambah jam belajar menjadi samapai jam 15.00

    BalasHapus
  20. Anonim7/06/2020

    Suwun Jeh!

    SMP PGRI Jenggawah!

    BalasHapus