Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik dan Parafrase serta Analisis Maknanya - Pusat Ilmu dan Pengetahuan

Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik dan Parafrase serta Analisis Maknanya

pustamun.blogspot.com - Sebuah lagu diciptakan tidak hanya untuk didengar, tapi menyampaikan pesan yang dalam. Apalagi jika itu adalah sebuah lagu nasional. Tentu memiliki makna yang sangat agung, luhur, dan tinggi.

Salah satu lagu nasional yang sering kita dengar baik di sekolah, di tempat kerja, atau ketika perayaan kemerdekaan adalah lagu Syukur karya H. Mutahar. Lagu 'Syukur' ini merupakan wujud ucapan syukur hamba kepada Tuhan atas kemerdekaan yang dapat diraih oleh Bangsa Indonesia setelah berjuang dan menghadapi segala macam cobaan.

Lagu Syukur ini memiliki tiga stanza, meskipun lirik lagu Syukur yang sering diketahui hanya yang lrik lagu Syukur bait pertama saja.

Berikut ini adalah lirik lagu Syukur penuh yang lengkap tiga bait (3 stanza)

Lirik Lagu Syukur
Karya H. Mutahar

Dari yakinku teguh
Hati ikhlasku penuh
Akan karunia-Mu
Tanah air pusaka
Indonesia merdeka
Syukur aku sembahkan
Ke hadirat-Mu Tuhan

Dari yakinku teguh
Cinta ikhlasku penuh
Akan jasa usaha
Pahlawanku yang baka
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
Ke bawah duli tuan

Dari yakinku teguh
Bakti ikhlasku penuh
Akan azas rukunmu
Pandu bangsa yang nyata
Indonesia merdeka
Syukur aku hanjukkan
Ke hadapanmu tuan

(Disalin dari: http://musiklib.org/ dengan penyesuaian ejaan oleh @Muntijo)

Lirik lagu Syukur di atas memiliki kemiripan antara bait satu, dengan bait dua dan bait tiga. Tapi memiliki perbedaan dari makna. Untuk bisa memahami makna yang terkandung dalam lirik lagu Syukur di atas, kita perlu membuat parafrase terlebih dahulu.

Parafrase adalah teknik memahami makna sebuah puisi dengan menambahkan beberapa kata di sela-sela liriknya agar lebih mudah dipahami. Nah, dalam kesempatan ini, parafrase diterapkan dalam lirik lagu, karena pada dasarnya lirik lagu dan larik puisi memiliki kesamaan.

Parafrase Lirik Lagu Syukur Karya M. Mutahar

Sebelum membuat parafrase lirik lagu syukur, ada baiknya kita pahami arti kata sulit yang terdapat dalam lagu karya M. Mutahar tersebut. Berikut ini daftar kata sulit yang terdapat pada lirik lagu Syukur.

Hadirat 
Baka
Hanjukkan
Duli

Untuk mengetahui arti kata sulit di atas, kita bisa membuka kamus. Yang ditulis dalam pengertian kata sulit di atas dalam artikel ini, bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia V versi luring. 

Hadira = Hadapan

Baka, ada dua kata baka dalam KBBI, yang paling sesuai adalah kata baka (1) yang memiliki arti: tidak berubah selama-lamanya; abadi; kekal.

Hanjukkan, kata ini tidak dapat dideteksi dalam KBBI. Kata hanjukkan ini dekat dengan kata unjuk. Kalau kata unjukkan berarti memiliki makna 'berikan'. Jadi, dalam artikel ini hanjukkan disamakan dengan arti kata haturkan atau berikan.

Duli, ada tiga kata 'duli' dalam KBBI. Arti yang paling sesuai adalah yang kedua. Duli (2) adalah istilah klasik yang digunakan sebagai kata kehormatan yang dipakai apabila berkata kepada raja atau berbicara tentang raja; baginda.

Selanjutnya, kita bisa buat parafrase lirik lagu Syukur menjadi sebagai berikut:

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan karunia-(dari)Mu
(untuk) Tanah air pusaka
Indonesia (bisa meraih ke)merdeka(an)
(maka) Syukur aku sembahkan
Ke hadirat-Mu Tuhan

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan (segala) jasa (dan) usaha
(yang dilakukan oleh) Pahlawanku yang (kekal di alam) baka
(atas pengorbanan mereka,) Indonesia (bisa) merdeka
(maka) Syukur aku hanjukkan
Ke bawah duli tuan (para pahlawan)

Dari (ke)yakinku (yang) teguh
(dengan) Hati ikhlasku (yang) penuh
Akan (segala azas rukun(kewajiban)mu
(menjadi) Pandu (bagi) bangsa (dengan perjuangan) yang nyata
Indonesia (telah) merdeka
(maka) Syukur aku hanjukkan
Ke hadapanmu tuan (para pejuang)

Dari parafrase lirik lagu 'Syukur' di atas. Kita pasti bisa semakin mudah untuk memahami keseluruhan makna lagu tersebut. 

Makna Lagu Syukur berdasarkan hasil Parafrasenya

Dari keyakinan seluruh bangsa Indonesia, juga dengan keikhlasan hati yang penuh. Tanah air pusaka (suci dan dihormati) diperjuangkan hingga mencapai kemerdekaan. Maka, tidak ada kata yang bisa diucapkan selain rasa syukur ke hadirat (hadapan) Tuhan.

Perjuangan untuk memerdekakan Indonesia juga membutuhkan pengorbanan. Para pejuang sudah banyak yang gugur, hingga kekal di alam baka. Maka, kita harus haturkan terima kasih kepada para pejuang yang telah berkorban. Para pejuang yang telah mengorbankan segala yang dimiliki sebagai rukun (kewajiban) sebagai pandu bangsa.

Demikian penjelasan tentang lagu syukur, mulai lirik lagu syukur, parafrasenya, hingga maknanya. 
Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik dan Parafrase serta Analisis Maknanya Lagu 'Syukur' H. Mutahar | Lirik dan Parafrase serta Analisis Maknanya Reviewed by Muntijo & Nay on 08:54:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting