Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Kata Sambutan dalam Acara Perpisahan Sekolah Terbaru

Pidato Sambutan Siswa dalam Perpisahan Sekolah


Setiap tahun, setiap sekolah pasti melaksanakan acara perpisahan. Baik acara perpisahan sekolah itu dilaksanakan sangat meriah dengan berbagai macam acara hiburan, maupun perpisahan yang digelar dengan cukup sederhana cukup dengan menghadirkan orang tua atau wali murid untuk doa bersama dan penyerahan cindera mata tanpa hiburan lain.

Terlepas besar atau kecilnya pelaksanaan acara perpisahan di sekolah, pasti acara perpisahan tersebut tidak pernah lepas dari yang namanya sambutan. Baik sambutan dari perwakilan sekolah maupun sambutan dari perwakilan siswa, atau panitia.

Biasanya, yang bertugas membawakan sambutan adalah perwakilan siswa baik dari panitia, maupun siswa yang mewakili kelas tiga (yang lulus) maupun siswa yang ditinggal (perwakilan kelas 1 dan kelas 2). 

Masing-masing memiliki ciri dan isi yang berbeda, meskipun secara garis besar memiliki kemiripan. Contohnya, jika sambutan itu dilakukan oleh siswa kelas 9 yang sudah lulus, maka isi pidato sambutannya adalah ucapan terima kasih dan permohonan maaf, serta permohonan doa agar bisa melanjutkan  ke jenjang berikutnya serta bisa mengamalkan ilmunya. 

Contoh jika sambutan perpisahan itu dilakukan oleh perwakilan adik kelas 7 dan kelas 8, inti isinya adalah ucapan permohonan maaf karena tidak bisa menjadi adik yang baik. Juga permohonan agar kelas 9 tetap mengingat adik-adiknya di sekolah tersebut. 

Contoh jika sambutan dilakukan oleh siswa selaku perwakilan dari panitia, inti isinya adalah ucapan terima kasih kerena hadirin sekalian sudah berkenan hadir, serta permohonan maaf karena tidak bisa memberikan sambutan dan suguhan yang terbaik.

Baca Juga: Pidato Sambutan Siswa dalam Perpisahan Sekolah Setelah Lebaran

Jadi, intinya permohonan maaf dan ucapan terima kasih. Di samping inti isi pidato sambutan, sudah selayaknya jika sebuah pidato diawali dengan pembuka pidato dan penutupan pidato. 

Berikut ini adalah contoh sambutan siswa perwakilan kelas 7-8 atau kelas 10-11 dalam sebuah acara perpisahan.

Contoh Pidato Sambutan Siswa dalam Perpisahan di Sekolah Menengah Pertama


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahirabbil alamin
Assholatu wassalamu ala asrofil ambiya'i Walmurasalin
Sayyidina wahibibina wasyafi'ina wamaulana Muhammadin
Wa ala alihi wa ashabihi ajmain amma ba'du

Yang kami hormati, Bapak Kepala Yayasan beserta para pengurus yayasan yang hadir.
Yang kami hormati, Bapak kepala Sekolah beserta bapak/ibu guru yang selalu kami cintai
Yang kami hormati, Bapak kepala komite sekolah
Yang kami hormati, Bapak/Ibu wali murid kelas 9, serta kakak-kakak kelas 9 yang berbahagia. Tak lupa seluruh teman-teman seperjuangan, siswa siswi SMP PGRI Jenggawah yang selalu semangat.

Pertama, marilah kita ucapkan pui syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa, atas limpahan rahmatNya yang tidak terkira kita bisa berkumpul dalam acara ini, dalam Acara Lepas Pisah Sekolah Menengah Pertama PGRI Jenggawah dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada halangan yang menghambat.

Kedua, mari kita baca shalawat tiada henti, kepada junjungan kita Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang telah menjadi suri teladan terbaik dalam menuntut ilmu dan mengajarkan ilmu pengetahuan. Semoga kita semua mendapat syafaat beliau di hari akhir nanti.

Bapak Ibu dan teman-teman hadirin yang kami hormati, 
dalam kesempatan ini saya diberi kesempatan untuk memberikan sambutan atas nama perwakilan kelas 7 dan kelas 8. Maka dari itu, tidak ada yang bisa kami ucapkan yang utama, adalah ucapan selamat.

Selamat kepada kakak kelas yang sudah melalui tahapan sekolah di sini dengan baik, sehingga bisa mencapai garis akhir terbaik, yaitu lulus dari sekolah ini. Lulus dengan keadaan terbaik dan dalam kondisi baik sehingga semoga bisa menjadi memberikan manfaat baik pula ke depannya.

Ucapan selamat yang kedua kami ucapkan kepada Bapak/Ibu wali murid, karena bapak ibu sudah sukses mengantarkan anak-anak bapak ibu untuk menyelesaikan sekolah. 

Serta, ucapan selamat yang terakhir kami ucapkan kepada bapak kepala sekolah serta seluruh dewan guru yang telah mendidik kami semua, dengan sepenuh hati. Dari kelas satu hingga kelas tiga dan kakak-kakak kami bisa lulus dengan sempurna. Kami harap, kami yang masih duduk di bangku kelas 2 dan kelas 1 ini bisa mengikuti jejak langkah kakak, mas dan mbak-mbak. Bisa menyelesaikan tugas belajar di sekolah ini hingga purna.

Hadirin yang kami hormati, 
Selain ucapan selamat, yang mengandung ucapan doa. Kami juga ucapkan permintaan maaf. Permintaan maaf kepada kakak-kakak khussnya, yang sebentar lagi akan berpisah. Maafkan kami, mungkin selama menjadi adik tidak bisa mematuhi arahan dari kalian. Sebagai adik tidak bisa mengikuti jejak kebaikan kalian.

Kami juga minta maaf, mana kala di setiap perjumpaan kita yang dua tahun ini, mungkin kami membuat salah. Baik yang sengaja maupun yang tidak sengaja. Yang mungkin menyakiti hati kalian. Kami mohon maaf akan hal itu. Tolong dimaafkan. Jika masih ada rasa permusuhan di antara kita, tolong anggap kenakalan kami sebagai kenakalan seorang adik yang sangat layak untuk dimaafkan.

Selanjutnya, kami juga berharap, semoga hubungan pertemanan dan persaudaraan ini tidak berhenti sampai kalian lulus, atau sampai kami lulus nanti. Kita pernah berteduh di rumah besar yang sama. Kita pernah menimba ilmu di sumur yang sama. Kita sama-sama siswa SMP PGRI Jenggawah. Tetaplah anggap kami sebagai saudara.

Mungkin, cukup sekian sambutan kami selaku perwakilan siswa kelas 7 8. Kami mohon maaf sekali lagi, dalam kapasitas kami dalam sambutan ini. Mana kala ada kesalahan dalam tindakan dan ucapan. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan, adapun sambutan ini meskipun kami harap sempurna, tetap masih ada kekurangan. Seperti halnya pepatah tak ada padi bernas setangkai. Selalu ada saja kekurangan di sana sini. 

Mohon maaf yang sebesar-besarnya. Wabillahitaufiq walhidayah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh!

Posting Komentar untuk "Contoh Kata Sambutan dalam Acara Perpisahan Sekolah Terbaru"