Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2018 (Tahun Pelajaran 2017-2018)

Berikut ini adalah pembahasan soal ujian nasional tahun 2018, yang dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 23 April 2018. Perlu diketahui bahwa soal yang ada dalam artikel ini merupakan hasil ketik ulang dari soal berbentuk UNKP (UN Kertas Pensil), bukan merupakan bocoran soal. Dan, soal ini ditulis dan diunggah setelah semua siswa melakukan UN termasuk yang sesi ketiga bagi yang UNBK. Hak cipta naskah soal ini ada pada Pusat Penilaian Pendidikan-BALITBANG-KEMDIKBUD.

Soal Nomor 1

Bacalah teks berikut!
Banyak kejadian di masyarakat yang dipicu oleh hal-hal kecil. Masyarakat bertindak karena mendapatkan provokator dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Itulah yang menyebabkan mereka berbuat anarkisme. Seharusnya mereka melakukan klasifikasi dulu kepada pihak lain sehingga tidak gegabah dan emosional.

Pengganti istilah anarkisme dan klasifikasi pada teks tersebut secara berturut-turut adalah....

a. anarki, klarifikasi
b. anarkis, klarifikasi
c. anarkistis, klarifikasi
d. anarkis, verifikasi

JAWABAN: B

Pembahasan: Tindakan masyarakat yang dipengaruhi oleh provokator adalah tindakan anarkis, yaitu tindakan yang merusak. Sementara, agar tidak melakukan tindakan yang anarkis, harus melakukan klarifikasi kepada pihak lain (lawan) yang dianggap salah.

anarki = kekacauan
anarkistis = sifat terjadinya kekacauan
anarkis = tindakan anarki

Soal Nomor 2

Bacalah kalimat berikut!
Irma mengikuti kegiatan pertukaran pelajar antar negara di luar negri

Perbaikan penulisan gabungan kata ada kalimat tersebut adalah....

a. pertukaran seharusnya per-tukaran
b. pertukaran pelajar seharusnya pertukaran-pelajar
c. antar negara seharusnya antarnegara
d. luar negeri seharusnya luarnegeri

JAWABAN: C

Pembahasan: Yang ditanyakan adalah penulisan gabungan kata, maka yang perlu difokuskan adalah penulisan dua kata. Penulisan kata yang salah adalah yang digabung dengan kata antar-. Kata tersebut harus digabung dengan kata selanjutnya, antarnegara atau antar-negara. Begitu juga dengan kata antarkelas, antaretnis, antarkampung. Kata yang demikian sifatnya adalah anti-, non-, dan pasca-.

Soal Nomor 3

Perhatikan teks berikut!
(1) Kebersihan lingkungan sekolah adalah salah satu faktor terpenting untuk menciptakan kenyamanan, baik di lingkungan rumah maupun di lingkungan sekitar. (2) Setiap sekolah selalu mengajarkan  anak didiknya untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (3) Banyak pemerintah daerah yang mengalokasikan anggarannya untuk menjaga kebersihan di wilayanya (4) Bahkan, kebersihan sekolah banyak dilombakan untuk menarik minat sekolah agar mereka peduli kebersihan. (5) Cara untuk menjaga kebersihan sekolah, di antaranya adalah membuang sampah pada tempatnya, menghapus papan tulis, dan menyapu ruang kelas.

Perbaikan teks tersebut agar menjadi padu adalah dengan menghilangkan kalimat nomor ....

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

JAWABAN: C

Pembahasan: Kalimat nomor tiga berisi tentang pemerintah daerah yang mengalokasikan anggaran untuk kebersihan. Sementara kalimat yang lain membahas tentang kebersihan sekolah. Hal ini menunjukkan ketidakpaduan, maka harus dihilangkan.

Soal Nomor 4

Bacalah kalimat berikut!
Rina sudah yatim piatu karena orang tuanya wafat dalam kecelakaan.

Penggunaan kata wafat pada kalimat tersebut tidak tepat karena kata wafat....

a. digunakan untuk orang yang berjasa.
b. mempunyai makna tidak sopan
c. mempuanyai makna penyesalan mendalam
d. melambangkan kesedihan yang mendalam

JAWABAN: A

Pembahasan: Penggunaan kata wafat layak digunakan untuk orang-orang yang dihormati oleh lingkungan. Misalnya punya jasa terhadap pendidikan dan memimpin masyarakat. Atau para pemimpin negara, bisa digunakan kata wafat. Misalnya, Soekarno lahir di Surabaya dan wafat di Jakarta.

Soal Nomor 5

Bacalah paragraf berikut!
Kebersihan lingkungan tidak akan sulit diterapkan apabila kita membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Budaya hidup bersih dan sehat aan mendatangkan banyak manfaat bagi manusia. Kita dapat menjalankan aktiitas hidup yang sehat dan produktif sehingga pada akhirnya menggapai kesuksesan. Penerapan pola hidup sehat dapat dimulai dari lingkungan keluarga.

Ide pokok paragraf tersebut adalah....

a. penerapan kebersihan lingkungan.
b. manfaat budaya hidup sehat bagi manusia
c. aktivitas hidup sehat mendukung kesuksesan
d. tempat penerapan pla hidup sehat

JAWABAN: A

Pembahasan: Ide pokok sebuah paragraf terletak pada kalimat utama. Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada kalimat pertama. Kalimat pertama dianggap sebagai kalimat utama karena menjadi pokok pembahasan dan dijelaskan oleh kalimat kedua, ketiga, dan keempat. Kalimat pertama membahas penerapan kebersihan, kalimat selanjutnya berisi alasan mengapa perlu menerapkan kebersihan, karena banyak manfaat, membantu kesuksesan, dan bisa dimulai dari lingkungan keluarga.

Soal Nomor 6

Bacalah kalimat berikut!
Rumah pejabat baru dibangun dengan sangat mewah.

Kalimat tersebu tidak efektif karena....

a. tidak memiliki subjek
b. predikatnya kata kerja pasif
c. memiliki makna ganda
d. tidak diserta keterangan tempat

JAWABAN: C

Pembahasan: Kalimat tersebut memiliki dua kemungkinan makna dikarenakan adanya kata 'baru'. Dalam kalimat di atas, kata 'baru' bisa berkaitan dengan pejabat, atau kata dibangun. Jadi, bisa jadi pejabatnya yang baru, ataukah rumah yang baru dibangun. 

Soal Nomor 7

Bacalah teks berikut!
Bagi anak-anak, bermain merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, bermain dapat digunakan untuk melatih otak si kecil agar siap belajar. Belajar pun bisa menangani emosi. Hal ini dapat diibaratkan otot, kalau tidak dilatih tidak akan terbentuk. Permainan memiliki banyak manfaat bagi anak dalam usia perkembangan.

Simpulan isi teks tersebut adalah....

a. Bermain tak punya kaitan dengan kecerdasan anak.
b. Setiap anak usia perkembangan perlu diberikan permainan.
c. Permaian dapat memengaruhi kondisi emosional anak.
d. Permainan hanya membuat anak menjadi senang semata.

JAWABAN: B

Pembahasan: Paragraf di atas membahas tentang manfaat permainan bagi anak. Karena banyak manfaatnya, maka seorang anak perlu diberi permainan agar bisa memberikan manfaat yang besar bagi otaknya.

Nah, cara menentukan kesimpulan dalam sebuah paragraf harus dilakukan dengan cara menemukan 'tindak lanjut' yang diinginkan dari sebuah isi paragraf.

Soal Nomor 8

Bacalah kalimat berikut!
Tarip data internet operator di Indonesia masih termurah setelah India, klaim ini berdasarkan pengalaman dengan operator luar negeri.

Perbaikan penulisan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut adalah....

a. tarip seharusnya tarif
b. operator seharusnya operathor
c. internet seharusnya inthernet
d. klaim seharusnya kleim

JAWABAN: A

Pembahasan: penulisan kata yang tidak tepat karena penggunaan huruf yang salah. Maka, diperlukan pengetahuan tentang kata baku. Kata baku dapat dilihat di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Soal Nomor 9

Bacalah kalimat berikut!
Di daerah Tasikmalaya, mereka mempelajari pembuatan gula Jawa.

Penulisan huruf yang salah pada kalimat tersebut terdapat pada kata ....

a. daerah
b. Tasikmalaya
c. gula
d. Jawa

JAWABAN: D

Pembahasan: Kata 'jawa' dalam kalimat di atas bukan nama geografi, sehingga tidak perlu huruf kapital. Sama halnya dengan 'jeruk bali' dan 'apel malang'. Sama halnya dengan gula pasir, gula merah, gula aren, gula jawa. 

Soal Nomor 10

Bacalah teks berikut!
(1) Meski pasar resmi tutup pukul 17.00 WIB, dinamika pedagang tidak berhenti pada jam itu. (2) Bagian depan pasar masih menawarkan berbagai macam makanan khas.  (3) Martabak dengan berbagai isinya, terang bulan yang legit bercampur cokelat dan  kacang, serta klepon isi gula jawa yang lezat bisa dibeli setap sorenya; (4) Begitu pula minuman tradisional: bandrek, bir pletok, lahang, bajigur, wedang jahe, dan jamu.

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut ditandai dengan nomor....

a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

JAWABAN: D

Pembahasan: Pada kalimat keempat, terdapat tanda baca titik dua (:), penulisannya salah karena perinciannya dalam satu kalimat tidak perlu menggunakan titik dua (:).


1 komentar untuk "Pembahasan Soal UN Bahasa Indonesia SMP/MTs 2018 (Tahun Pelajaran 2017-2018)"