Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Assalamualaikum | Penjelasan dan Penggunaannya

Tentu kita semua pernah bahkan sering menggunakan ucapan salam. Ada yang mengucapkan salam dengan menggunakan kata pentunjuk waktu misalnya: selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam. Kata pagi, siang, sore, dan malam merupakan kata keterangan waktu.

Ucapan yang sering digunakan oleh penutur bahasa Indonesia adalah assalamualaikum. Salam ini merupan salam yang identik dengan laras keagamaan, khususnya agama Islam. Memang, ucapan salam berupa assalamualaikum ini merupakan doa yang dicontohkan oleh Nabi.


Arti Assalamuaaikum dan Jawabannya


Dalam ajaran Islam, menjawab salam hukumnya wajib minimal sama persis dengan ucapan salamnya. Lebih baik jika dilebihi. Misalnya, si A mengucapkan salam kepada si B. Assalamualaikum, maka B minimal menjawab Waalaikumsalam. Lebih baik jika dilebihi waalaikumsalam warahmatullah. Lebih baik lagi jika lengkap waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh.

Berikut ini arti ucapan salam assalamualikum (السلام عليكم)

Assalamualikum السلام عليكم  terdiri atas tiga kata dasar yaitu salama (سلم); ala (على) dan bentuk terikat kum (كم).

Salama adalah kata dasar yang artinya selamat atau kebaikan. Sementara ala memiliki arti ingatase (dalam bahasa Jawa), adalah preposisi ke atau menuju dalam bahasa Indonesia. Sementara kum (كم) merupakan kata ganti orang kedua (lawan bicara) jamak: kamu sekalian atau kalian.

Jadi, arti assalamualaikum adalah keselamatan kepada kalian. Penerjemahan secara istilah adalah (semoga) keselamatan menyertai kalian. Penggunaan arti kalian bisa sesuai dengan konteks penggunannya. Jika lawan bicaranya (yang disalami) hanya satu orang, maka arti assalamualaikum adalah (semoga) keselamatan menyertaimu.

Warahmatullahi (ورحمة الله)

Kata warahmatullahi juga terdiri dari tiga kata, yaitu kata wa (و); rahmat (رحمة); dan Allah. Kata wa adalah kata hubung yang berarti dan. Jadi artinya: dan rahmat Allah

Wabarakatuhu (وبركاته)

Sama halnya denan ati warahmatullahi, kata wbarakatuhu juga terbentuk dari tiga unsur utama yaitu wa athaf (kata hubung); barakah; dan kata ganti orang ketiga –Nya. Dalam bahasa arab kata ganti disebut domir, yaitu kata ‘hu’. Jadi artinya: dan barakah-Nya (Allah).

Jika diartikan secara keseluruhan arti assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh adalah:

“Semoga keselamatan menyertaimu, juga disertai rahmat Allah, serta bararakah dari Allah.”

Ini adalah arti lengkapnya. Adapun arti jawaban salam: Walaikumsalam artinya juga sama. Yaitu وعليكم السلام jika ditransliterasikan ke dalam bahasa Indonesia secara detil maka harus dibaca walaikuMUSsalam. Ada sebagian guru ngaji yang memarahi muridnya karena mengucapkan walaikumsalam bukan walaikumussalam. Jika standar yang digunakan adalah tata bunyi (tajwid) bahasa Arab maka haus dibica kumussalam, tetapi walaikumsalam sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia (bisa dilihat di kamus besar bahasa Indonesia tertulis ‘walaikumsalam’.

Adapun arti walaikumsalam adalah ‘dan semoga tercurahkan pula kepadamu keselamatan’

Demikian penjelasan arti assalamualaikum dan ucapan salam lainnya. Semoga bermanfaat.


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Posting Komentar untuk "Arti Assalamualaikum | Penjelasan dan Penggunaannya"