Soal Try Out UN SMP Bahasa Indonesia Nomor 21-30

Berikut ini adalah Soal Uji Coba Bahasa Indonesia Kabupaten Jember pada 3 April 2017. Disertai dengan kunci Jawaban dan Pembahasan Soalnya.


Nomor 21
Bacalah kedua teks cerpen berikut dengan cermat!

Teks 1
Ari, seorang remaja berusia 17 tahun dari keluarga sederhana dalam kehgigihannya untuk mewujudkan cita-citanya degnan harapan dia mampu membuat kedua orang tuanya bangga dengannnya.
Ari lulus sekolan lanjutan tingkat akhir (SLTA) di usianya yang ke 16 tahun. Keinginan untuk melanjutkan pendidikan di perguran tinggi harus tertunda lantaran dia tidak memiliki uang ntuk biaya strudi di perguran tinggi.Demi mewujudkan harapannya untuk melanjtkan pendidikannya Ari mau malang melintang memperjuangkan keinginannya tersebut.


Teks 2
Cuaca petang itu sungguh damai sekali. Kedengaran suara beburung berkicauan. Sekali sekala terasa angin sepoi-sepoi bahasa menyapa kulit wajahku. Pohon-pohon kelihatan meliuk-liuk ditiup angin menghasilkan gemersik bunyi dedaunan bergeseran sesama sendiri seolah-olah gembiri degnan kehadiaran sang angin itu. Hatiku yang berkecamk sebentar tadi kembali tenang. Angin petang itu laksana launan merdu yang membelai-belai jiwaku. Kekusutan pun segera hilang dari mindaku.
Kulihat dada langit. Kelihatan sinaran merah menunjukkan sang mentari mulai terbenam. Tahulah aku yang hari sudah lewat petang. Sebentar lagi azan magrib akan berkumandang dari surau berhampiran.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks cerpen tersebut adalah....
a. Teks 1: dimulai dengan penggambaran nasib tokoh; Teks: 2: dimulai dengan bahasa yang sulit dipahami.
b. Teks 1: dimulai dengan penggambaran tokoh; Teks 2: dimulai dengan penggambaran latar cerita.
c. Teks 1: Dimulai dengan uraian aksi tokoh cerita; Teks 3: dimulai dengan uraian lokasi asal cerita.
d. Teks 1: Dimulai dengan garis besar kegiatan tokoh; Teks 2: dimulai dengan konflik batin.

Jawaban: B

Pembahasan:
Teks cerita 1 diawali dengan penggambaran tokoh Ari. Digambarakan sebagai tokoh yang masih muda berusia 17 Tahun. Sementara teks cerita 2 dimulai dengan penggambaran latar cerita. Latar  susana dan latar waktu, yaitu petang.
Soal Try Out UN Bahasa Indonesia dan Pembahasannya

Soal Nomor 22
Bacalah kutipan dua teks berikut dengan cermat!

Teks 1
Si Kancil dan kura-kura sudah lama bersahabat. Pada suatu hari mereka pergi menangkap ikan di suatu danau. Berjumpalah si kancil dan kura-kura dengan seekor kijang. Kijang ingin ikut serta. Lalu si kancil, kura-kura, dan kijang pergi bertiga.
Sampailah mereka di sebuah bukit, si kanci, kura-kura, dan kijang bertemu dengan seekor rusa. Rusa juga ingin ikut. Segeralah rombongan rusa bergabung dalam rombongan.

Teks 2
Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Mereka bernama Kanca dan Manggut. Kedua ekor kancil itu bersaudara. Manggut adalah kaka dari Kanca. Sebaliknya, Kanca adalah adik dari Manggut. Walaupun mereka bersaudara, tetapi sifat mereka sangatlah berbeda. Kanca rajin dan baik hati. Sedangkan Manggut pemalas dan suka menjahili teman-temannya.
Pada suatu hari Manggut kelaparan, tetapi Manggut malas mencari makan. Akhirnya Manggut mencuri makanan Kanca.

Perbedaan pola pengembangan kedua teks fabel tersebut adalah....
a. Teks 1: dimulai dengan uraian latar cerita; Teks 2: Dimulai dengan uraian sifat tokoh-tokohnya.
b. Teks 1: dimulai dengankonflik antartokoh; Teks 2: Dimulai dengan penampilan masalah dalam cerita
c. Teks 1: dimulai dengan uraian sifat tokoh-tokohnya; Teks 2: Dimulai dengan uraian lokasi asal cerita.
d. Teks 1: dimulai dengan penampilan tokoh-tokohnya; Teks 2: dimulai dengan uraian sifat masing-masing tokoh.

Jawaban: D

Pembahasan
Teks fabel pertama diawali dengan penjelasan si kancil dan kura-kura yang bersahabat. Berarti ini merupakan sifat tokoh yang baik karena besahabat. Teks fabel kedua diawali dengan kalimat:  Di hutan hiduplah dua ekor kancil. Maka jelas ini merupakan uraian tetang lokasi atau tempat. Yaitu di Hutan.

Soal Nomor 23
Bacalah kedua teks berikut dengan cermat!

Teks 1
Di pagi yang permai itu, perlahan-lahan aku mengorak langkah ke sekolah yang terletak agak jauh dari rumahku. Langkah ku atur dengan berhati-hati di jalan bertanah merah yang penuh dengan batu0batu kerikil tajam itu. Bimbang  jika tersilap langkah, kaki tersandung dek batu itu. “Mahu cium tanah aku nanti,” getusku di dalam hati. Seawal pukul 6 pagi aku sudah mula mengorak langkah ke sekolah. Begitulah rutinku stiap hari melainkan pada hari cuti. Tetapi jika ada tausyen, terpaka jugalah aku merentasi jalan itu. Bukannya aku tidak mahu membeli basikal.

Teks 2
Hujan punya cerita tentang kita.
“Dit, kamu tau Ara mau pindah?” pertanyaan Regi spontan membuatkau kaget.
“Nggak lucu tau bercandamu...,” kataku.
“Serius Dit, dia mau pindah ke Palembang. Aku aja baru tahu dari Rena tadi. Katanya lusa dia berangkat,” Regi mencoba meyakinkanku.
“Kok dia nggak cerita sama aku yah?” Tanyaku jpada diri sendiri.
“Thanks ya Gi infornya, aku mau ke rumah Ara dulu.

Perbedaan penggunaan bahasa kedua teks tersebut adalah....

a. Teks 1: menggunakan bahasa yang romantis yang indah; Teks 2: menggunakan bahas gaul mudah dipahami.
b. Teks 1: banyak menggunakan bahasa melayu; Teks 2: menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami.
c. Teks 1: bahasa yang digunakan sulit dipahami; Teks 2: bahasa remaja membuat kita lebih terhibur.
d. Teks 1: menggunakan bahasa Indonesia lama; Teks 2: bahasa campuran lebih menghibur.

Jawaban: D

Pembahasan
Dalam teks cerita di atas, bahasa yang digunakan berbeda antara teks 1 dan teks 2. Dalam teks cerita 1, bahasa yang digunakan adalah bahasa Indonesia lama. Bahasa Indonesia lama identik dengan bahasa Melayu. Jadi, ada beberapa kata yang mirip dengan Bahasa Melayu antara lain: mahu; mula. Teks cerita 2 menggunakan bahasa campuran. Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan bahasa pergaulan sehari-hari. Jadi dalam teks cerita tersebut ditemukan kata: tau, aja; nggak merupakan kata pergaulan sehari-hari. Juga ada kata thanks dalam kalimat “Thanks ya Gi....” merupakan bahasa Inggris.

Soal Nomor 24
Baccalah teks berikut dengan cermat!
(1) Ia Cuma berdiir terpaku di depan tukang loak itu. (2) Dilihatnya di keranjang tukang loak itu sepasang sandal jepit kecil yang sudah bekas pula. (3) Nampaknya hanya ini yang bisa dibelinya.
(4) Lalu dengan keberanian yang luar biasa, ditanyakannya berapa harga sandal jepit bekas itu.
“Dua ratus rupiah,” jawab tukang loak dengan acuh tak acuh.

Kalimat yang membuktikan latar cerita tersebut ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: A

Pembahasan:
Latar cerita yang terdapat dalam teks cerita di atas adalah latar tempat. Latar tempat terdapat pada kalimat (1) ditunjukkan dengan kata di depan. Lengkapnya: Ia Cuma berdiri tepaku di depan tukang loak itu. Jadi, tempat peristiwanya adslah di depan tukang loak.

Soal Nomor 25
Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1) Usaha Fatimah untuk menasiehati Alya putus sudah. (2) Harapan satu-satuna yang diharapkan oleh teman-temannya tak dapat dipenuhi. (3) Fatimah sudah kehilangan akal untuk mengembalikan Alya berkumpul dengan teman-temannya gagal togal. (4) Alya tetap beriskukuh kepada pendirian bahawa teman-temannya harus meminta maaf kepadanya jika mereka menginginkan ia kembali lagi seperti semua.

Kalimat yang menandakan bahwa watak Alya keras kepala ditandai dengan nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: D

Pembahasan
Watak keras kepala adalah watak yang tidak mau mengalah dan maunya menang sendiri. Segala yang diinginkan harus dipenuhi tanpa memikirkan risiko dan pendapat orang lain. Alya berwatak seperti itu ditanda dengan adanya pernyataan: Alya bersikukuh kepada pendirian .....

Bersikukuh pada pendirian merupakan istilah lain keras kepala, tidak mau mendengar ucapan orang lain.

Soal Nomor 26
Bacalah teks berikut dengan cermat!
Ibu.. ibu... ibu...! Mengapa ayah mengatakan aku anak ikan! Benarkah itu ibu?
Ibu samosir sungguh terkejut. Tubuhnya lunglai. Menggigil gemetar, menahan duka yang amat sangat.
Anakku Samosir, pergilah ke atas bukit di sana, nak. Namun, ingatlah senantiasa aku ini ibumu, kata ibu samosir mengingatkan anaknya. Ooo.. Sang Pemilik Hidup, suami hamba telah melanggar sumpahnya. Sekarang aku pun akan kembali ke alamku!
Tiba-tiba langit mendung, lalu hujan turun sangat deras, petir menyambar-nyambar, guruh menggelegar. Si wanita lenyap, kembali ke alamnya. Dari bekas telapak kakinya memancar mata air besar, menggenaangi darata luas hingga menjadi danau luas dan indah yang dikenal dengan danau Toba.

Komentar yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah....
a. pelanggaran sumpah Ayah samosir berakibat petaka.
b. Ibu samosir senantiasa melindungi anak yang ia sayangi.
c. Samosir tak seharusnya melanggar sumpah kepada ibunya.
d. Pesan Ibu samosir kepada Samosir harus ditepati.

Jawaban: A
Pembahasan
Samosir mengetahui bahwa dirinya anak ikan dari ayahnya. Sesuai dengan percakapan sang ibu, “Ooo suami hamba telah telah melanggar sumpahnya.”. Jadi yang melanggar adalah ayah samosir. Akhirnya, pelanggaran ayah samosir mengakibatkan petaka berupa banjir besar yang menjadi asal-usul danau Toba.

Soal Nomor 27
Cermatilah kalimat rumpang berikut dengan cermat!
Upaya mendekatkan lokasi tempat tinggal dengan lokasi kegiatan merupakan salah satu .... yang dapat dilakukan dalam mengatasi kemacetan.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
a. solusi
b. alternatif
c. pemikiran
d. perkiraan

Jawaban: A

Pembahasan:
Solusi adalah kata yang paling tepat karena yang sedang dibicarakan adalah cara mengatasi kemacetan. Cara mengatasi berarti solusi.

Soal Nomor 28
Perhatikan ilustrasi berikut dengan cermat!
Mengamati pohon jeruk nipis
1. Tinggi pohon 3,5 meter
2. Batangnya bulat berduri
3. Bentuk daun elips, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit
4. Panjang daun 2,5 – 9 cm, lebar 2 – 5 cm
5. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5 – 9 cm dan lebar 2-5 cm

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut yang tepat adalah ....

a. Buah jeruk nipis dapat digunakan untuk merawat kesehatan. Salah satunya untuk rambut kita. Selain itu, sekligus juga untuk mengatasi beberapa masalah seperti kulit kepala berminyak, rambut berketombe, rambut rontok, dan rambut yang susah diatur. Caranya cukup sederhana, yaitu meembasuh rambut dengan air hangat yang telah dicampur dengan perasaan jeruk nipis.
b. Buah jeruk nipis itu rendah kalori. Ia menjadi bahan yang sempurna bagi mereka yang belebihan ukuran badan. Sebagai gambaran, jika rutin mengonsumsi air hangat yang telah dicampur dengan perasan air jeruk nipis, lemak di tubuh akan terkikis. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk minum air hangan dengan campuran jeruk nipis.
c. Pohon jeruk nipsi ternyata memiliki banyak manfaat. Selain untuk obat-obatan, jeruk nipis juga dapat digunaan sebagai bahan campuran untuk sambal dan kuah soto. Caranya pilih jeruk nipis yang masih segar lalu belah menjadi dua dan peras di atas sambal dan kuah soto. Selamat menikmati sambal segar dengan perasan jeruk nipis.
d. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3,5 m. Batang berkayu berbentuk bulat berduri berwarna putih kehijauan. dAn majemuk, berbentuk elips atau bulat telur, pangkal membualat, ujung tumpul, tepi berringgit. Panjang daun 2,5-9cm, lebar 2-5 cm. Pertulangan daun menyirip, panjang tangkai 2,5-5 mm, bersayap, dan berwarna hijau.

Jawaban D

Pembahasan
Teks tersebut yang sesuai dengan data di atas.

Soal Nomor 29
Cermatilah Teks berikut dengan seksama!
Di dataran rendah yang kering, tanaman mangga dapat menerima sinar matahai selama 12 jam penuh sepanjang tahun. (.....) Semakin intensif sinar matahari, semakin manis buah yang dihasilkan. Dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman mangga dapat leluasa membentuk karbohidrat dan gula.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....

a. Sinar matahai berperan dalam penyerbukan bunga.
b. Sinar matahari berguna bagi penyuburan tanaman.
c. Sinar matahari membantu dalam penyebaran buah.
d. Sinar matahari berperan untuk pembentukan buah.

Jawaban: D

Pembahasan
Yang dibahas dalam teks di atas adslah tentang sinar matahari dan pmbentukan buah. Dalam contohnya adalah buah mangga. Maka kalimat yang paling sesuai dengan keseluruhan paragraf adalah kalimat D.

Soal Nomor 30
Bacalah teks berikut dengan seksama!
Puisi-puisi di dalam buku ini banyak bercerita tentang tema pendidikan. Penulis terinspirasi ketika menatap wajah para siswa yang lugu, polos, tak berdosa. Selain itu, penulis banyak mengungkapkan sesuatu yang sesuai dengan gejala alam yang senantiasi melingkupi kehidupannya.
[...]
Puisi-puisi di buku ini diperuntukkan bagi pembaca khususnya siswa SMP dan SMA. Hal ini mengingat kebutuhan akan buku-bukukumpulan puisi yang layak dijadikan sebagai bukupelengkap bahan ajar sangat tinggi.
Banyak bukupuisi yang terbit, tetapi tidak sebanyak buku-buku yang layak dibaca untuk siswa SMP dan SMA. Terbitnya buku puisi karya Darmawati ini, diharapkan dapat memenuhi keubuthan bahan bacaan sastra di sekolah. Puisi-puisi di dalam buku ini sederhana tetapi memiliki kedalaman makna.
Teks yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah....

a. Puisi ‘Ragaku’ merupakan salah satu puisi karya Tri Oktiana. Puisi ini cukupunik. Pemilihan diksi yang sederhan tidak membuat makna yang timbul terasa hambar, datar, atau kurang menarik. Namun justru sebaliknya. Puisi ini seperti sebuah sumur di tengah padang pasir.

b. Buku puisi ini sangat membantu bagi guru-guru untuk mengajarkan bahan pembelajaran puisi. Hanya sangat disayangkan, buku puisi ini tidak dilengkapi dengan ilustrasi gamar. Meskipun demikian, puisi-puisinya mudah dipahami dan dikemas dalam bentuk untaian larik yang sederhana.

c. Penulis novel ini dengan cerdas mengambil sesuatu yang beda demi menyampaikan pesan tentang keagungan Tuah. Manusia memang tidak ada apa-apanya. Manusia tidak akan menajdi ‘kuat’, kaya, pintar, hebat, dan lain sebaginya, apabila Tuhan tak berkehendak padanya untuk menjadi demikian.

d. Namun sebagian dari manusia berbuat banyak kerusakan, sementara hati tak sadar tentang siapa diri mereka dan siapa yang menciptakan mereka. Mereka berpikir seolah bebas berbuat apa-apa. Padahal dalam ketidakpastian macam itu, kekuasaan Tuhan tak dapat diragukan lagi.

Jawaban: B

Pembahasan

Yang sedang dibahas adalah buku kumpulan puisi. Jadi Jawaban C salah karena membahas tentang Novel. Sementara jawaban D salah karena membahas tentang sifat mausia dan hubungannya dengan tuhan. Jawaban A salah karena ‘hanya’ membahas sebuah puisi. Maka yang paling tepat adalah jawaban B.

Soal Try Out UN SMP Bahasa Indonesia Nomor 21-30  Soal Try Out UN SMP Bahasa Indonesia Nomor 21-30 Reviewed by Muntijo & Nay on 08:13:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting