Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Contoh Soal Kalimat Efektif | Pembahasan Soal Kalimat Efektif dalam Try Out (Uji Coba) UN Bahasa Indonesia SMP

Soal Berikut ini Lebih Banyak Berupa Soal Kalimat Efektif. Terdapat pada Soal Nomor 31-40 Uji Coba UN SMP Kabupaten Jember.

Soal Nomor 31
Bacalah teks berikut!
Kaupu-kupu dan rama-rama merpakan serangga yang tergolong ordo serangga bersayap sisik. Hewan ini memiliki sayap indah dan banyak motif serta memiliki beragam warna. Hewan ini sering hinggap di antara bunga-bunga untuk mengisap madu dan membantu penyerbukan. Hewan ini mengalamai fotosintesis sempurna.


Perbaikan istilah fotosintesis pada teks tersebut adalah....
a. Adaptasi
b. Mimikri
c. Kepompong
d. Metamorfosis

Contoh Soal Kalimat Efektif dalam Try Out UN SMP Bahasa Indonesia 2017


Jawaban: D

Pembahasan:
Kalimat ‘Hewan ini mengalami fotosintesis sempurna’ mengandung kata ganti. Yang dimaksud dengan hewan ini adalah kupu-kupu dan rama-rama. Kupu-kupu adalah hewan yang mengalami proses perubahan bentuk dari telur hingga dewasa mengalami perubahan bentuk yang mencolok. Jadi istilah yang paling tepat adalah metamorfosis.
Fotosintesis adalah proses ‘memasak’ makanan yang terjadi pada tumbuhan dengan zat hijau daun.
Adapatasi adalah proses menyesuaikan diri.
Mimikri adalah proses memutuskan ekor untuk mempertahankan diri dari serangan pemangsa.

Soal Nomor 32
Perhatikan kalimat berikut ini dengan cermat!

Aku pergi ke pasa, kemudian aku pergi ke rumah teman untuk bermain sepak bola.

Perbaikan kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah....
a. Aku pergi ke pasar dan rumah teman untuk bermain sepak bola.
b. Aku pergi ke pasar, kemudian ke rumah teman untuk bermain sepak bola.
c. Aku ke pasar dan pergi ke rumah teman untuk bermain sepak bola.
d. Aku pergi ke pasar kemudian aku ke rumah teman ntuk bermain sepak bola

Jawaban: B

Pembahasan
Kalimat dalam soal tidak efektif karena ada pengulangan subjek dan predikat. Subjek ‘aku’ dan predikat ‘pergi’ cukup digunakan satu kali saja. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D. Jawaban A salah karena konjungsi yang digunakan adalah ‘dan’. Dalam soal konjungsinya adalah ‘kemudian’. Konjungsi ‘dan’ memiliki makna sekaligus dalam satu waktu, sementara konjungsi ‘kemudian’ memiliki makna ‘setelah itu’.

Soal Nomor 33
Perhatikan fakta berikut dengan cermat!
1. Pemberlakuan larangan parkir di sepanjang jalan protokol Palembang.
2. Empat puluh pengendara modil melanggar.
3. Dilakukan penggembokan ban kendaraan.

Tek laporan yang sesuai dengan fakta teresbut adalah....
a. Larangan parkir di sepanjang jalan protokol telah diberlakukan. Kenyataannya masih banyak mpengendara yang melanggar. Hal ini terbukti bahwa hampir setiap hari anggota Dinas perhubungan melakukan penggembokan ban kendaraan yang parkir di tempat terlarang.

b. Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang telah menetapkan larang parkir di jalan protokol. Namun, pengendara masih banyak yang melanggar aturan tersebut. Buktinya, puuhan kendaraan setiap hari terkena razia.

c. Larangan parkir di sepanjang jalan protokol Palembang sudah diberlakkan. Akan tetapi, pelanggaran oleh empat puluh mobil pun masih terjadi. Petugas melakukan penggembokan ban kendaraan yang diparkir di tempat itu.

d. Walaupun ada larangan parkir di sepanjang jalan protokol Kota Palembang, masih banyak pengendara yang melanggar aturan tersebut. Hal ini terbukti terdapat puuhan kendaraan baik roda dua maupun roda empat dikenakan gembok ban oleh petugas Dinas Perhubungan Kota Palembang.

Jawaban: C

Pembahasan
Informasi yang paling sesuai dengan fakta dalam soal adalah jawaban C. Jawaban D dan A memungkinkan benar, akan tetapi pada jawaban A, tidak ada data jumlah kendaraan yang melanggar dan digembok. Untuk jawaban D, yang digembok adalah roda empat dan roda dua, padahal dalam data fakta hanya kendaraan roda empat atau mobil.

Soal Nomor 35
Perhatikan kalimat berikut dengan seksama!
(1) Kemarin siang telah (2) terjadi tabrakan beruntun (3) di mana melibatkan lima kendaraan dan (4) mengakibatkan dua orang penumpang luka berat.

Penggunan kata yang tidak tepat pada kalimat tersebut ditandai nomor....
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)

Jawaban: 3

Pembahasan
Kata di mana adalah kata tanya. Tidak seharusnya digunakan untuk menunjukkan lokasi yang yang sudah jelas. Seharusnya kata di mana itu diganti dengan kata yang. Jadi: “Kemarin siang telah terjadi tabrakan beruntun yang melibatkan lima kendaraan dan mengakibatkan dua orang penumpang luka berat.

Kata di mana dalam kalimat di atas merupakan infiltrasi dari bahasa Inggris: where. Memang secara harfiah kata tersebut dalam penggunaannnya berarti di mana. Tetapi dalam konteks kalimat bahasa Indonesia yang benar adalah yang.

Soal Nomor 37
Cermatilah kalimat berikut dengan cermat!

Namun, seiring dengan perjuangan dan kerja keras tanpa henti, Andra mampu meraih sukses [...] memoar kisah masa kecilnya yang penuh dengan keperihatinan.

Kata berimbuhan yang tepat yntuk melengkapi kalimat tersebut adalah....

a. penulis
b. pembuat
c. penyusun
d. pengarang

Jawaban: A

Pembahasan
Memoar adalah kisah nyata. Jadi, yang paling tepat adalah A. Penulis. Andrea ‘hanya’ menulis. Tidak perlu mengarang. Karena kisahnya ditulis dalam bentuk novel. Jadi, dalam bentuk tulisan.

Soal Nomor 38
Cermatilah kalimat berikut dengan baik!

Hiu dengan buasnya melahap ikan-ikan yang besar lalu lumba-lumba hanya memakan ikan-ikan kecil yang berada di dekatnya.

Perbaikan kata yang ditulis miring pada kalimat tersebut agar menjadi kalimat efektif adalah....

a. daripada
b. walaupun
c. kemudian
d. sedangkan

Jawaban: D

Pembahasan
Kalimat pada soal di atas merupakan kalimat majemuk dengan subjek yang berbeda tetapi tidak berlawanan. Jadi, kata hubung yang paling tepat adalah ‘sedangkan’.

Soal Nomor 39
Perhatikan teks berikut dengan cermat!

(1) Musim hujan telah tiba. (2) Anak-anak tetap bersekolah walaupun hujan. (3) Mereka menggunakan payung dan ada pula yang menggunakan mantel. (4) Dick pun bawa payung ke  sekolah.

Perbaikan kalimat (4) agar menjadi kalimat efektif adalah ....

a. Dicky membawa ke sekolah pun payung.
b. Payung Dicky pun membawa ke sekolah.
c. Dick pun membawa payung ke sekolah.
d. Payung pun membawa Dicky.

Jawaban: C

Pembahasan
Kalimat Dicky pun bawa payung ke sekolah memiliki susunan yang sudah tepat. Yaitu Subjek (partikel: pun), Predikat, Objek, dan keterangan. Akan tetapi ada kesalahan berupa kata bawa. Seharusnya kata tersebut berimbuha me- menjadi membawa. Maka jawaban yang paling tepat adalah C.

Soal Nomor 40
Bacalah teks berikut dengan cermat!
(1)  Kabupaten Jember banyak menyimpan destinasi wisata. (2) Pantai Watu Ulo, Tanjung Papuma, Teluk Love, pemandangan alam Puncak Rembangan, dan lain-lain merupakan tujuan wisata di Kabupaten Jember. (3) Para wisatawan banyak berkunjung ke temapt-tempat wisata tersebut. (4) Kunjungan para wisatawan merugikan masarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember karena merusak fasilitas dan infrastruktur tempat wisata tersebut.

Perbaikan kesalahan ketidakpaduan kalimat (4) pada teks tersebut adalah....

a. Kunjungan wisatawan membawa dampak negatif bagi masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember karean tidak menghasilkan keuntungan.

b. Kunjungan wisatawan menguntungkan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember karena menambah pendapatan asli daerah (PAD) dan menggairahkan perekonomian masyarakat setempat.

c. Kunjungan wisatawan merugaikan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember, tetapi menghasilkan keuntungan.

d. Kunjungan wisatawan menimbulakn kerugian masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Jember karean membawa pengaruh negatif.

Jawaban: B

Pembahasan

Jawaban yang paling tepat adalah B karena kunjungan wisatawan yang meningkat mendatangkan keuntungan pula bagi masyarakat sekitar karena roda perekonomian terdongkrak oleh wisatawan. Orang di sekitar wisata bisa memanfaatkan momen dengan berjualan. Pendapatan Pemerintah Kabupaten juga meningkat karena wisatawan membayar retribusi (karcis) yang masuk ke pendapatan pemerintah kabupaten.

Baca Lanjutan Soal Tentang Tanda Baca dan Huruf Kapital

2 komentar untuk "Contoh Soal Kalimat Efektif | Pembahasan Soal Kalimat Efektif dalam Try Out (Uji Coba) UN Bahasa Indonesia SMP"