Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2013 (K13) | Ranah dan Pengertiannya

Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2013 (K13) | Ranah dan Pengertiannya


Standar Kompetensi Lulusan alias SKL yang diharapkan dalam muatan Kurikulum 2013 mencakup tiga ranah. Yaitu setiap siswa memiliki kecakapan dalam ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan.

Penjelasan lengkap tentang ranah penilaian kurikulum 2013 yaitu ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan akan disampaikan sebgai berikut. 


SIKAP

Pengertian Sikap

Meliputi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial. Sikap spiritual adalah ranah kompetensi yang dimiliki oleh lulusan yang bisa mememiliki rasa kepercayaan dan ketaatan (ketakwaan) sesuai dengan ajaran agama yang dianut.

Sikap Sosial adalah kecakapan atau kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh lulusan yang berkaitan dengan hubungan dengan sesama manusia. Sesama teman dan orang lain. Contoh sikap sosial antara lain, menghargai perbedaan, saling tolong menolong, dan sebagainya.

Meskipun dalam aplikasinya, tidak bisa dibedakan secara mutlak antara sikap sosial dan sikap spiritual. Keduan saling beririsan. Misalnya, sikap tanggung jawab, seorang hamba Tuhan harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga terhadap orang lain, sesuai dengan ajaran agama.

RANAH PENGETAHUAN

Ranah pengetahuan dalam SKL Kurikulum 2013 meliputi empat jenis pengetahuan yaitu Pengetahuan Faktual; Pengetahuan Konseptual; Pengetahun Prosedural; Pengetahuan Metakognitif.

Pengetahuan adalah kemampuan berpikir yang berkaitan dengan kecerdasan koginitif. Yaitu pengetahuan tentang konsep dan teori tentang konsep.

Pengertian Pengetahuan Faktual
Pengetahuan faktual adalah pengetahuan yang berkaitan dengan fakta sekitar peserta didik. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia misalnya, peserta didik harus diberikan fakta-fakta yang dapat dirasakan langsung oleh peserta didik. Misalnya pembelajaran tentang Teks Laporan Hasil Observasi, maka mereka (peserta didik) harus diberi teks LHO secara langsung.

Pengertian Pengetahuan Konseptual
Pengetahuan konseptual adalah pengetahuan yang berkaitan dengan teori-teori tentang fakta yang sebelumnya sudah dipelajari. Misalnya dalam pembelajaran materi Teks Cerita Fantasi, maka teori-teori tentang teks Cerita Fantasi merupakan pengetahuan konseptual. Pengertian konsep tentang teks yang sedang dipelajari.

Pengertian Pengetahuan Prosedural
Pengetahuan Prosedural adalah pengetahuan tentang cara melakukan sesuatu. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pengetahuan prosedural meliputi pengetahuan tentang ciri dan cara membuat. Misalnya cara menulis teks deskripsi, itu termasuk pada pengetahuan prosedural.

Pengertian Pengetahuan Metakognitif
Pengetahuan Metakognitif berkaitan dengan pemahaman tentang diri. Yaitu tentang kelemahan dan kelebihan diri sendiri tentang pengetahuan sesuatu.  Maksudnya, pengetahuan metakognitif adalah pengetahuan diri sendiri untuk bisa melakukan sesuatu. Pengetahuan metakognitif berhubungan erat dengan keterampilan konkret.

KETERAMPILAN

Keterampilan adalah kemampuan untuk melakukan sesuatu dan berbuat sesuatu. Maka dari itu, orang yang mampu membuat beberapa hal atau suatu hal disebut dengan orang yang terampil. Maka dari itu, keterampilan berkaitan dengan kemampuan gerak motorik.

Jenis keterampilan yang perlu didapat oleh siswa di sekolah untuk memenuhi standar kompetensi lulusan adalah keterampilan konkret dan keterampilan abstak.

Keterampilan Konkret

Keterampilan konkret adalah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan gerak tubuh secara langsung. Misalnya kemampuan memainkan alat musik, merupakan keterampilan konkret. Keterampilan untuk membaca puisi dengan baik adalah keterampilan konkret.

Keterampilan Abstrak

Keterampilan abstrak adalah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan abstrak yang bisa dilakukan oleh siswa. Hal ini sulit diukur. Misalnya keterampilan untuk berpikir praktis yang tidak berbelit. Hal ini merupakan keterampilan abstrak yang memang cara mengukurnya sangat sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan keterampilan konkret yang bisa langsung dipraktikkan dan disimulasikan.

Demikian penjelasan mengeni SKL alias Standar Kompetensi Lulusan yang diharapkan tercapai dalam Kurikulum KTSP 2013 yang lebih dikenal dengan nama K13.


Salam Pustamun!

Posting Komentar untuk "Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2013 (K13) | Ranah dan Pengertiannya"