Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Struktur Teks Prosedur | Jenis dan Penjelasan Strukturnya

Seperti halnya jenis teks yang lain, teks prosedur memiliki struktur juga. Jika teks deskripsi hanya memiliki satu jenis struktur, dan teks fantasi memiliki satu jenis struktur teks. Teks Prosedur memiliki dua jenis struktur teks sesuai dengan jenis strukturnya.

Teks prosedur dalam bahasa Indonesia dibagi menjadi dua jenis utama, yaitu cara membuat dan cara melakukan.


Teks Prosedur cara membuat adalah teks prosedur yang berisi tahapan dan langkah-langkah untuk membuat sesuatu. Maka hasil akhir dari tahapan sebuah teks prosedur adalah sebuah produk. Yang termasuk dalam teks prosedur cara membuat antara lain, resep masakan, cara membuat jamu dan obat tradisional, serta cara membuah hasil karya yang lain.

Teks Prosedur cara melakukan  adalah sebuah teks prosedur yang berisi tahapan untuk melakukan sesuatu tindakan, gerakan, pekerjaan, atau hal. Hasil akhir teks prosedur jika diikuti langkah-langkahnya maka akan menghasilkan 'kemampuan' dan 'ke-bisa-an' yang melakukan. Jadi tidak menghasilkan produk atau barang baru. Tentu struktur ini memiliki perbedaan dibanding struktur teks prosedur cara membuat.

Struktur Teks Prosedur Cara Membuat

Secara mudah, teks prosedur cara membuat dibagi menjadi empat bagian. Empat bagian inilah yang disebut sebagai struktur, yang meliputi:

1) Tujuan
2) Bahan dan Alat
3) Langkah-langkah
4) Penutup

Struktur Teks Prosedur Cara Melakukan Suatu Pekerjaan

Berbeda dengan teks prosedur cara membuat, struktur teks prosedur cara melakukan suatu pekerjaan hanya terdiri dari tiga bagian yaitu:

1) Tujuan
2) Langkah-langkah
3) Penutup

Jadi, antara struktur teks prosedur cara membuat, dan struktur teks prosedur cara melakukan ada perbedaan di bagian bahan dan alat. Teks prosedur cara membuat membutuhkan bahan dan alat. Karena membuat sesuatu maka, bahan dan alat perlu dijelaskan juga.

Meskipun teks prosedur cara melakukan sesuatu acapkali juga memerlukan alat, tetapi tidak memerlukan penjelasan dan bagian khusus untuk mernci alat tersebut.


Misalnya, sebuah teks prosedur yang berjudul Cara Mematikan Komputer dengan Benar pasti membutuhkan alat yang berupa perangkat komputer yang lengkap. Tetapi dalam teks prosedurnya tidak perlu dijelaskan karena semua alat itu sudah dalam kondisi 'normal' dan tidak perlu diolah.

Berbeda dengan teks prosedur cara membuat. Misalnya, dalam teks prosedur cara membuat Obat Tradisional Insomnia. Dalam teks tersebut dibutuhkan bahan berupa daun ilalang. Maka, harus dijelaskan terlebih dahulu dalam struktur teks prosedur yang berupa bahan dan alat. Daun ilalang yang bagaimana yang dibutuhkan dalam proses tersebut, dan seberapa banyak yang dibutuhkan.

Demikian penjelasan tentang struktur teks prosedur yang benar. Semoga dengan mengetahui struktur ini, kita bisa menulis teks prosedur yang benar.

Posting Komentar untuk "Struktur Teks Prosedur | Jenis dan Penjelasan Strukturnya"