Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Grup WhatsApp Forum Guru yang Lulus PPG Dalam Jabatan 2018

Setelah beberapa saat mengunggah tulisan tentang Guru yang Lulus Pretest PPG Tapi tidak punya NUPTK, saya dihubungi oleh salah seorang yang bernasib sama dari Medan. Namanya Rosadi Nainggolan. Karena dia pertama kali yang kirim pesan ke saya, maka saya tanya 'Njenengan Sinten'. Jelas saja dia tidak paham. Orang Batak saya tanya dengan bahasa Jawa, halus pula. Hehehe. Salam Mas Rosadi Nainggolan.

Nah, komunikasi dengan sesama orang yang bernasib sama, yaitu Lulus Pretest PPG tapi tidak punya NUPTK akhirnya berlanjut di grup WhatsApp. Si Rosadi pula yang menawarkan kepada saya untuk masuk ke forum guru yang lulus Pretest PPG. Jadi, para calon peserta PPG DJ alias Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan tahun 2018. 

Sebagai gelombang pertama, tentu masih meraba-raba, apa yang harus dilakukan. Apa yang harus dipersiapkan, Bagaimana proses pemberkasannya. Ke mana berkas harus dikirim. Bagaiamana cara mendaftarnya. Bagaimana cara mendapat NUPTK. Bagaiaman yang tidak punya NUPTK padahal syaratnya adalah NUPTK. Dana masih banayk sekali pertanyaan.

Tentu kami, para guru juga yang ada di forum guru itu tidak bisa menjawab. Pihak terkait, (dinas Pendidikan) juga tidak sepenuhnya paham mengenai program ini. Yang penting dilakukan. Maka dalam grup WhatsApp yang memang tidak resmi itu didiskusikan banyak hal. Mulai dari hal kecil, juga sampai hal besar berkaitan dengan contoh surat, contoh form. Bagaiaman SK. Ada yang bisa memberi solusi, ada yang berbeda-beda. Karena peserta forum adalah orang dari seluruh Indonesia. Ada yang dari Jawa, ada yang dari sumatera, ada yang dari Sulawesi.

Jadi, sambung menyambung menjadi satu. Itulah Indonesia. Hehehe.

Meskipun, tidak sepenuhnya mendapatkan solusi, minimal dengan adanya dan ikut forum itu, saya bisa mengetahui beberapa hal. Di antaranya, ternyata memang masih banyak orang yang tidak punya NUPTK sudah bisa lolos seleksi awal untuk PPG DJ 2018. 

Nah, untuk mengikuti grup tersebut, Bapak Ibu sekalian yang sudah lulus pretesnya bisa klik tautan berikut ini: https://chat.whatsapp.com/KAP9syAy9PO0kTeh1wJ7gK. Nama grupnya adalah Forum PPG 2018 #1. Saya bukan adminnya, tapi oleh admin grup dipersilahkan oleh masuk dan membagikan informasi.

Memang, perasaan akan lebih afdhol kalau kita bisa berkomunikasi dengan orang yang merasa senasib sepenanggungan. Terlebih dengan kecanggihan teknologi, informasi yang berkembang bisa sangat cepat dan sangat dahsyat. Perlu diketahui bahwa, masing-masing daerah memiliki ketentuan yang berbeda dalam teknis pelaksanaannya.

Maka, tidak bisa satu tempat disamakan dengan tempat yang lain. Maka, mari cerdas bermedia sosial. Bisa bermanfaat bisa juga membahayakan bagi diri kita jika tidak selektif.

Siapa tahu bermanfaat. Mari berjuang untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Salam Pustamun!

21 komentar untuk "Grup WhatsApp Forum Guru yang Lulus PPG Dalam Jabatan 2018"

  1. Mana wa grup nya ga bisa masuk saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. alamat di atas silahkan dicopy pak. atau ditulis ulang. di WhatsApp buka 'undang dengan tautan'. atau silahkan chat ke saya. saya usulkan untuk dimasukkan.

      Hapus
    2. Mohon masukan nomer sy bu 085797444479 makasih

      Hapus
  2. Link tautan sdh dihapus. Tidak bisa gabung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan tambahkan facebook saya, ke www.facebook.com/muntijo.cakrat atau instagram @fakta.bahasa nanti saya hubungkan ke grup whatsApp tersebut.

      Hapus
    2. Masih bs gabung pak. Sy peserta ppgj tahap 1.

      Hapus
  3. Linknya sudah tidak bisa ya pak??? Saya kepingin gabung

    BalasHapus
  4. Iya. Maaf. Sudah dibatasi aksesnya karena banyak yang menyalahgunakan. Silakan Pesan Langsung (DM) ke IG @bahasa.jember untuk dimasukkan ke grup itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon ditambahkan ke grup Pak.. sy dari Kec Puger Kab Jember. Sy lulusan pretes mei 2018. Yg akan melaksanakan ppg mulai januari 2019. Trimakasih

      Hapus
  5. https://chat.whatsapp.com/EewWqiukFriFRkHRBveikO
    Grup ppg tik tahap 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mhon di tambahkan pak saya jg lulus ppg tahap 2

      No wa 085396556226

      Hapus
    2. Mohon ditambahkan pa sy jg lulus pretes y
      tahap2
      085210068309
      Tmksh. Bu inne

      Hapus
    3. mohon ditambahkan ya pak, 082213119950. Suwun

      Hapus
  6. Tolong masukan nomer saya mas 085751514955, Dwi Astutik kal-bar. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan klik ling dari komentar pak fajar bakhrun najkhi di atas. kalau tidak bisa diklik, bisa ditulis ulang di browser chrome dsb. Bu Astutik.

      Hapus
  7. Maaf pak sy ga bs gabung krn undangan telah dibatalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf. saya bukan admin grup itu.

      Hapus
  8. mba mohon dimasukkan di grup wa ppgj, ini no.wa saya: 085341826452

    BalasHapus
  9. saya juga busa dimasukan k ni no wa saya. 081343107730

    BalasHapus
  10. Mohon masukan no saya di grup PPGJ 081339611149

    BalasHapus