Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kata Semerbak | Penjelasan Makna dan Penggunaannya dalam Kalimat serta Sinonimnya

Pernah dengar kata 'semerbak'? Salah satu yang melekat pada ingatan saya kata semerbak ini ada pada lagu yang dangdut atau qasidah yang menurun dari lagu India. Liriknya ada kata semerbak tepatnya lirik lagu itu adalah semerbak harumnya bunga. 

Memang, semerbak identik dengan bunga. Meskipun ada juga penggunaan kata semerbak sebagai 'guyonan' untuk bau busuk dari (maaf) kentut.

Sebenarnya apa arti semerbak? Berikut ini penjelasan arti kata 'semerbak' yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Keempat yang terbit tahun 2008. Tepatnya ada di halaman 1263.

Arti Semerbak dalam Kamus

se.mer.bak a harum; merata (tentang bau yang harum). 

Berdasarkan penjelasan di atas, semerbak termasuk dalam kelas kata adverbia. Jadi, ada dua makna kata semerbak yaitu bermakna harum dan bermakna merata. 

Contoh penggunaan kata semerbak dalam kalimat:

apabila angin berembus, bunga-bunga semerbak baunya.

Jadi, lebih jelas makna kata semerbak adalah merata. Tapi lebih pas digunakan sebagai penjelasan kata bunga atau bunga karena identik dengan keharuman. Seperti yang telah dijelaskan di awal, jika kata semerbak digunakan untuk bau busuk atau tidak sedap, maka itu merupakan sebuah candaan.

Sinonim Kata Semerbak  

Kata semerbak memiliki sinonim. Dalam Tesauruf Alfabetis Bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh Pusat Bahasa, semerbak memiliki empat sinonim yaitu menyebar, merebak, meruak, meruap. Tapi ada sedikit perbedaan, jika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia semerbak adalah adverbia, sementara dalam Tesaurus, semerbak diidentifikasi sebagai verba (kata kerja).

Masing-masing arti sinonim semerbak di atas dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut:

Menyebar berasal dari kata dasar sebar. Artinya: 1) menghamburkan; menyiarkan tentang kabar; menabur tentang benih; 2) membagi-bagikan; mengirimkan (tentang undangan).

Merebak berasal dari kata rebak. Ada tiga kata rebak dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Arti dalam yang bersinonim dengan kata semerbak adalah 1) menjalar atau menular; tersebar atau tersiar; 2) meluas atau merembet.

Meruak berasal dari kata ruak. Ada dua polisemi kata rebak, yang maknanya bersinonim dengan kata semerbak ada pada yang pertama, artinya 1) merata ke mana-mana; meluas; 2) bertambah lebar; meroyak; 3) terbuka dan menjadi lebar; mengembang.

Meruap berasal dari kata ruap. Ada tiga arti kata ruap yang bersinonim dengan kata semerbak yaitu 1) berbuih; membuih; 2) mendidih dan melimpah; meluap; 3) menguap (menjadi uap); 4) (makna kiasan) mebual; menyomngkan diri; bercakap besar; 5) merebak (bau); 6) (makna kiasan) mendidih.

Demikian penjelasan arti serta sinonim serta penggunaan kata semerbak yang sering kita dengar. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Arti Kata Semerbak | Penjelasan Makna dan Penggunaannya dalam Kalimat serta Sinonimnya"