Kumpulan Hasil Analisis Puisi Karya Chairil Anwar

Sudah ada banyak hasil analisis puisi karya Chairil Anwar yang dikerjakan oleh para mahasiswa, para siswa, dan para pelajar. Hal mungkin, setiap hari ada ratusan artikel, tugas sekolah, tugas kuliah, hingga soal-soal tentang analisis puisi-puisi karya Chairil Anwar yang tercipta. Baik analisis yang dilakukan dengan memperhatikan kaidah penulisan artikel atau makalah yang ilmiah, maupun karya yang dibuat setengah asal-asalan, bahkan hasil salin-tempel.

Karya Ilmiah yang membahas puisi karya Chairil Anwar sebagai objek analisis dan objek penelitian tidak sedikit karena memang nama besar Chairil Anwar. Karya-karyanya memang fenomenal dan bisa tetap relevan hingga kini.

Maka, puisi-puisi Karya Chairil Anwar memang mudah dianalisis karena sudah banyak contoh tentang analisis puisi Karya Pelopor Angkatan 45 ini. Contoh-contoh analisis ini memang sangat beragam, baik teknik maupun teori yang digunakan. Kebanyakan yang mudah digunakan adalah teori struktural, yaitu membahas sebuah karya sastra (puisi) dengan memperhatikan struktur puisinya. Baik struktur batin maupun struktur lahir (struktur fisik).

Ada pula analisis yang 'hanya' parsial. Misalnya hanya membahas majasnya saja. Membahas pilihan katanya saja, atau membahas tentang contoh parafrase.

Berikut ini adalah daftar contoh hasil analisis puisi karya Chairil Anwar:

1. Analisis Puisi 'Doa' Karya Chairil Anwar | Analisis Struktur Lahir dan Struktur Batin

Contoh analisis di atas membahas puisi Doa yang berisi ungkapan keterasingan dari seorang penyair. Kata-kata yang digunakan juga kata-kata yang menunjukkan kesusahan dan kesedihan. Untuk lebih lengkapnya langsung saja klik judul tautan tentang analisis puisi Doa karya Chairil Anwar tersebut.

2. Analisis Puisi 'Aku' Karya Chairil Anwar yang Penuh Vitalitas dan Individualitas

Judul analisis di atas secara eksplisit menampilkan kata vitalitas dan individualitas. Kedua kata tersebut mewakili keseluruhan isi puisi Aku karya Chairil Anwar yang semangat, bentuk, gaya penceritaan puisinya Jauh melampaui zamannya. Untuk membaca analisi puisi 'Aku' milik Chairi Tersebut langsung klik saja tautannya.

3. Parafrase Puisi 'Cintaku Jauh di Pulau' Karya Chairil Anwar.

Nah, contoh analisis puisi karya Chairil Anwar yang ketiga ini adalah contoh analisis puisi yang parsial. Maksudnya hanya dibahas dari salah satu unsur atau bagian strukturnya saja. Jadi, dalam contoh analisis puisi karya Chairil Anwar ini 'hanya' dibahas tentang parafrasenya saja. Jadi, berkaitan dengan makna puisi secara langsung. Langsung klik tautan di atas untuk membacanya.

4. Analisis Struktur Batin Puisi 'Senja di Pelabuhan Kecil' Karya Chairil Anwar

Contoh analisis yang keempat ini, menampilkan pembahasan tentang struktur batin. Struktur batin berkaitan langsung dengan makan. Maka yang banyak dibahas adalah puisi karya Chairil Anwar di atas.

5. Memahami Makna dan Keindahan Puisi 'Cintaku Jauh di Pulau' Karya Chairil Anwar

Dalam contoh analisi puisi karya Chairil Anwar ini yang banyak dibahas adalah berkaitan makna. Juga dibahas tentang hal yang membuat puisi Cintaku Jauh di Pulau dianggap bagus.

6. Chairil Anwar Pun Mati Miskin dan Terpaksa Mencuri

Banyak orang yang tahu bahwa, Chairil Anwar adalah sastrawan besar. Tapi tidak banyak orang tahu bahwa semasa hidupnya, dia sangat kesulitan. Terlebih akibat penyakitnya yang perlu pengobatan yang maksimal. Apa penyakitnya Chairil Anwar dan apa pula yang tela dicurinya. Bisa dibaca melalui link di atas.
Kumpulan Hasil Analisis Puisi Karya Chairil Anwar Kumpulan Hasil Analisis Puisi Karya Chairil Anwar Reviewed by Muntijo & Nay on 22:35:00 Rating: 5

No comments:

Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)

Iklan dalam posting