Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

21 Sinonim Cinta beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia

21 Sinonim Cinta beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia

Memaknai cinta bisa sangat sederhana bisa juga sangat rumit. Bagi orang yang sedang berusaha menemukan cintanya mungkin akan sangat rumit menafsirkan cinta. Bagi orang yang sudah bertemu dengan cinta dan cintanya berbalas mungkin sangat mudah mengartikan cinta. Orang yang seperti itu ketika ditanya apakah cinta? Cinta itu kamu. Mungkin dijawab dengan sesederhana itu.

Cinta dan Istilah Lain yang Sejenisnya
Dalam kamus sinonim bahasa Indonesia, kata ‘cinta’ memiliki 21 persamaan arti kata.  Istilah yang termasuk kelas kata nomina ini memiliki persamaan makna dengan afeksi, amor, asmara, berahi, berangta, cinta kasih, cita, dendam berahi, filantropi, hibat, hasrat, kama, kasih, kasih sayang, kehangatan, kekaguman, nafsu, renjana, sayang, samara, tresna. (Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, 2010).
Berikut ini dituliskan pengertian sinonim-sinonim tersebut yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.



afeksi n Psi 1. Rasa kasih sayang; 2. perasaan dan emosi yang lunak.

Amor cinta berahi (berasal dari nama dewa asmara Amor dalam mitologi Yunani); asmara; (KBBI, 53).

Asmara perasaan suka kepada lain jenis (kelamin);  cinta; (KBBI, 94)

Berahi 1. perasaan cinta kasih antara dua orang yang berlainan jenis kelamin; 2. asyik; sangat suka; sangat tertarik; 3. n Tern gejala yang timbul  secara berkala pada ternak betina sebagai perwujudan berahi untuk dikawinkan; entrus. (KBBI, 2014:175)

Berangta kl n berahi; cinta kasih (KBBI, 2014:176). Singkatan kl menunjukkan bahwa ini adalah istilah klasik.

Cita 1 rasa; perasaan hati; 2. kl cipta; 3. cita-cita; 4. cinta; 5. ide; gagasan. (KBBI, 2014:269).

Filantropi cinta kasih (kedermawanan dsb.) kepada sesama (KBBI, 2014:391).

Hibat cinta kasih; kasih sayang (KBBI, 2014:494). Mungkin ini adalah serapan dari bahasa arab habbah yang huruf akhirnya menggunakan ta’ marbutoh.

Hasrat keinginan (harapan) yang kuat. (KBBI, 2014:486)


Kama Skt n 1. cinta; asmara; nafsu keduniawian; 2. Dewa Asmara (menurut mitologi India). Singkatan Skt menunjukkan bahwa istilah kama berasal dari bahasa Sansekerta. Dalam KBBI (2014:611) lema Kama memiliki bentuk turunan Kama Loka berarti tempat Dewa Kama, dan bentuk turunan Kama sutra yang bermakna seni bercinta.

Renjana rasa hati yang kuat (rindu, cinta kasih, berahi, dsb.) (KBBI, 2014:1165).

Tresna Jw n cinta. (KBBI, 2014:1486). Singkatan Jw menandakan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa jawa (baca: Tresno).

Sedangkan untuk istilah lain yang menjadi sinonim Cinta  tidak dijelaskan dalam tulisan ini karena sudah diketahui oleh orang banyak.

Adanya singkatan  dalam masing-masing pengertian menandakan bahwa kata cinta dan sinonimnya merupakan istilah di kelas kata nomina atau lebih banyak dikenal dengan istilah kata benda. Karena merupakan nomina kalimat aku cinta kamu merupakan bentuk gabungan tiga nomina (kata benda).

Pernah dengar kalimat 'aku cinta kamu' atau pernah pula menulis atau mengucapkan kalimat itu. Jika diurai berdasarkan fungsi dan kelas katanya kalimat tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

Subjek: Aku = nomina
Predikat : cinta = nomina
Objek: kamu = nomina


Bentuk tersebut tidak perlu dipersalahkan karena pada dasarnya dalam setiap bahasa ada kaidah pelesapan. Bentuk penulisan ‘Aku cinta kamu’ sebenarnya mengandung makna ‘Aku mencintai kamu’. Imbuhan me- -i pada kata cinta memiliki fungsi mengubah nomina (kata benda) menjadi verba (kata kerja). 

Jadi sudah tepat bahwa predikatnya adalah verba (kata kerja).

Sekali lagi, Aku cinta kamu.

1 komentar untuk "21 Sinonim Cinta beserta Pengertiannya dalam Bahasa Indonesia"

  1. Pantengin juga nii gan : http://dou-ble.blogspot.co.id/

    BalasHapus