Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Orang Asli Jember di Google Doodle | Jember Keren Sekeren Google

pustamun.blogspot.com - Hari ini, 28 November 2011, Google Doodle (halaman depan mesin pencarai google), menampilkan kartun karakter. Karakter tersebut jika ditunjuk kursor muncul keterangan  Hari Lahir Suyadi ke 84.

Google Doodle untuk Suyadi alias Pak Raden yang Asli Jember
Siapakah Suyadi? Suyadi adalah kreator karakter Unyil dan Kawan-kawan. Karakter yang sekarang suka bermain-main dengan laptop dalam sebuah acara stasiun televisi ini, merupakan hasil kreasi yang awalnya dimunculkan dalam acara televisi di TVRI. 

Sebagai alumni Fakultas Seni Rupa di ITB (Institut Teknologi Bandung), Suyadi memang memiliki kemampuan desain yang mumpuni dan berkarakter. Terlebih dia juga melanjutkan kuliah di jusuran animasi dari 1961 hingga 1969 di Perancis.

Suyadi adalah orang kelahiran Kecamatan Puger Kabupaten Jember, di Jawa Timur. Mungkin dari latar belakang inilah, Suyadi (yang identik dengan karakter Pak Raden ciptaannya sendiri), terinspirasi menjadikan karakter-karakter ciptaanya.

Unyil dan Usro terasa sangat identik dengan nuansa Sunda. Sesuai dengan tempat Pak Suyadi alias Pak Raden belajar di ITB. Ada juga karakter Buk Bariya yang orang Madura lengkap dengan kebaya merahnya. Juga ada karakter Pak Raden, yang selalu ditirukan penampilannya oleh Pak Raden alias Suyadi.

Unyil terasa Bandung karena lingkungan penciptaan dan kreasi Suyadi yang pernah belajar di Bandung. Pak Raden yang njawani merupakan bagian dari Suyadi, meskipun hidup di Jember, khususnya Puger, dia adalah orang Jawa. Tetapi juga ada karakter madura yang khas, Buk Bariya karena di Jember juga di Puger, selain ada penutur bahasa Jawa juga terdapat banyak kantong-kantong penduduk berbahasa dan berbudaya Madura.

Suyadi, yang lahir pada 28 November 1932 meninggal di Jakarta pada 30 Oktober 2015. 

Tambahan:
Kalau kita amati karakter Google Doodle tersebut maka ingatan kita akan terkoneksi dengan karakter-karakter ciptaan Suyadi alias Pak Raden. Ada unyil yang sedang duduk menghadap ke potren Suyadi. 

Google Keren! Sekeran orang Jember itu yang menjadikan dan membuat acara televisi yang melegenda.

Posting Komentar untuk "Orang Asli Jember di Google Doodle | Jember Keren Sekeren Google"