Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti 'Tanggung Jawab' | Penulisan dan Aplikasi Arti dalam Masyarakat

Tanggung Jawab adalah satu istilah yang akar katanya terdiri dari kata tanggung dan kata jawab. Tetapi dalam memaknai arti kata tersebut tidak dapat dipisah satu persatu. Jadi tidak dapat dimaknai tanggung artinya menanggulangai atau mengambil alih, sementara kata jawab adalah menyelesaikan pertanyaan atau memberikan jawaban atas sebuah pertanyaan. Tidak bisa.

Tanggung Jawab adalah sebuah idiom yang memiliki arti 1) keadaan wajib menaggung (mengambil alih) segala sesuatunya jika terjadi apa-apa sehingga boleh dituntut, dipesalahkan, dan diperkarakan. Dalam bidang hukum arti tanggung jawab adalah fungsi meneima pembebanan, sebagai akibat dari sikap pihak sendiri atau pihak lain.


Penulisan Tanggung Jawab yang benar

Kata tanggung jawab adalah satu istilah tersendiri yang memliki arti sendiri. Maka ketika mendapat imbuhana gabung alias konfiks alias awalan dan akhiran sekaligus, maka penulisan tanggung jawab tanpa spasi dan harus digabung.

Misalnya mendapat imbuhn per- -an ditulis pertanggungjawaban atau pertanggung-jawaban tidak boleh ditulis pertanggung jawaban*.

Namun, jika imbuhan yang melekat hanya awalan saja alias prefiks, maka penulisannya tetap dipisah. Misalnya mendapat imbuhan peN- maka ditulis  penanggung jawab. Tidak boleh digabung penanggungjawab*. Penulisan yang digabung justru salah.

Melihat dari pola penulisannya, maka istilah LPJ yang merujuk pada Laporan Pertanggungjawaban tidak tepat jika ditulis dengan huruf kapital semua. Maka penulisan yang benar berdasarkan kaidah huruf kapitalnya maka yang benar adalah LPj. L dan P besar sementara j huruf kecil. Hal ini berlaku juga dalam contoh penulisan SPJ, seharusnya ditulis SPj.

Misalnya singkatan-singkatan tersebut mendapat imbuhan atau akhiran atau sufiks -kan maka penulisan yang tepat adalah di-LPj-kan atau di-SPj-kan.

Arti Bentuk Turunan kata tanggung jawab

bertanggung jawab artinya 1) berkewajiban untuk menanggung, atu memikul tanggung jawab; 2) menanggung segala sesuatu pada yang tertentu.

menanggungjawabi artinya sama dengan 'mempertanggungjawabkan'.

penanggung jawab artinya orang yang behak untuk bertanggung jawab.

pertanggungjawaban artinya 1) perbuatan atas hal dan sebagainya untuk bertanggung jawab; 2) segala sesuatu yang dipertanggungjawabkan.

mempertanggungjawabkan artinya memberikan jawab dan menaggung segala akibat jika ada penyalahgunaan; memberikan pertanggungjawaban.


Arti Tanggung Jawab dalam Pemahaman Masyarakat

Arti tanggung jawab yang ditulis di atas berdasarkan arti yang terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jika tidak percaya silahkan cari dan baca sendiri di dalam kamus. Sementara dalam masyarakat arti kata tanggung jawab semakin melebar, meluas, dan berkembang.

Misalnya ada 'guyonan' tanggung jawab itu bukan berarti aku yang tanggung dan kamu yang jawab. Jelas ini pengartian yang tidak sesuai dengan kamus karena kata tanggung jawab tidak boleh dipisah.

Arti tanggung jawab selanjutnya adalah menikahi.

Misalnya ada kasus seorang perempuan hamil sebelum menikah, maka lelaki yang menikahi perempuan tersebut disebut lelaki yang betanggung jawab. Sementara jika lelaki yang menghamili tidak mau menikahi, maka lelaki tersebut disebut tidak tanggung jawab.

Arti tanggung jawab selanjutnya adalah laporan dan dilaporkan 

Ketika orang yang bertugas sebagai bendara sebuah lembaga, ketika dia mengatakan "pengeluaran dini tidak bisa dipertanggungjawabkan" artinya pengeluaran tersebut tidak bisa ditulis dalam laporan. 

Masing bingung memahami arti tanggung jawab. Saya yakin kebingunan anda jauh lebih ringan dibandingkan dengan kebingunan seorang bendahara kegiatan yang harus merampungkan LPj dan SPj dulu padahal uangnya belum dicairkan sama sekali. Hehehehe.

Posting Komentar untuk "Arti 'Tanggung Jawab' | Penulisan dan Aplikasi Arti dalam Masyarakat"