Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Latar Waktu dalam Teks Cerita Fantasi

Teks Cerita Fantasi adalah teks cerita yang berisi kisah dengan tokoh, latar, dan peristiwa yang ajaib, tidak masuk akal, tapi menarik. Sama halnya dengan kaarya sastra lain yang berupa cerita, ada rangkaian peristiwa atau kejadian yang dialami oleh para tokohnya.

Latar waktu yang digunakan dalam sebuah teks cerita fantasi ada dua jenis. Latar waktu yang pertama adalah latar waktu yang sezaman. Latar waktu yang kedua yang digunakan dalam teks cerita fantasi adalah latar lintas waktu.

Latar waktu sezaman dalam teks cerita fantasi berarti, peristiwa atau kejadian yang dialami oleh para tokohnya hanya dalam satu waktu. Misalnya dalam cerita fantasi 'Kekuatan Ekor Biru Nataga' latar waktu yang digunakan adalah latar waktu sezaman. Alasan atau buktinya adalah seluruh rangkaian peristiwa, mulai saat Pasukan Siluman Serigala menyerang hingga dikalahkan oleh kekuatan api ekor Nataga terjadi dalam satu waktu.

Selanjutnya, jenis cerita fantasi berdasarkan latar yang kedua yaitu lintas waktu. Dalam cerita fantasi yang memiliki latar waktu lintas zaman, ditunjukkan dengan adanya peristiwa perpindahan dari zaman sekarang ke zaman dahulu atau sebaliknya. Bahkan bisa juga pindahwaktunya ke masa depan.

Contoh latar waktu lintas zaman terdapat pada teks cerita fantasi yang berjudul 'Anak Rembulan'. Bukti bahwa cerita tersebut menggunakan latar lintas zaman adalah adanya perpindahan waktu yang dialami tokoh Nono.


Pada mulanya, Nono adalah seorang anakbl biasa yang sedang berlibur ke rumah kakeknya. Ketika bermain di Kali Njari tiba-tiba dia ada di zaman penjajahan Belanda. Tidak hanya itu, Nono bahkan menjadi pemimpin perang.


Demikian penjelasan jenis cerita fantasi berdasarkan latar waktu yang menjalin rangkaianperistiwa. Senoga bermanfaat. Salam pustamun.

Posting Komentar untuk "Latar Waktu dalam Teks Cerita Fantasi"