Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Membuat Telaah Struktur Teks Cerita Fantasi Belajar dari Gajah Mada

Salah satu bagian dalam buku teks bahasa Indonesia untuk SMP/MTs kelas VII (7) adalah membuat telaah terhadap struktur teks cerita fantasi. Yang dimaksud dengan telaah, adalah pencermatan terhadap sebuah teks cerita fantasi.

Karena yang akan ditelaah adalah sebuah teks cerita fantasi berdasarkan struktur teksnya, maka harus diketahui terlebih dahulu apa saja struktur teks cerita fantasi.



Adapun struktur teks cerita fantasi meliputi tiga pokok utama, yaitu adanya orientasi, komplikasi, dan orientasi.

Seperti yang telah diketahui, stuktur teks cerita fantasi bagian orientasi berisi pengenalan bagian cerita. Baik latar maupun tokoh yang terdapat dalam teks cerita fantasi tersebut. Bagian komplikasi teks fantasi menggambarkan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh para tokoh dalam cerita. Sementara bagian resolusi, berisi tentang cara menyelesaikan masalah (komplikasi).

Dalam membuat telaah teks cerita fantasi, diperlukan dua hal pokok. Yaitu pemahaman terhadap struktur teks cerita, seperti yang telah dijelaskan di atas. Juga pemahaman terhadap cerita yang sedang ditelaah.

Nah, dalam tulisan kali ini, yang akan ditelaah adalah contoh teks cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada. Untuk lebih mengenal siapa sih sebenarnya Patih Gajah Mada itu. Bisa dibaca dalam artikel: Biografi Singkat Gajah Mada, Candi Trowulan dan Teks Cerita Fantasi

Ada baiknya, sebelum membuat telaahnya lebih dulu dibaca teks cerita fantasi 'Belajar dari Gajah Mada'.

Setelah membaca teks cerita fantasi 'Belajar dari Gajah Mada' kita bisa melanjutkan untuk menelaahnya.

Di buku teks bahasa Indonesia untuk SMP kelas 7, sudah ada contoh telaah terhadap teks cerita fantasi. Contoh telaah itu sengaja dibuat rumpang, agar siswa berlatih sendiri untuk melengkapinya. Akan tetapi, biasanya siswa tetap kesulitan membuatnya. Maka dari itu, dalam artikel ini disediakan hasil telaah yang masih rumpang, sekaligus satu contoh telaah teks cerita fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah utuh.

Baca Juga: Contoh Teks Cerita Fantasi Melawan Monster Ko Ro Na

Contoh telaah teks cerita fantasi Belajar dari Gajah Mada berdasarkan struktur teksnya.

(Contoh yang masih rumpang/belum lengkap).

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada memiliki bagian struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa ....................................................................................................
.......................................................

Bagian komplikasi berupa ................................................................................................................. ...................... ........................................... ............................

Bagian resolusi berupa.................................. .................................................................................. ....................... .................................. ......................................

Cerita fantasi tersebut menggunakan latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran kemudian tokoh mengalami peristiwa ajaib yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.


Contoh telaah teks cerita fantasi Belajar dari Gajah Mada yang sudah lengkap.

Cerita fantasi yang berjudul Belajar dari Gajah Mada memiliki bagian struktur erita yang lengkap yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi. Alur dimulai dari orientasi, komplikasi, dan diakhiri resolusi. Bagian orientasi berupa pemaparan tentang anak-anak yang sedang melakukan tugas penelitian di Candi Trowulan.

Bagian komplikasi berupa rangkaian masalah-masalah yang dialami oleh para siswa. Anak-anak itu mendapat masalah karena tidak bisa pulang. Jika ingin pulang harus bisa memberi jawaban yang memuaskan. Jawaban para anak itu masih kurang memuaskan Gajah Mada karena hanya berdasarkan kepandaian otak. Maka, anak-anak itu kemudian memberikan jawaban yang menunjukkan usaha untuk menjadi baik. Belajar jujur dengan tidak mencontek. Belajar disiplin dengan tidak terlambat. Sopan dan menghargai orang lain.

Bagian resolusi berupa kembalinya anak-anak tersebut setelah memberikan jawaban yang menunjukkan bahwa mereka sedang belajar menjadi anak baik. Jadi, yang terpenting dan lebih dihargai oleh Gajah Mada adalah menjadi orang baik. Bukan sekadar menjadi orang pintar saja.

Cerita fantasi tersebut menggunakan latar lintas waktu. Cerita dimulai dengan latar Candi Penataran kemudian tokoh mengalami peristiwa ajaib yang membawa para tokoh ke zaman Kerajaan Majapahit.

Baca Juga:
- Komplikasi dan Rangkaian Peristiwa Teks Belajar dari Gajah Mada
- Resolusi (Penyelesaian Masalah) Teks Belajar dari Gajah Mada

Demikian contoh telaah struktur teks cerita fantasi belajar dari Gajah Mada. Jadi, ketika ada soal dari guru, 'buatlah telaah struktur teks cerita fantasi!' bisa membuat seperti ini ya. Kalau ceritanya beda, bukan Cerita Belajar dari Gajah Mada. Tinggal menyesuaikan saja.

10 komentar untuk "Membuat Telaah Struktur Teks Cerita Fantasi Belajar dari Gajah Mada"