Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arti Kongres dan Penggunaan Istilah Kongres di Jember

Pemerintah Kabupaten Jember sedang gemar melaksanakan kongres. Ditelisik dari laman jemberkab.go.id terdapat tidak sedikit jenis kongres yang telah dilaksanakan.  Berikut ini judul-judul berita tentang kongres di laman resmi Pemerintah Kabupaten Jember tersebut:

Kongres dan Seminar Peternakan
Kongres Kepala Desa Kabupaten Jember
Kongres Hafidz Jember di Pendapa
Kongres Anak Yatim
Bupati Gelar Kongres 10.000 Mahasiswa Penerima Beasiswa
Kongres Kepala Sekolah Kab Jember
Kongres Penyehat Tradisional Jember 2018
Kongres Nelayan Jember di Puger
Kongres Ojek Pangkalan Kabupaten Jember
Kongres Ibu Hamil di Rambipuji Jember
Kongres GTT Jember 2018
Kongres Takmir Masjid di Jenggawah
Video Kilas Kegiatan Kongres Penerima BPPDGs 2019

Belum lagi ada kongres tukang becak, kongres kader posyandu, dan kongres air minum. Banyak. Ada tanggapan menarik yang disampaikan salah satu Anggota DPRD Jember fraksi Nasdem: "Hanya Kongres Orang Gundul di Jember yang Tidak ada" seperti dilansir oleh suaraindonesia.co.id.

Status WA Warga Jember yang Menggunakan Hasil Olah Digital Tentang Kongres Tukang Ngarit
Disclaimer: Tidak ada Kongres Tukang ngarit, foto undangan di atas adalah hasil olah digital.


Terkait banyaknya kegiatan kongres yang dilaksanakan oleh Pemkab Jember, Porta berita SuaraIndonesia-news.com menurunkan berita yang berjudul 'Julukan Baru, Jember Kota Kongres'

Arti dan Asal Usul Kata Kongres

Dalam bahasa Indonesia, kongres adalah ejaan yang benar. Dalam bahasa lain, juga memiliki bentuk yang mirip congress (Bahasa Inggris); het congres (Bahasa Belanda). Kata kongres / congress berasal dari bahasa Latin congressus. 

Kongres dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki makna:

1. (nomina) Kongres pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai pelbagai masalah; muktamar; rapat besar;

2. (nomina) Kongres pertemuan wakil-wakil negara untuk membicarakan satu masalah;

3 (nomina istilah di bidang politik) Kongres adalah dewan legislatif yang terdiri atas senat dan dewan perwakilan di Amerika Serikat, yang pada dasarnya bertugas mengawasi dan mencocokkan kegiatan pemerintah

Jadi ada tiga makna. Dua makna yang pertama merujuk pada nomina berupa kegiatan, sementara makna yang terakhir merupakan sebuah badan atau lembaga pemerintahan yang ada di Amerika Serikat.

Arti kata Kongres yang pertama dan kedua di atas mengandung tiga unsur yang sama yaitu, pertemuan, wakil-wakil atau perwakilan, membahas masalah dan mengambil keputusan. Dari hal tersebut secara implisit, dapat diketahui bahwa harus ada pembahasan. Kalau ada pembahasan harus ada diskusi, bisa jadi bahkan perdebatan sengit, saling mempertanggungjawabkan dan mempertahankan pendapat. Untuk menentukan kesepakatan akhir, keputusan, rekomendasi, dan sebagainya. Keputusan dalam sebuah kongres dapat berupa kesepakatan bersama alias aklamasi, bahkan bisa jadi pemungutan suara.

Sinonim Kata Kongres dan Penggunaanya

Kata Kongres memiliki beberapa sinonim. Masing-masing kelompok menggunakan istilah yang berbeda. Tapi secara garis besar kelompok keagamaan islam (baik ormas maupun partai politik) cenderung menggunakan Istilah Muktamar. Sinonim kata kongres yang diserap dari bahasa arab (المؤتمر).

Ormas NU dan Muhammadiyah menggunakan istilah Muktamar untuk menyebut agenda lima tahunannya. Begitu juga dengan partai bernafaskan Islam semacam Muktamar PPP, PKB. Sementara partai yang tidak berbasis Islam menggunakan istilah kongres untuk agenda lima tahunannya. Misal Kongres PDIP. Pun begitu dengan organisasi  lainnya, misalnya Kongres PSSI.

Selain muktamar istilah lain yang sering digunakan dan muncul di media yang bersinonim dengan Kongres adalah munas (musyawarah nasional). Juga ada istilah konferensi yang biasanya juga dipakai untuk skala tidak nasional.

Misalnya NU menggunakan istilah Muktamar yang menjadi ajang pemilihan ketua umum PBNU, menggunakan juga istilah Munas (Munas Alim Ulama). Munas Alim Ulama dijadikan ajang membahas dan mengambil kebijakan organisasi dalam menyikapi isu strategis. Untuk PWNU (Pengurus NU di provinsi ke bawah), istilah yang digunakan adalah konferensi (biasanya disingkat sesuai tingkatanny). Ada konferwil (konferensi wilayah) untuk tingkat provinsi, ada konfercab (konferensi cabang) untuk tingkat kabupaten.

Lalu, tepatnya istilah Kongres di Jember? Yang digunakan untuk sebuah agenda monologis (bukan dialogis) tanpa adanya pembahasan dua arah semacam diskusi apalagi perdebatan. Isinya hanya informasi searah, penampilan ini itu dan seterusnya.

Mungkin istilah yang lebih tepat untuk penyampaian informasi searah semacam itu lebih tepat menggunakan istilah Tausiyah, Pidato, Khotbah, atau Ceramah. 

Lain lagi dengan nasib yang dialami Cak Rat. Pernah suatu ketika dia menjelaskan hal-hal yang pernah dialaminya dan targetnya di masa depan. Para tetangga tidak menyebutnya ceramah atau pidato. Cak Rat disebut sedang pacapa.

Posting Komentar untuk "Arti Kongres dan Penggunaan Istilah Kongres di Jember"