Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Sinonim Bacok dan Sayat | Pengertian dan Penjelasannya

Ngelirik Bacok! (arti kata bacok dan sinonimnya)

Sinonim Bacok dan Sayat | Pengertian dan Penjelasannya


Akhir-akhir ini ada berita teror di Yogyakarta (Jogja). Teror yang dialami warga Jogja berupa pembacokan secara acak dengan target bacokan adalah lengan kanan. Alat yang digunakan untuk membacok adalah cutter. Ini menjadi aneh, cutter kok digunakan untuk membacok. Sebenarnya apa sih artinya bacok?

Berikut ini ditulisakan secara lengkap arti kata bacok dan sinonim bacok, yaitu: cucuk, hunjam, pancung, penggal, potong, runjam, sembelih, tetak, tikam, tusuk. Masing-masing memiliki perbedaan pengertian dan perbedaan penggunaan dalam kalimat.


Untuk lebih jelasnya di sini dituliskan pengertian dari masing-masing makna kata yang saling bersinonim tersebut.

cucuk: tusuk dengan benda runcing.

hunjam: 1. menukik lurus-lurus ke bawah; 2 masuk (menancap) lurus-lurus dan dalam (ke tanah dan sebagainya); 3 ki telah mendalam benar (meresap dalam hati sanubari; 4 kimenusuk hati atau perasaan (tentang perkataan):

pancung: menetak (memenggal) puncak (kepala dan sebagainya)

penggal: 1. potong; kerat; tebas; 2. bagian dari buku;

potong: 1 n penggal; kerat: 2 ark n kata penggolong bilangan bagi berbagai-bagai benda (seperti baju, kain, bungkusan, dan barang); 3 v cak memotong (mengerat, memenggal, menyembelih): tukang --; orang yang memotong, menyembelih.

runjam: v menusuk (menikam) dari bawah.

sembelih: v menggorok leher (baik binatang dan sebagainya), memotong binatang; membantai.

tetak: v menetak: memotong dan sebagainya dengan barang yang tajam dengan dipukulkan keras-keras.

tikam: n tusukan (dengan barang yang tajam, misalnya keris atau tombak);

tusuk: v memasukkan suatu benda yang runcing (jarum, pisau, dan sebagainya) ke benda lain; cocok;

tebas: v memotong (merambah) tumbuhan yang kecil-kecil:

kerat: v memotong dengan cara menyayat sedikit demi sedikit sampai satu bagian itu terpotong.

Kode v dalam pengertian di atas mewakili kata verba alias kata kerja. Sedangkan kode n dalam singkatan dari kata nomina yang berarti kata benda.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui perbedaan tikam, bacok, dan sayat. Istilah yang seharusnya digunakan untuk peristiwa teror di Jogjakarta adalah penyayatan dari kata dasar sayat yang mendapat imbuhan peN- -an. Penggunaan kata pembacokan di Jogja tidak tepat karena bacok adalah kegiatan menghantamkan benda tajam yang keras dengan arah vertikal dari sasaran dan senjata tajam dalam posisi melintang dan senjata yang bisa digunakan adalah senjata tajam yang relatif besar semisal badik, golok, dan pedang. Sementara itu, teror di Jogja menggunakan pisau cutter yang bisanya digunakan untuk menyayat.

Perbedaan bacok dan sayat adalah, bacok dilakukan dengan cara menghantamkan senjata sekaligus. Sayatan dilakukan dengan cara menempelkan dulu senjatanya dengan sasaran (misalnya kulit) kemudian senjata digerakkan untuk melukai sasaran.

Lain lagi dengan menggorok, adalah tindakan melukai dengan cara menyayat dengan sasaran tertentu yaitu leher. Sementara tikam merupakan kegiatan menusukkan bagian runcing senjata tajam. Bisa berupa mata tombak, ujung runcing keris atau pisau.

Dengan demikian, jelaslah perbedaannya. Ada baiknya menggunakan istilah yang tepat untuk menggambarkan sebuah peristiwa. Agar asumsi pendengar tidak salah sangka dengan pesan yang ingin disampaikan.

Berikut ini istilah yang bisa dilekatkan dengan jenis senjata yang digunakan:

Tombak digunakan untuk menikam, menusuk, mencocok.

Golok/ Mandau/ Keliwang digunakan untuk membacok, memotong, menggorok, menetak.

Badik digunakan untuk menusuk, menikam.

Pisau digunakan untuk memotong, menusuk, menyayat, mengerat, mengiris.

Keris digunakan untuk menusuk, menyayat, menikam.

Pedang dapat digunakan untuk menyayat, menusuk, menebas,  memotong.

Celurit dapat digunakan untuk menebas, membacok, menetak.

Kapak dapat digunakan untuk menetak.


dari penjelasan di atas dapat diketahui perbedaan masing-masing kata kerja yang dapat dilekatkan dengan beberapa jenis senjata tajam. Ada kalanya satu kata dapat melekat ke beberapa jenis benda tajam, tetapi masing-masing benda (senjata tajam) memiliki perbedaan kata yang dapat dilekatkan dengan benda yang lain.

Posting Komentar untuk "Sinonim Bacok dan Sayat | Pengertian dan Penjelasannya "