Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Unduh Rumus Penghitung Kubik Kayu | Download Cara Menghitung Kubik Kayu

pustamun.blogspot.com - Kita semua mengetahui bahwa satuan kubik adalah m pangkat tiga. Akan tetapi kita masih kesulitan untuk mengonversi atau mengubah cara menghitung sebuah kayu balok maupun kayu gelondongan, berapa kubik. Padahal kebutuhan untuk mengetahui jumlah kubik kayu dibutuhkan apalagi untuk satuan harga yang menggunakan satuan kubik.

Tampilan Aplikasi Rumus Penghitung Jumlah Kubik Kayu
Maka dari itu, satuan panjang (ini biasanya yang digunakan oleh pedagang kayu), harus diubah dan dikonversi menjadi kubik melalui proses kubikasi. Cara menghitung kubik kayu cukup rumit apalagi jika angkanya pecahan dan dengan satuan panjang yang tidak sama.

Sebelum mendownload rumus yang ada dalam bentuk excel, ada baiknya kita bahasa dulu mengenai rumus kubikasi kayu berikut ini agar dapat memahami dan bisa menggunakan rumusnya ketika sudah diunduh nanti.


Biasanya para pedagang penjual kayu menggunakan dua satuan yang berbeda, yaitu sentimeter (cm) dan meter (m). Misalnya kayu ukuran 3 x 2, maksudnya adalah kayu yang ukuran tinggi dan lebarnya adalah 3 cm lawan 2 cm, dan panjangnya biasanya 4 meter. Panjang empat meter ini harus dikonversi dulu ke dalam satuan cm agar mudah dan akurat ketika menghitung kubik kayu. Maka, panjangnya adalah 400 cm.

Setelah satuan disamakan, maka baru bisa dikalikan. Misalnya dalam seikat kayu usuk, terdapat empat bilah kayu. Maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
3 cm dikali 2 cm diketahui 6 cm dikalikan 400 cm (ukuran panjangnya) maka diketahui sebilah kayu memiliki volume 2.400 cm. Karena ada empat bilah kayu, maka dikalikan empat maka hasilnya adalah 9.600 cm pangkat 3.

Maka dalam seikat kayu yang berisi empat bilah kayu, volumenya adalah 9.600 cm. Untuk diketahui kubikasinya maka dikonversikan ke meter pakat tiga dengan cara diubah satuannya. Satuan meter kubik adalah 1 meter dikali 1 meter dikali 1 meter. Jika dikonversikan ke centi maka menjadi 100 X 100 X 100 sama dengan 1.000.000 cm. Jadi, jika diketahui volume kayu sebesar 9.600 berarti seikat kayu tersebut sebanyak 9.600 dibagi 1.000.000 cm. Maka hasilnya adalah: 0,096 kubik.

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi cara menghitung rumus kubik kayu.
Klik Tautan Berikut ini!

Unduh Rumus 

Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Unduh Rumus Penghitung Kubik Kayu | Download Cara Menghitung Kubik Kayu"