Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

26 Desember | Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di dalamnya

26 Desember | Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di dalamnya

Tanggal 26 Desember merupakan pengujung tahun. Lima hari menjelang penutupan tahun dan memasuki tahun baru. Berikut ini dijelaskan peristiwa yang terjadi pada 26 Desember; Hari besar yang diperingati pada 26 Desember; serta tokoh-tokoh dan artis yang lahir pada tanggal 26 Desember.

Peristiwa Penting dan Peristiwa Besar dalam Sejarah yang Terjadi pada tanggal 26 Desember

26 Desember 1859

Kapal Onrust milik penjajah Belanda ditenggalamkan oleh laskar pengikut Pejuang Pangeran Antasari. Peristiwa tersebut merupakan bagian dari Perang Banjar. Yaitu perang antara Kesultanan Banjar dengan penjajah Belanda di Kalimantan. Meskipun akhirnya para pejuang Kesultanan Banjar dapat dikalahkan oleh Belanda, semangat perjuangan yang menggunakan strategi perang gerilya tetap berkobar hingga akhir abad 20.

26 Desember 1991


Uni Soviet Runtuh dan Bubar. Unisoviet adalah gabungan dari beberapa negara dengan pendukung utama adalah Rusia. Uni Soviet merupakan negara serikat yang menganut sistem komunisme dalam pemerintahan dan sistem ekonomi. Uni Soviet sudah mulai runtuh ketika Gorbachev memimpin negara serikat tersebut. Gorbachev melakukan pembaruan di bidang politik dan ekonomi serta keterbukaan yang disebut dengan Glasnost (keterbukaan politik); Perestroika (penataan kembali struktur ekonomi), dan uskoreniye (Percepatan pembangunan ekonomi). Akan tetapi kondisi ekonomi Uni Soviet yang tidak kuat karena inflasi, kebijakan glasnost dan perestroika justru membuka borok Uni Soviet hingga negara-negara bagian memisahkan diri dari Moskow.

26 Desember 2003

Gempa Tektonik dahsyat dengan kekuatan 6,6 Skala Richter mengguncang Iran. Tepatnya meluluhlantakkan kota Bam. Sebuah kota kuno (kota tua) di bagian selatan Iran. Gempa tersebut juga menghancurkan situs arkeologi Citadel Arg-e Bam. Dalam peristiwa gempa dahsyat tersebut, lebih dari 10.000 jiwa meninggal.

26 Desember 2004

Gempa dan Tsunami Aceh. Gempa tektonik yang terjadi pada 26 Desember 2004 di Samudra Hindia ini memunculkan bencana yang sangat dahsyat. Gempa dengan kekuatan 9,0 Mw ini memicu munculnya gelombang Tsunami yang sangat besar. Sapuan gelombang Tsunami meluluhlantakkan pesisir pantai negara-negara asia tenggara. Bahkan sampai ke asia selatan (India) dan Afrika Timur. Bencana tersebut menjadi bencana internasional. Seluruh koran membuak dompet kemanusiaan untuk menggalang dana guna membantu korban Gempa dan Tsunami Aceh.

Selain menjadi waktu peristiwa-peristiwa penting yang berefek banyak, tanggal 26 Desember juga menjadi hari ulang tahun tokoh-tokoh dunia yang terkenal. Baik tokoh bidang politik maupun tokoh olahraga dan seniman.

Berikut ini tokoh-tokoh dunia dan Indonesia yang lahir pada tanggal 26 Desember.

26 Desember 1893 Tanggal Lahir Mao Zedong (Mao Tse Tung)

Mao Zedong adalah filsuf sekaligus politikus. Mao Zedong merupakan tokoh yang melahirkan Republik Rakyat Tiongkok. Dia dianggap ditahbiskan sebagai bapak bangsa Tiongkok. Dia meninggal pada tahun 1976.

26 Desember 1949 Tanggal Lahir Jose Ramos Horta

Jose Ramos Horta merupakan tokoh pergerakan yang di Timor Leste. Saat Timor Leste masih menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia Jose Ramos Horta mendirikan Partai Fretelin. Di kemudian hari, partai ini menjadi ‘pemberontak’ dan menginginkan kemerdekaan lepas dari Republik Indonesia. Setelah Timor Leste (saat menjadi bagian RI disebut Timor Timur) merdeka dan menjadi negara independen, Jose Ramos Horta menjadi Presiden negara tetangga yang berbatasan dengan Nusa Tenggara tersebut.


26 Desember 1990 Tanggal Lahir Aaron Ramsey

Aaron Ramsey adalah pemain sepak bola. Dia adalah pemain sepak bola yang berasal dari Wales. Bagian dari Britania Raya.

26 Desember 1990 Tanggal Lahir Christy Saura Noela Unu

Christy Saura Noela Unu adalah salah satu personel grup vokal (girls band) Cherrybelle.

26 Desember 2001 Tanggal Lahir Anggita Destiana Dewi

Anggita Destiana Dewai adalah mantan Grup Idola Indonesia di bawah bendera JKT48.


Namun, selain menjadi tanggal Lahir beberap tokoh dunia, tanggal 26 Desember juga diperingati sebagai hari meninggalnya salah satu tokoh dunia, yaitu Presiden Ke-38 Amerika Serikat, Gerald Ford. Gerald Ford lahir pada 1913 dan meninggal dunia pada tanggal 26 Desember 2006



Hari besar dan peringatan di beberapa negara juga terjadi pada tanggal 26 Desember. Berikut ini adalah daftar peringatan dan hari besar yang terjadi pada 26 Desember dari beberapa negara dunia.

26 Desember diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Slovenia. Slovenia adalah sebuah negara di Eropa Tengah. Bertetanga dengan italia.

26 Desember diperingati sebagai boxing day  alias hari pemberian kotak hadiah. Peringatan 26 Desember sebagai 'hari kotak' tidak hanya dilakukan di Inggris melainkan juga di negara-negara berikut ini: Barbados, Kanada, Hong Kong, Australia, Kepulauan Bermuda, Selandia Baru, Kenya, Afrika Selatan, Guyana, Trinidad dan Tobago, serta Jamaika.

Di daerah yang merupakan bekas koloni inggris, tanggal 26 Desember diperingati sebaagai Day of Good Will (Hari berkeinginan baik). Tanggal 26 Desember diperingati sebagai Day of Good Will dilaksanakan di Afrika selatan dan Namibia.

Tanggal 26 Desember juga diperingati sebagi hari keluarga (Family Day). Peringatan Family Day pada tanggal 26 Desember ini dilakukan di Vanuatu.

Tanggal 26 Desember juga diperingati sebagai hari thanksgiving. Peringatan Thanksgiving pada 26 Desember ini dilaksanakan di Kepulauan Solomon.

Demikian ulasan singkat mengenai persitiwa yang terjadi pada tanggal 26 Desember. Semoga bermanfaat dan dapat mengambil pelajaran dari sejarah yang terjadi pada tanggal 26 Desember.

Jika punya kesan tersendiri dengan tanggal 26 Desember mungkin bisa dituliskan. Biar tidak lupa.

Posting Komentar untuk "26 Desember | Peringatan dan Peristiwa yang Terjadi di dalamnya"