Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Slogan HUT RI Ke-72 Kenapa 'Kerja Bersama' bukan 'Kerja Sama'

Tulisan ini terinspirasi oleh postingan pemilik akun facebook 'Raja Adia'. Akun tersebut menanyakan perbedaan antara 'Kerja Sama' dan 'Kerja Bersama'. Inilah penjelasan tentang slogan HUT RI ke-72 tahun 2017 ini.



Jokowi memang identik dengan kata 'kerja' yang selalu menjadi jargonnya sejak kemunculan fenomenalnya dengan menjadi jawara pilkada Jakarta. Sebenarnya, sebelum Jokowi dikenal di seluruh Indonesia dengan semboyan 'kerja'nya. Tokoh yang terlebih dahulu dikenal dengan kata 'kerja! kerja! kerja!' adalah Dahlan Iskan. Setidaknya, keduanya (Jokowi dan Dahlan) memang identik dengan kata tersebut. Lagi pula, kata 'kerja' bukan hanya milik mereka berdua. Siapapun di seluruh Indonesia bahkan di seluruh dunia berhak menggunakan kata tersebut.



Pada tahun 2016, dalam peringatan HUT RI ke 71, dan ke-70 selalu ada kata 'kerja' yaitu 'Ayo Kerja' di peringatan HUT RI ke 70, dan  'Kerja Nyata' pada HUT RI ke-71. Untuk tahun ini, 'Kerja Bersama'. Pertanyaannya kenapa bukan 'Kerja Sama' kenapa harus 'Kerja Bersama'.

Sepintas, keduanya sama saja, antara 'Kerja Sama' dan 'Kerja Bersama', karena sama-sama disusun oleh dua kata dasar yang sama yaitu 'kerja' dan 'sama'. Namun, sebenarnya keduanya memiliki dimensi makna yang berbeda. Bahkan perbedaannya cukup mencolok.

Kerja sama dalam kamus besar bahasa Indonesia memiliki arti 'kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh beberapa orang (lembaga, pemerintah, dan sebagainya) untuk mencapai tujuan bersama'

Dalam kata 'kerja sama' terdapat makna bahwa usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau beberapa lembaga. Tidak harus sama-sama bekerja. Misalnya, kerja sama antara A yang menyediakan modal, kemudian B yang bekerja. Itu juga termasuk 'kerja sama' meskipun A tidak sedang bekerja. 'Hanya' menyediakan alat.

Sementara, dalam kata 'Kerja Bersama' seluruh warga bangsa Indonesia diharapkan sama-sama bekerja. Dalam susunan kata tersebut, mengandung arti, yang besar yang tua, yang kaya, yang miskin, semuanya ikut bekerja. Tidak hanya menyediakan alat dan modal, tetapi semua harus turun tangan tidak hanya urun angan saja.

Jadi, dalam kata 'Kerja Bersama' terkandung makna 'Gotong Royong' bukan sekadar 'sama-sama kerja' tapi benar-benar memang sama-sama bisa dan mau bekerja. Untuk apa? Untuk kejayaan masa depan Indonesia.

Sekali Merdeka! Merdeka Sekaliiii!!!

Posting Komentar untuk "Slogan HUT RI Ke-72 Kenapa 'Kerja Bersama' bukan 'Kerja Sama'"