Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Mengerjakan Soal Pretest PPG UKG 2017

Masih ada yang belum mengikuti Pretest UKG 2017. Mungkin juga nanti akan mengerjakan soal UKG di tahun 2018 atau tahun-tahun berikutnya. Ini sedikit tips dan trik untuk mengerjakan soal UKG. Baik untuk UKG dan PPG.

Ceritanya, tadi ikut Pretes PPG 2017 yang dilaksanakan di SMPN 10 Jember. Kebetulan masih ada jam mengajar di sekolah. Maka harus mengajar dan berangkatnya mepet dengan waktu pelaksanaan. Ndilalah, ketika berangkat, hujan lebat mengguyur di tengah jalan. Hujan itu rahmat, anggap saja sedang diguyur jutaan rahmat, ketika kehujanan.

Sambil berbasah-basah, mengikuti Pretes PPG. Eh, ndilalah lagi ketemu dua orang teman SMA, Mige dan Teguh. Dengan peran yang berbeda.

Sudah, cukup ceritanya. Sekarang masuk ke masalah tips dan trik mengerjakan soal PPG maupun UKG. Untuk soal Pretest PPG kali ini, dibagi menjadi empat jenis. Yaitu soal profesional, soal pedagogik, soal bakat dan minat, dan soal TPA alias Tes Potensi Akademik.

Untuk teknis cara mengerjakan soal, ikuti saja arahan dari operator TUK (Tempat Uji Kompetensi). Yang perlu disampaikan di sini adalah beberapa tips, cara, dan trik untuk mengerjakan masing-masing soal tersebut.

Cara Mengerjakan Soal Profesional

yang dimaksud dengan soal Profesional adalah soal yang berkaitan dengan bidang ilmu jurusan yang kita kuasai. Misalnya saya adalah lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan mengeajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka soal yang ditampilkan adalah soal berkaitan dengan ilmu bahasa dan ilmu sastra. Ada 70 soal waktunya 60 menit. Gila kan. Satu soal gak sampai semenit.

Memang, itulah kondisinya. Soal yang banyak muncul adalah ragam bahasa (Ragam bahasa negara, ragam bahasa resmi, ragam bahasa nasional, ragam bahasa pidato). Tapi yang ditanyakan bukan pengertian, namun ditampilkan ilustrasi contoh, kemudian kita diminta menentukan, ilustrasi tersebut merupakan posisi dan ragam bahasa Indonesia yang mana.

#TIPS 1

Maka, pahami ragam bahasa dengan sebaik-baiknya sertai dengan contoh penggunaan. Biar paham.

Selain ragam bahasa, ada pula konsep dasar tentang Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis, serta semantik. Selain memahami pengertiannya, kita juga harus paham cara penerapan ilmu ini.

#TIPS 2

Pahami pengertian, jenis, dan contoh penerapan ilmu fonologi, morfologi, sintaksis, dan pragmatik.

Pelajari dan pahami juga hal yang saling bersinggungan dengan masing-masing cabang ilmu bahasa tersebut.

Selain itu, ada pula soal pengetahuan pemerolehan bahasa. Yang banyak dibahas dalam soal Pretest maupun UKG, pemerolehan bahasa tahap awal yang banyak ditanyakan. Khususnya berkaitan dengan tahap pemerolehan bahasa, mulai bayi hingga usia anak-anak.

#TIPS 3

Pahami tahapan pemerolehan bahasa juga hubungannya dengan pembelajaran bahasa.


Untuk Tips dan Trik alias cara Mengerjakan Soal Pretest PPG 2017 menyusul ya. *Mau berangkat ngajar dulu*


Posting Komentar untuk "Tips Mengerjakan Soal Pretest PPG UKG 2017"