Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan Lukisan Affandi
Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan adalah salah satu cara untuk mengetahui bagian, isi, dan cara yang ada pada teks tanggapan. Teks tanggapan haruslah tetap objektif (apa adanya) dengan tetap menjunjung kesopanan.
Jadi, meskipun ada suatu yang kurang baik terhadap karya yang ditanggapi, tidak diperkenankan menggunakan kata-kata negatif yang bisa menyakiti pihak lain, terutama pemilik karya.
Untuk dapat mengetahui dan mengidentifikasi informasi pada teks tanggapan, ada baiknya kita terapkan pada contoh teks tanggapan langsung. Berikut ini adalah salah satu contoh teks tanggapan yang terdpat pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IX SMP/MTs.
Perhatikan teks tanggapan berikut:
Sebuah kara seni kelas tinggi dari sang pelukis maestro Affandi, melukiskan sebuah pemandangan alam perkebunan cengkeh, area perkebunan berbukit yan masih alamai tampak terlukis apa adanya dari alam, untuk menghidupkan suasana pada lukisan, dihadirkannya figur manusia sebagai objek pendukung, tetapi inti dari dari lukisan, yang menunjukkan adanya aktivitas kehidupan yang menyatu dengan alam. Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa.
Seperti pada kebanyakan lukisan Affandi yang selalu menempatkan matahari sebagai bagian dari objek utama, tetapi dalam lukisan ini, penempatan matahari tampak unik, seolah sang peukis mengambil perspektif posisi di balik matahari. Tampak dalam lukisan matahari tidak di balik bukit, tetapi di atas bukit dan menutupi bukit. Keunikan ini mungkin hanya dimiliki oleh Affandi, sebagai cara sudut pandang dia dalam berekspresi, di mana kualitas imajinasinya sebagai seorang pelukis maestro ternama.
Teks di atas merupakan contoh teks tanggapan. Karena berisi ulasan terhadap sesuatu. Maka dari itu untuk mengidentifikasi teks di atas sebagai sebuah teks tanggapan dapat diketahui melalui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
1. Karya apakah yang ditanggapi?
2. Siapa yang menghasilkan karya tersebut?
3. Siapa yang menanggapi?
4. Bagaimana bentuk tanggapannya?
5. Bagaimana cara menanggapinya?
Kelima pertanyaan diatas dapat dijawab setelah membaca teks tanggapan di atas. Kita sebut saja teks di atas adalah teks tanggapan berjudul "Tanggapan Lukisan Affandi"
Berikut ini jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas:
Karya apakah yang ditanggapi?
Karya yang ditanggapi adalah karya seni berupa lukisan.
Karya seni sudah disebutkan pada bagian pertama kalimat pertama 'sebuah karya seni kelas tinggi'. Maksudnya adalah karya seni yang sangat berkualitas. Karya seni apa? nah dijawab dalam frasa dari sang pelukis. Dari rangkaian ini saja sudah tampak bahwa yang sedang ditanggapi adalah karya seni dari sang pelukis. Berarti yang ditanggapi adalah lukisan.
Diperkuat lagi dngan adanya kata lukisan yang ditulis berulang ulang baik pada paragraf pertama maupun paragraf kedua. Jadi, bukan seni yang lain. Seni yang ditanggapi adalah karya seni lukis berupa lukisan.
Siapa yang menghasilkan karya tersebut?
Affandi, sang pelukis maestro.
Nama seniman yang menghasilkan lukisan adalah Affandi. Penulisan Affandi pada teks di atas diawali dengan huruf kapital. Affandi. Sementara 'sang pelukis maestro' merupakan julukan. Maestro artinya orang yang sangat hebat di bidang seni. Dalam hal ini seni lukis.
Siapa yang menanggapi?
Yang menanggapi adalah pengamat lukisan Affandi.
Dalam teks tanggapan di atas, tidak terdapat identitas yang menanggapi. Tidak disebutkan nama, atau profesinya. Tapi melalui tanggapan yang dituliskan, jelas bahwa yang menanggapi adalah orang yang telah melihat dan menikmati lukisan Affandi. Hal ini dapat diketahui bahwa sangat rinci dalam memberikan penilaian, sehingga dipastikan telah mengamati lukisan karya Affandi tersebut.
Bagaimana bentuk tanggapannya?
Bentuk tanggapannya positif, berisi pujian.
Isi tanggapan terhadap lukisan karya Affandi tersebut merupakan pujian, atau tanggapan positif. Hal ini tampak pada penggunaan kata maestro. Kata ini sudah menguatkan bahwa karya Affandi benar-benar berkualitas. Terdapat juga kata istimewa dalam kalimat: Ekspresi goresan khas Affandi terlihat unik, yang menjadikan lukisan ini istimewa. Kalimat tersebut jelas merupakan pujian pada karya seni yang ditanggapi.
Bagaimana cara menanggapinya?
Cara menggaapinya adalah dengan menjelaskan keadaan dan kelebihan atau keunggulan karya Affandi.
Cara menanggapi karya seni lukis dalam tanggapan di atas tampak dengan penggunaan kata-kata sifat yang menarik seperti kata istimewa, unik, hanya dimiliki Affandi. Kata-kata tesebut merupakan pujian pada Karya Affandi yang juga sekaligus pada pelukisnya.
Baca Juga: Mengidentifikasi Teks Tanggapan Novel Student Hidjo Karya Mas Marco Kartodikromo
Dengan mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas kita sudah mampu mengidentifikasi informasi pada teks Tanggapan.
Posting Komentar untuk "Mengidentifikasi Informasi Teks Tanggapan Lukisan Affandi"
Komentar bisa berupa saran, kritik, dan tanggapan. :)